Asuransi Profesi Dokter Anestesi Allianz

Tugas dan tanggung jawab dokter anestesi sudah dipahami oleh dokter spesialis anestasi tetapi, kami jamin jika Anda pasti belum mengetahuinya.

Banyak dokter anestesi yang mengalami kelelahan bekerja karena tugasnya sangat besar. Sebenarnya apa tugas dan tanggung jawab dokter anestesi? Dokter anestesi memegang peranan penting dalam proses operasi dan penanganan penyakit lainnya di luar ruang operasi.

Karena peranan seorang dokter anestesi sangat penting karena itu seorang dokter spesialis anestesi disarankan untuk memiliki asuransi profesi dokter anestesi.

Allianz sebagai sebuah perusahaan asuransi kelas dunia menyediakan asuransi profesi bagi para dokter dari berbagai bidang spesialis mulai dari dokter umum, dokter gigi, dokter bedah, dokter kandungan, dokter internist bahkan sampai dokter anestesi. Apapun profesi dokter yang Anda geluti sekarang, produk asuransi profesi dokternya tersedia semuanya di Allianz.

Tugas dan Tanggung Jawab Dokter Anestesi

Anestesiologi merupakan cabang ilmu medis kedokteran yang mencakup ruang lingkup anestesi. Dalam ilmu tersebut ternyata ada pertemuan dari cabang bedah dan ilmu medis yang bergabung menjadi satu. Ruang lingkup anestesiologi tidak hanya sebatas dalam ruang bedah saja, namun dokter juga bisa melakukan perawatan anestesi pada ruangan pulih sadar dan perawatan secara intensif.

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Dokter Anestesi di Kamar Bedah ?

Anda pasti sangat penasaran tentang tugas dan tanggung jawab dokter anestesi pada saat di ruang kamar bedah. Dokter anestesi memegang peranan penting dalam ruangan tersebut, agar pasien yang dibedah bisa sembuh dan dapat sehat kembali.

Berikut ini merupakan tugas dan tanggung jawab dokter anestesi yang wajib diketahui.

  1. Memberikan penghilang rasa

Pada proses pembedahan tentunya tubuh akan digunting, dibuka dan diambil penyakitnya. Hal ini terasa sangat sakit sekali bila tidak diberi suntikan penghilang rasa sakit. Tugas dokter anestesi ini dapat memberikan obat ataupun suntikan rasa sakit.

Kadang ada pasien yang kurang siap dalam melakukan operasi, mengatasi hal ini dokter juga dapat memberikan suntikan obat penghilang stress terhadap pasien.

Pemberian penghilang rasa ini tidak hanya dilakukan pada waktu pembedahan, namun dokter anestesi juga melakukan pada prosedur kegiatan medis lainnya yaitu seperti terapoetik, instrumentasi dan diagnostik.

  1. Menjaga fungsi organ dalam tubuh pasien tetap normal saat operasi

Tugas dan tanggung jawab dokter anestesi juga harus menjaga fungsi organ tubuh. Pada proses pembedahan, bagian tubuh akan dibuka dan proses operasi dilakukan. Bila ada beberapa faktor yang dapat menurunkan fungsi organ tubuh maka, dokter anestesi harus bisa mengatasinya.

Bila fungsi organ tubuh tetap terjaga maka, keselamatan pasien akan tetap terjaga. Hasilnya proses operasi dapat berjalan lancar dan proses penyembuhannya cepat. Menjaga tubuh agar tetap normal harus selalu dilakukan oleh para dokter anestesi, karena hal tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab dokter anestesi yang utama.

  1. Membuat kondisi pasien tetap stabil

Kondisi tubuh pasien pada waktu dilakukan operasi pasti sangat lemah, bila hal ini terjadi secara terus menerus dan akhirnya memburuk maka dapat mempengaruhi pembedahan atau operasi. Dokter anestesi harus bisa membuat kondisi pasien tetap stabil walaupun kondisi badannya lemah. Tujuannya agar dokter bedah mampu menjalankan tugasnya dengan mudah dan cepat dalam operasi.

Tugas serta tanggung jawab dokter anestesi utama yang sangat berat sekali. Sejujurnya tanggung jawab dokter anestesi sangat besar dalam ruangan pembedahan dan operasi. Bila dokter anestesi lalai ataupun tidak fokus sedikit maka dapat berakibat fatal dalam keselamatan pasien pada waktu operasi.

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Dokter Anestesi di Luar Kamar Bedah ?

Seperti yang telah dijelaskan bahwa dokter anestesi tidak hanya bertanggung jawab pada ruang bedah saja. Di luar kamar bedah, dokter harus juga bertugas dalam menjaga pasien. Berikut ini merupakan tugas dan tanggung jawab dokter anestesi yang berada di luar kamar bedah.

  1. Memberikan penanganan pasien kritis

Dokter anestesi juga harus melakukan penanganan pada pasien kritis yang dilakukan di ruang ICU. Pasien kritis akibat proses pembedahan, penyakit serius dan kecelakaan harus ditangani oleh dokter.

  1. Memberikan penanganan pada pasien yang merasakan rasa nyeri hebat

Di luar ruangan bedah, dokter juga terus memonitoring pasien. Bila pasien merasakan rasa nyeri maka, segera diberikan obat pereda nyeri oleh dokter anestesi.

  1. Memberikan resultasi pada pasien IGD

Dokter anestesi harus siap siaga dalam melakukan tindakan resultasi pada pasien yang dilarikan gawat darurat, memastikan bahwa kelangsungan hidup pasien tetap terjaga.

Dokter anestesi melakukan tugasnya dengan baik, bahkan mereka rela untuk memperpendek waktu istirahatnya demi menangani pasien di rumah sakit. Pekerjaan dokter anestesi sangat berat, namun sangat mulia sekali. Karena itu setiap dokter anestesi perlu diperlengkapi dengan asuransi profesi dokter Allianz untuk mendukung setiap pekerjaan yang dilakukannya sehari hari.

Mudah mudahan dengan memiliki asuransi profesi dokter Allianz, para dokter spesialis anestesi dapat bekerja dengan lebih nyaman dan maksimal lagi dalam menolong para pasien nya.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...