Biaya yang termasuk dalam Polis Asuransi

Biaya apa saja yang di bebankan dalam polis asuransi  saya diluar biaya asuransi yang harus saya bayar?

Ya, dalam polis asuransi, ada biaya lain yang harus anda bayar selain biaya asuransi. Namun beban biaya tersebut akan di potong otomatis dari saldo unit yang terbentuk dalam polis anda. Adapun biaya lain-lain tersebut adalah :

1. Biaya Akuisisi

Dalam polis asuransi selalua ada yang namanya biaya akuisisi. Biaya akuisisi dari setiap perusahaan asuransi itu berbeda dan tidak sama.

Mayoritas perusahaan asuransi memberlakukan biaya akuisisi sebesar 100% untuk tahun pertama, 60% untuk tahun ke dua dan seterusnya akan lebih kecil. Biaya akuisisi akan berakhir pada tahun ke enam.

Namun berbeda dengan di Allianz. Biaya akuisisi di Allianz merupakan yang paling rendah dibandingkan dengan di asuransi lain karena di tahun pertama tidak dikenakan 100% seperti di asuransi lainnya. Biaya akuisisi asuransi Allianz di tahun pertama adalah 75%, di tahun kedua 40%, di tahun ketiga 15%, di tahun keempat 7,5% dan di tahun kelima 7,5%.

Jadi total biaya akusisi di Allianz adalah 145% dan merupakan asuransi dengan biaya akusisi termurah di pasar saat ini (asuransi lain rata rata total biaya akusisi nya di atas 200%).

Mulai tahun ke 6 dan seterusnya tidak akan dikenakan biaya akuisisi lagi. Jadi premi yang anda bayarkan keseluruhannya akan masuk ke porsi investasi setelah dipotong biaya asuransi (cost of insurance).

Mengapa harus ada biaya akusisi dari produk asuransi ini? Tujuan dari biaya akusisi ini adalah untuk menutupi biaya perusahaan asuransi. Setiap produk yang dijual baik itu berupa produk jasa maupun produk barang pastilah ada biaya pembuatannya. Untuk perusahaan, dalam hal ini adalah biaya untuk menjalankan bisnis asuransi seperti biaya untuk membayar gaji karyawan, biaya untuk marketing dan biaya operasional lainnya, diambil dari biaya akusisi ini.

Kita harus memahami bahwa kita membeli suatu produk keuangan yang bernama asuransi dari perusahaan asuransi. Jadi sangatlah wajar jika perusahaan asuransi meminta kita untuk membayar biaya atas produk keuangan yang dinamakan asuransi tersebut dalam bentuk biaya akuisisi.

Anda dapat menggunakan biaya akusisi ini sebagai bahan pertimbangan untuk memilih mana asuransi jiwa yang terbaik bagi anda dan keluarga. Anda dapat membandingkan biaya akuisisi ini antara perusahaan asuransi yang satu dengan yang lain. Besarnya biaya akuisisi ini akan mempengaruhi besarnya UP (Uang Pertanggungan) yang akan anda peroleh nantinya. Semakin besar biaya akusisi, maka biasanya UP akan semakin kecil.

Namun di Allianz kami dapat mengkalim bahwa dengan jumlah premi yang sama, kami dapat memberikan UP manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan dengan asuransi lain. Salah satu penyebabnya karena biaya akusisi di Allianz yang sangat kecil.

Selain mempengaruhi UP, besaran biaya akusisi juga mempengaruhi porsi investasi kita. Bayangkan saja di asuransi lain yang mengenakan biaya akuisisi 100% di tahun pertama. Artinya sama sekali tidak ada dana yang disisihkan untuk investasi dari sejumlah premi yang anda bayarkan.

Bandingkan dengan di Allianz dimana biaya akusisinya hanya 75% sehingga masih ada sisa 25% yang akan masuk ke porsi investasi setelah dipotong biaya asuransi.

Jadi jika anda adalah seorang calon nasabah yang sedang mencari asuransi jiwa terbaik, tentunya pilihan anda akan jatuh kepada Allianz karena hanya Allianz yang mampu memberikan premi murah dengan UP yang besar.

2. Biaya Pembelian Investasi

Umumnya perusahaan asuransi mengenakan biaya pembelian investasi (Top Up / Saver) sebesar 5% dari premi top up atau saver anda.

Contoh : Jika premi saver anda adalah Rp 1Jt, maka akan di potong Rp 50Rb sebagai biaya pembelian investasi, dan sisanya Rp 950Rb akan di alokasikan kepada jenis Fund yang telah anda pilih.

Kalau di Allianz, biaya pembelian investasi tidak dikenakan, hanya saja memang terdapat perbedaan antara harga beli di saat anda membeli unit investasi dan harga jual di saat anda menjual unit investasi anda. Dan perbedaan (spread) antara harga beli dan harga jual ini kruang lebih sekitar 4-5%.

3. Biaya Administrasi

Selain biaya di atas, anda juga dikenakan biaya administrasi polis setiap bulan. Besarnya biaya administrasi akan berbeda setiap perusahaan asuransi. Di Allianz, biaya administrasi di 1 tahun pertama gratis sehingga biaya administrasi akan mulai dipotong sejak bulan ke 13 yaitu hanya sebesar Rp 26.500 saja. Coba bandingkan dengan biaya administrasi yang jauh lebih besar di asuransi lain.

Semoga jawaban kami bisa anda pahami dengan baik.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...