Masuk Rumah Sakit, Dapat Uang Santunan Harian, Mau?

Apakah anda mau tahu caranya bagaimana ketika dirawat inap di rumah sakit, eeehh malah dapat uang santunan harian. Mau? Memangnya ada produk asuransi kesehatan yang memberikan uang tunai harian yang besarnya disesuaikan dengan berapa hari ;lamanya anda dirawat inap di rumah sakit?

Produk asuransi kesehatan pada prinsipnya ada dua jenis.

Pertama, sistem hospital benefit. Sistem asuransi kesehatan ini memberi manfaat sesuai plan yang kita pilih. Setiap plan ada perincian manfaat yang ditanggung, mulai dari manfaat rawat inap, biaya dokter, biaya obat, biaya laboratorium, dan seterusnya. Sistem klaim biasanya cashless dan reimburse di rumah sakit rekanan dan hanya sistem reimburse di rumah sakit non rekanan.

Di Allianz, asuransi kesehatan yang termasuk di dalam sistem hospital benefit ini adalah :

- Smarthealth Maxi Violet (Asuransi kesehatan murni konvensional)

- Allisya Care (Asuransi kesehatan murni syariah)

- Smartmed Premier (Asuransi kesehatan murni premium)

- Hospital and Surgical Care Plus (Asuransi kesehatan yang merupakan rider (manfaat tambahan) dari Tapro Allianz)

Kedua, sistem hospital cash plan. Produk ini memberi manfaat uang tunai berupa santunan harian selama menjalani perawatan di rumah sakit. Besar penggantian sudah disepakati di awal kontrak. Jadi besar santunan harian yang diterima, tidak bergantung pada berapa besar biaya perawatan rumah sakit yang ditagihkan, namun ke berapa jumlah hari anda dirawat di rumah sakit.

Misalnya Anda membeli produk hospital cash plan dengan besar santunan Rp 1 juta per hari. Ketika terjadi rawat inap selama 10 hari, Anda akan mendapatkan santunan Rp 10 juta. Tidak peduli meski total biaya rawat inap Anda hanya Rp 6 juta atau Rp 50 juta. Sistem hospital cash plan ini tidak memperhitungkan total biaya rawat inap rumah sakit.

Di Allianz, asuransi kesehatan yang termasuk di dalam sistem hospital cash plan ini adalah Flexicare Family. Flexicare family ini bukanlah asuransi kesehatan murni yang berdiri sendiri namun merupakan rider (manfaat tambahan) dari asuransi jiwa Tapro Allianz. Santunan harian yang bisa dipilih mulai dari yang terendah sebesar Rp. 100.000 per hari sampai dengan yang tertinggi sebesar Rp. 1.000.000 per hari.

Hingga saat ini, kebanyakan metode klaim produk asuransi kesehatan hospital cash plan adalah reimbursment. Yang menarik, santunan akan tetap dibayarkan oleh perusahaan asuransi kendati biaya rawat inap Anda telah dibayarkan oleh asuransi lain. Jadi hospital cash plan ini sifatnya bisa di dobel klaim. Klaim  hospital cash plan biasanya hanya mensyaratkan fotokopi kuitansi pembayaran biaya rumah sakit yang sudah dilegalisir.

Hospital cash plan sebagai pengganti penghasilan yang hilang selama dirawat inap di rumah sakit

Asuransi kesehatan berjenis cash plan seperti flexicare family dari Allianz, cocok sebagai pelengkap asuransi kesehatan yang sudah Anda miliki saat ini. Misalnya, dari pemberi kerja, Anda sudah difasilitasi asuransi kesehatan dengan limit tertentu.  Hospital cash plan bisa Anda manfaatkan untuk berjaga-jaga apabila plafon biaya kesehatan dari kantor tidak mencukupi.

Demikian juga ketika saat ini Anda telah menjadi peserta BPJS atau memiliki asuransi kesehatan berjenis hospital benefit. Tambahan dana dari cash plan bisa Anda gunakan untuk melengkapi kebutuhan biaya. Contohnya, untuk biaya naik kelas rawat inap, tambahan biaya operasi, biaya rawat jalan, dan sebagainya.

