Definisi Asuransi Berdasarkan Undang Undang Asuransi Indonesia

Berdasarkan undang-undang No.2 Tahun 1992 tentang usaha perasuransian,

Asuransi adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Unsur-unsur penting dalam pengertian asuransi :

  • Perjanjian yaitu suatu hal yang mengatur hubungan antara tertanggung dan penanggung dalam berasuransi.
  • Tertanggung yaitu seseorang atau badan usaha yang menjaminkan risiko atas harta benda (Kepetingan keuangan nya) kepada penanggung dan dalam hal ini tertanggung berhak membayar premi asuransi.
  • Penanggung yaitu perusahaan asuransi yang menerima risiko yang dijaminkan oleh tertanggung dan berhak menerima premi asuransi serta berkewajiban membayar klaim apabila tertanggung mengalami risiko yang sesuai  dengan jaminannya pada polis.
  • Premi yaitu sejumlah uang yang harus dibayar tertanggung kepada penanggung (perusahaan asuransi) untuk memperoleh jaminan asuransi.

Pada zaman modern seperti sekarang ini asuransi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Karena tidak ada seorang pun yang terbebas dari resiko, apapun itu bentuknya. Contoh simpel nya begini, misalkan seseorang yang berangkat kerja dari senin-jum’at pasti setiap harinya ia selalu berhadapan dengan risiko seperti :macet, kecopetan (yang naik kendaraan umum), datang terlambat, di marahi atasan dll. Itu hanya beberapa contoh risiko yang kecil saja. Tetapi bagaimana apabila risiko yang dihadapi adalah risiko yang besar, seperti : sakit kritis, kematian (pasti), kebakaran, pencurian, gempa bumi, tsunami, Tabrakan, dll

Untuk itulah asuransi ada dan hadir bagi kita semua. Sehingga dengan adanya asuransi seseorang akan merasa lebih tenang dalam menjalankan aktivitasnya. Asuransi itu ibarat payung, yang terasa manfaatnya apabila hujan turun, karena perlindungan asuransi itu akan terasa bila si tertanggung mengalami musibah (asalkan proteksi yang diambil sesuai dengan jaminan polis yang dibeli). Tanyakanlah kepada diri anda sendiri, apakah anda pasti bisa menghindari semua risiko tersebut dalam kehidupan? Sejago jago nya anda melindungi diri anda dari semua risiko yang saya sebutkan di atas, anda tetap tidak dapat menghindar dari sebuah risiko yang mutlak harus dihadapi oleh seluruh umat manusia di muka bumi ini yaitu risiko kematian. Jika manusia bisa hidup abadi (immortal), produk asuransi tidak akan pernah eksis di dunia ini. Produk asuransi hadir karena adanya kebutuhan akan asuransi.

Karena adanya permintaan di masyarakat, maka asuransi ini muncul. Jadi pola pikir anda jangan sampai salah dalam menyikapi produk asuransi. Jangan berpikir sebagai agen, tugas saya adalah mengejar ngejar anda untuk membeli asuransi. Sebaliknya, orang orang yang mengejar ngejar saya untuk dibukakan polis asuransi. Karena makin tinggi tingkat pendidikan dan makin maju cara pandang serta pola pikir seseorang, maka kesadaran nya untuk memiliki asuransi sangatlah tinggi. Tentu saja ini merupakan hal yang positif karena pada umumnya orang orang yang melek dan sadar asuransi, mereka sudah tahu fungsi dan manfaat asuransi yang akan mereka ambil. Bahkan mereka yang telah mempelajari dan membandingkan antara asuransi jiwa yang satu dengan yang lain, akan mencapai satu kesimpulan yang kurang lebih sama yaitu Allianz adalah asuransi terbaik yang ada di kolong langit saat ini. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di sini.

“Memiliki asuransi itu ibarat memiliki ban serap saat berkendara. Kegelisahan berkendara tanpa ban serap identik dengan seseorang yang beraktivitas sehari hari tanpa perlindungan asuransi.”

Saya tidak bisa membayangkan apabila dalam hidup ini, tidak ada yang namanya asuransi. Tentunya kehadiran produk asuransi di suatu negara juga dibarengi dengan peraturan asuransi dan Undang Undang Asuransi/ perasuransian yang bertujuan untuk mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan asuransi agar tidak kacau. Sudahkah anda melindungi keluarga yang anda sayangi melalui perlindungan asuransi? Jika belum, sekaranglah saatnya. Anda dapat menghubungi saya untuk memperoleh informasi yang lebih detail mengenai asuransi terbaik dari Allianz.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...