Jujur Saat Membeli Asuransi

Saya selalu menganjurkan kepada calon nasabah saya untuk jujur pada saat akan membeli asuransi. Karena kejujuran calon nasabah pada saat pengisian Surat Pengajuan Asuransi akan mempengaruhi proses klaim pada akhirnya. Pendapat seseorang mengenai perusahaan asuransi yang hanya mengobral janji ternyata tidak mengikis banyaknya permintaan asuransi jiwa, bahkan di tahun 2014 diperkirakan asuransi jiwa mengalami pertumbuhan sebesar 25%-30%. Tidak semua perusahaan asuransi hanya mengobral janji semata, ada banyak perusahaan asuransi terpercaya yang benar-benar akan mempermudah proses klaim asuransi jiwa.  Asuransi jiwa merupakan bentuk proteksi apabila tertanggung tiba-tiba mengalami kematian.

Sebetulnya penyebab klaim asuransi jiwa tidak dibayar bisa berasal dari pihak nasabah ataupun perusahaan asuransi itu sendiri. Ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa penyebab klaim asuransi gagal dibayar.

1.    Penyebab dari Pihak Nasabah

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua penyebab klaim asuransi jiwa yang gagal bayardisebabkan oleh perusahaan asuransi. Ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan nasabah saat mengajukan klaim asuransi jiwa, diantaranya yaitu:

  • Ketidakjujuran nasabah biasanya terjadi saat calon nasabah mengisi Surat Permohonan Asuransi (SPA) yang berisikan berbagai pertanyaan yang akan berpengaruh pada keputusan perusahaan asuransi untuk memberikan proteksi atau tidak.
  • Terdapat beberapa pengecualian yang tertulis di polis berkaitan dengan penyebab kematian tertanggung, secara umum pengecualian tersebut terjadi jika ternyata kematian disebabkan oleh bunuh diri, penyakit AIDS, tertanggung melakukan tindak kejahatan, kematian karena hal-hal yang tidak terduga dan tidak bisa dihindari (ex.: bencana alam, huru-hara, perang, dll). Khusus di produk asuransi jiwa Allianz konvensional (Non Syariah), kematian/ meninggal dunia karena bunuh diri atau terkena penyakit HIV/Aids akan mendapatkan klaim Uang Pertanggungan apabila telah umur polis telah lebih dari 2 tahun sejak aktif.
  • Setiap perusahaan asuransi mempunyai batas waktu pengajuan klaim asuransi jiwa yang beragam tetapi secara umum batasan pengajuan klaim adalah tiga bulan. Akan tetapi, nyatanya banyak pengajuan klaim asuransi jiwa melebihi batas waktu yang ditentukan. Sebaiknya baca terlebih dahulu polis asuransi jiwa untuk mengetahui berapa tenggat batasan waktu pengajuan klaim asuransi jiwa yang diberikan oleh perusahaan asuransi anda.
  • Dokumen-dokumen yang berkaitan dengan syarat pengajuan klaim asuransi jiwa yang tidak lengkap membuat proses pengajuan klaim asuransi jiwa tersendat-sendat.
  • Klaim asuransi jiwa juga bisa mengalami kegagalan jika dalam proses pembayaran premi asuransi tertanggung tidak membayar premi asuransi dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi sehingga polis asuransi nya telah mengalami lapse. Oleh karena itu, bayarlah premi asuransi anda tepat waktu sehingga Anda terhindar dari resiko tidak berlakunya polis asuransi yang pada akhirnya menyebabkan proses klaim menjadi terhambat.

2. Penyebab dari Pihak Perusahaan Asuransi

Secara umum terdapat dua penyebab gagalnya pembayaran klaim asuransi yang disebabkan oleh perusahaan asuransi, diantaranya yaitu agen perusahaan asuransi yang tidak menyampaikan secara benar dan jujur terkait produk asuransi yang dibeli oleh nasabah dan perusahaan asuransi nya sendiri yang nakal dan tidak membayar klaim asuransi jiwa sesuai dengan polis asuransi. Tetapi tidak semua perusahaan asuransi seperti itu, terlebih lagi perusahaan asuransi Allianz. Silahkan baca disini untuk mengetahui lebih jauh tentang perusahaan asuransi Allianz. Oleh karena itu ada baiknya Anda selektif dalam membeli polis asuransi jiwa agar terhindar dari resiko klaim asuransi jiwa tidak dibayar oleh perusahaan asuransi.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...