Asuransi Profesi Dokter Spesialis Paru (Pulmonologist)

Siapa yang belum mengenal istilah pulmonologi? Apabila belum maka kini saatnya Anda mengenal profesi dokter spesialis paru (pulmonologist) yang akan dijelaskan berikut ini. Pulmonologi atau yang biasa dikenal dengan istilah pulmonologist adalah salah satu cabang dari ilmu kedokteran yang mana pulmonologist ini merupakan subspesialisasi dari ilmu kedokteran khusus penyakit dalam.

Adapun ilmu ini berkaitan dengan gangguan paru-paru, rongga dada, saluran dan sistem pernapasan atas, maupun dinding dada.

Dengan mengenal profesi dokter spesialis paru (pulmonologist) maka otomatis Anda juga akan bisa mengenal gangguan hidung, laring, faring, bronkus, trakea, alveolus maupun bronkiolus yang menyerang paru-paru.

Jika Anda adalah dokter spesialis paru maka Anda dapat membeli asuransi profesi dokter spesialis paru dari Allianz untuk menunjang kegiatan sehari hari Anda. Tidak banyak asuransi yang menawarkan asuransi untuk profesi yang mulia ini.

Tidak hanya asuransi profesi untuk dokter pulmonologist, namun juga asuransi profesi dokter spesialis lainnya tersedia semuanya di Allianz, mulai dari asuransi profesi dokter bedah, asuransi profesi dokter spesialis penyakit dalam, asuransi profesi dokter kandungan, dan lain lain.

Mengenal Profesi Dokter Spesialis Paru (Pulmonologist)

Nah kembali lagi ke profesi pulmonogist tadi. Adapun istilah pulmonologi yakni salah satu pengobatan atau perawatan intensif yang melibatkan mesin life support atau penunjang hidup serta ventilasi mekanik untuk orang yang memerlukannya.

Selain itu, dengan mengenal profesi dokter spesialis paru (pulmonologist) ini Anda juga akan mengenal pneumologi serta pengobatan pernapasan. Adapun subspesialisasinya yang meliputi :

  1. Penyakit paru interstisial. Yakni penyakit yang disebabkan oleh radang paru-paru dan jaringan parut pada paru.
  2. Penyakit paru obstruktif. Yakni penyakit yang disebabkan karena adanya penyempitan saluran udara.
  3. Penyakit paru neuromuscular. Yakni disebabkan oleh kegagalan dari otot pernapasan paru.
  4. Penyakit paru intervensional. Yakni penyakit yang berupa gangguan saluran napas bisa dikarenakan kanker paru, pleura dan sebagainya.
  5. Pulmonologi anak
  6. Transplantasi paru
  7. Dan masih banyak lagi.

Sebagai seorang dokter spesialis paru-paru tentu diperlukan pengelolaan penyakit yang benar-benar dikuasai dalam setiap ilmunya. Adapun penanganan dari dokter spesialis paru-paru yakni beberapa gangguan paru-paru yang meliputi berikut ini:

  1. Gangguan neoplastik
  2. Gangguan infeksi paru
  3. Gangguan struktural paru
  4. Gangguan pembuluh darah dalam paru-paru
  5. Peradangan paru-paru
  6. Dan lain sebagainya

Dalam melaksanakan pekerjaannya tentu dokter spesialis paru-paru pun menggunakan serangkaian prosedur dan tes yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit dalam paru-paru pada pasiennya. Adapun prosedur dan tes tersebut meliputi :

  1. Tes darah dalam laboratorium
  2. Rongsen dada
  3. Pengukuran gas darah pada arteri
  4. CT scan
  5. Tomografi emisi positron (PET)
  6. Bronkoskopi (pemeriksaan menggunakan teropong kecil)
  7. Tes fungsi paru-paru
  8. Spirometri (mendeteksi apakah ada gangguan pernapasan)
  9. Biopsi endobronki dan biopsi pleura
  10. Biopsi transbronkial dan biopsi endobronkial
  11. Polismonografi
  12. Terapi oksigen
  13. Operasi
  14. Ventilasi mekanik
  15. Transplantasi paru
  16. Lubektomi (pengangkatan lobus)
  17. Thorakoksentesis (penghilangan cairan atau udara)
  18. Dan sebagainya.

Dengan mengenal profesi dokter spesialis paru (pulmonologist) maka Anda akan juga mengenal beragam teknik diatas yang digunakan untuk rehabilitasi paru-paru. Hal ini biasanya dilakukan oleh tim rehabilitasi yang telah diberikan persetujuan dan dukungan dari keluarga pasien.

 Apa saja Jenis Penyakit Paru-paru Dan Pernapasan ?

Sebagai seorang dokter spesialias pulmonologist maka Anda akan berkutat dengan beberapa jenis penyakit yang menyerang pada paru-paru hingga pernapasan. Adapun jenis dari penyakit tersebut yakni :

  • Gangguan pernapasan akut
  • Bronkiestasis
  • Bronkitis kronis
  • Kanker paru-paru
  • Pneumonia
  • Pneumokoniosis
  • Edema paru
  • Infeksi dada
  • Hipertensi pulmonal
  • Pneumotoraks
  • Tuberkulosis
  • Asma
  • Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
  • Emfisema
  • Mesotelioma
  • Efuli pleura
  • Sindrom hiperventilasi obesitas
  • Penyakit paru-paru interstisial
  • Dan lain-lain

Jenis penyakit yang telah disebutkan ini merupakan penyakit paru-paru kerja yang dikarenakan penyakit ini diakibatkan oleh pekerjaan yang dilakukan pasien. Namun tentunya jenis pekerjaan tersebut yang tergolong menyebabkan pasien mengalami resiko penyakit paru seperti menghirup bahan kimia, menghirup debu, bahan kimia, dan lainnya

Adapun beberapa penyakit paru-paru lain yang merupakan gangguan kronis sehingga bisa menyerang pasien dalam sepanjang hidup mereka. Oleh karena itu sangat diperlukan manajemen kesehatan secara berkala agar tidak terjadi komplikasi penyakit yang lainnya..

Itulah penjelasan dalam mengenal profesi dokter spesialis paru (pulmonologist) yang perlu Anda ketahui. Sebagai seorang dokter tentu sangat diperlukan pengalaman dan kecerdasan yang terlatih untuk mengevaluasi dan mendiagnosa penyakit apa saja yang menjangkit paru-paru dari pasien.

Apabila saat ini Anda berprofesi sebagai seorang pulmonologist maka Anda memerlukan asuransi profesi dokter spesialis paru dari Allianz.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...