Indemnitas dan Santunan di Asuransi Allianz

Apa bedanya prinsip indemnitas (indemnity) dan prinsip santunan di Asuransi Allianz? Jadi sebenarnya ada 2 jenis prinsip dalam penggantian asuransi, yang penting untuk kita pahami sebelum kita memutuskan untuk membeli asuransi. Kedua prinsip ini adalah :

1. Prinsip Indemnitas — diganti ruginya sesuai biaya yang dkeluarkan. Untuk asuransi jiwa , prinsip indemnitas ini tidak berlaku (makanya seorang tertanggung bisa memiliki UP yang terus bertambah dari beberapa asuransi jiwa) namun untuk asuransi kesehatan umumnya prinsip ini digunakan.

Jadi misalnya kalaupun ada dua atau lebih asuransi kesehatan rawat inap rumah sakit yang menutup resiko atau memiliki manfaat yang sama, maksimal yang nasabah bisa terima adalah sebesar ‘kerugian aktual’ saja, tidak bisa lebih. Ini mengapa kuitansi asli atau legalisir untuk Coordination  of Benefit (COB) diperlukan, untuk menghindari nasabah mengambil keuntungan dari pembayaran asuransi kesehatan. Jadi manfaat dibayar sesuai kerugian finansial nasabah. Di asuransi kesehatan Allianz, yang menggunakan prinsip indemnitas ini adalah Smartmed Premier, Smarthealth Maxi Violet, Allisya Care, Hospital and Surgical Care Plus (HSC+)

2. Prinsip Santunan, sesuai kamus adalah ‘bantuan’ adalah nilai yang akan dibayarkan apabila tercapai kondisi tertentu sesuai perjanjian. Santunan tidak berdasarkan pada besaran kerugian, oleh karena itu cenderung tidak terbatas. Santunan ini muasalnya, sebagai pengganti income yang hilang apabila menderita sakit yang harus dirawat di RS. Santunan kematian, santunan cacat tetap total maupun santunan penyakit kritis biasa menggunakan metode santunan.

Untuk asuransi kesehatan, konsep ini biasa dipakai untuk produk semacam santunan harian. Karena bentuknya santunan, sah sah saja apabila nasabah memiliki manfaat santunan dari berbagai polis. Oleh karena itu untuk manfaat santunan ini bisa dobel klaim apabila si nasabah memiliki lebih dari 1 asuransi kesehatan yang bersifat santunan. Askes Allianz yang menggunakan prinsip santunan adalah Flexicare Family.

Tabel Manfaat FlexiCare Family (Klik di tabel untuk memperbesar)

tabel flexicare familyMaka cukup dengan membuktikan nasabah dirawat (di sinilah tidak perlu kuitansi asli, karena kuitansi copy hanya dipakai untuk membuktikan bahwa nasabah benar dirawat – bukan untuk validasi jumlah biaya rawat). Oleh karena itu, untuk manfaat tunai harian, bila nasabah memiliki 2 atau lebih polis, bisa diklaim di semuanya, karena menggunakan prinsip santunan.

Asuransi jiwa Allianz (Tapro Allianz) yang meliputi Asuransi kematian, asuransi penyakit kritis dan asuransi cacat tetap total semuanya menggunakan prinsip santunan sehingga bisa dilakukan dobel cover apabila nasabah memiliki lebih dari 1 polis asuransi jiwa.

Ini merupakan bagian dari prinsip prinsip asuransi, yang penting diketahui untuk mengatasi informasi yang misleading mengenai apakah asuransi ini bisa double cover atau tidak, klaim bisa dibayar dengan fotocopy saja, asli tidak diperlukan atau tidak, apakah klaim dilakukan tanpa investigasi penyakit dan bisa dibayar cepat tanpa kuitansi asli atau tidak. Karena prinsip indemnitas dan santunan berbeda cara penanganan.

Semua keterangan diatas tentu sesuai ketentuan polis masing-masing, yang bisa saja membuat aturan khusus sebagai pengembangan strategi dari aplikasi prinsip-prinsip di atas.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...