Selain itu asuransi kesehatan hospital cash plan seperti flexicare family dari Allianz ini juga bisa dianggap sebagai pengganti penghasilan Anda yang hilang selama Anda dirawat di rumah sakit. Ini terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai wiraswasta, pedagang, atau profesional. Flexicare Family dari Allianz sangat cocok bagi mereka yang pendapatannya ikut terhenti ketika jatuh sakit.

Berikut ini Tabel Manfaat FlexiCare Family yang bisa anda pilih

tabel flexicare family baru

Lantas, apa saja yang perlu kita perhatikan sebelum membeli produk asuransi kesehatan berjenis hospital cash plan seperti flexicare family dari Allianz ini?

Asuransi kesehatan bersistem cash plan hanya cocok sebagai asuransi sekunder. Jadi sebelum membeli, hitung dulu kebutuhan Anda. Misal, inflasi biaya rumah sakit menyebabkan kelas rawat inap yang nyaman bagi Anda saat ini naik menjadi Rp 2 juta per hari. Sedangkan asuransi kesehatan yang sudah Anda miliki sekarang hanya memberi manfaat rawat inap Rp 1 juta per hari. Dengan demikian, Anda cukup membeli cash plan dengan santunan Rp 1 juta per hari.

Dalam perspektif perencanaan keuangan yang sehat, premi/biaya asuransi yang ideal maksimal memakan sekitar 10% dari penghasilan kita dalam satu bulan. Apabila lebih dari itu, dikhawatirkan arus kas kita bisa terganggu.

Kemudahan klaim

Kebanyakan asuransi kesehatan bersistem cash plan atau santunan harian membayarkan manfaat kepada nasabahnya melalui skema reimbursement. Alhasil, nasabah harus mengeluarkan uang dulu untuk biaya rumah sakit, sebelum nanti mendapatkan penggantian dari perusahaan asuransi. Jadi, jangan malas meriset rekam jejak asuransi dengan sistem klaim yang mudah. Rata-rata proses klaim untuk santunan harian rumah sakit memakan waktu sekitar 7 – 14 hari kerja.

Di Allianz anda bahkan dapat melakukan proses klaim secara langsung melalui aplikasi ponsel anda yang bernama Allianz Eazy Claim. Bagi anda pengguna ponsel yang menggunakan sistem IOS atau Android dapat mendownload aplikasi Allianz Eazy Claim ini dari application store anda. Setelah itu anda tinggal sign up dan masukkan no polis asuransi kesehatan anda.

Kemudahan yang akan anda rasakan pada saat anda menggunakan aplikasi ini adalah, bayangkan jika anda sedang dirawat inap di rumah sakit luar negeri. Biasanya untuk melakukan klaim, anda perlu pulang dulu ke Indonesia, baru kemudian anda mengirimkan berkas klaim anda ke perusahaan asuransi bukan?

Jika menggunakan aplikasi Allianz Eazy Claim ini, anda bisa tinggal memfoto berkas2 tersebut dan kemudian kirimkan semua lewat aplikasi tersebut meskipun saat itu anda masih berada di luar negeri. Hebat sekali bukan? Di Indonesia, hanya perusahaan asuransi Allianz yang memiliki fasilitas itu.

Pilih perusahaan asuransi yang terkemuka seperti Allianz agar klaimnya tidak susah. Untuk apa anda hanya memilih premi yang murah saja namun saat anda mau klaim, susahnya minta ampun. Bahkan Jika anda tidak berhati hati dalam memilih asuransi, anda akan di hadapkan pada masalah administrasi yang berbelit belit yang sengaja dibuat oleh perusahaan asuransi nakal untuk mempersulit anda untuk melakukan klaim.

Karena itu jatuhkan pilihan anda hanya kepada asuransi Allianz. Sebagai agen asuransi Allianz, saya sudah melihat banyak sekali klaim santunan dan uang pertanggungan dari nasabah asuransi Allianz yang cari dan memberikan manfaat yang sangat besar bagi dirinya dan seuruh keluarganya.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...