Perbedaan Penyakit Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Perbedaan penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 sebaiknya perlu Anda ketahui karena meskipun penyakit diabetes sebetulnya memang memiliki ciri kadar gula dalam darah yang tinggi tetapi penyebab diabetes tipe 1 dan tipe 2 memang berbeda. Bahkan untuk membedakan penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 juga tidaklah mudah sehingga terkadang banyak anggapan yang muncul antara kedua tipe tersebut.

Tak sedikit orang-orang yang memiliki asumsi tentang diabetes tipe 1 dan tipe 2 tetapi ternyata asumsi tersebut belum sepenuhnya tepat. Jika hal tersebut terus menerus tidak diluruskan akan berdampak buruk terutama bagi para penderita diabetes karena bisa memunculkan kebingungan mengenai cara penyembuhan yang tepat.

Perbedaan Penyakit Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Tetapi saat ini perkembangan dunia medis menjadikan perbedaan penyakit  diabetes tipe 1 dan tipe 2 semakin mudah diketahui sehingga bisa menepis anggapan yang salah dari kebanyakan orang.

Mengenal Perbedaan Penyakit Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Penyakit diabetes kini bukan menjadi penyakit yang asing bagi masyarakat bahkan kini penyakit diabetes dianggap sebagai sebuah penyakit yang menakutkan karena bisa menyerang siapa saja dan bisa berujung pada kematian. Oleh karena itu kini berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi munculnya penyakit diabetes termasuk juga mengenali perbedaan penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Berikut ini akan dijelaskan perbedaan penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang perlu Anda ketahui.

  1. Diabetes Tipe 1 adalah penyakit autoimun, tipe 2 bukan

Penyakit diabetes bisa muncul karena adanya masalah pada hormon insulin dalam tubuh. Insulin memiliki tugas yang penting untuk mengubah gula dari makanan yang masuk ke dalam tubuh agar menjadi energi. Jika jumlah insulin tersebut tidak mencukupi akan berdampak pada gula yang menumpuk dalam darah sehingga memicu timbulnya diabetes.

Sebetulnya baik penderita diabetes tipe 1 maupun tipe 2 masing-masing memiliki masalah dengan hormon insulin. Tetapi perbedaan penyakit diabetes tipe dan tipe 2 dapat diketahui dari kemampuan tubuh memproduksi insulin. Diabetes tipe 1 tubuh penderitanya tidak bisa memproduksi insulin sama sekali karena tipe 1 adalah penyakit autoimun.

Penyakit tersebut muncul karena sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang serta menghancurkan sel pembuat insulin yang berada di pankreas dan biasanya terjadi karena faktor genetik. Sedangkan pada tipe 2 masih bisa memproduksi insulin tetapi jumlahnya tidak mencukupi.

  1. Diabetes tipe 1 harus mengkonsumsi insulin, diabetes tipe 2 bervariasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penderita diabetes tipe 1 tubuhnya sama sekali tidak bisa memproduksi insulin sehingga harus membutuhkan injeksi insulin menggunakan pompa insulin. Tanpa injeksi insulin ini penderita diabetes tipe 1 akan sulit tertolong.

Sedangkan diabetes tipe 2 penderitanya bisa disembuhkan dengan cara yang bervariasi mulai dari diet gula hingga obat penurun gula darah. Tetapi jika cara tersebut tidak efektif bisa dilakukan injeksi insulin. Hal tersebut menjadi perbedaan penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 dari segi penanganan.

  1. Diabetes tipe 1 gula darah lebih umum rendah

Perbedaan penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 dapat diketahui dari adanya suntikan insulin yang harus diberikan pada penderita diabetes tipe 1 yang bisa memicu timbulnya gula darah rendah pada penderitanya.

Jika kadar gula darah seseorang rendah akan mengakibatkan risiko yang berbahaya sehingga sangat penting untuk diperhatikan dalam pemberian kadar injeksi insulin pada penderita diabetes tipe 1. Selain itu biasanya jika kadar gula darah rendah seseorang akan merasakan lemas, gemetar, pusing dan berkeringat.

Jika Anda mengalami hal demikian sebaiknya segera lakukan upaya penyembuhan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat yang mengandung zat gula yang masih aman.

  1. Diabetes tipe 2 berisiko akibat makanan yang manis

Perbedaan penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 dapat diketahui pula dari makanan yang dikonsumsi. Untuk diabetes tipe 1 masih bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan asalkan disesuaikan dengan adar insulin yang disuntikkan dalam tubuh.

Tetapi untuk penderita diabetes tipe 2 sebaiknya harus benar-benar mengontrol makanan yang dikonsumsi karena insulin tidak bisa bekerja secara efektif sehingga kenaikan kadar gula darah semakin cepat dan bisa menimbulkan obesitas.

  1. Diabetes tipe 1 dapat didiagnosa sejak anak-anak, tipe 2 menyerang kemudian

Munculnya penyakit diabetes tipe 1 biasanya karena faktor genetik sehingga bisa terdiagnosis sejak usia anak-anak. Sedangkan diabetes tipe 2 akan menyerang seiring bertambahnya usia dan gaya hidup yang kurang sehat.

Meskipun seseorang tidak memiliki riwayat keturunan diabetes tetapi karena gaya hidup yang kurang sehat terutama makan makanan yang manis dan berlemak akan semakin meningkatkan risiko munculnya diabetes.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat diketahui bahwa perbedaan penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 sebetulnya tampak jelas. Tetapi baik tipe 1 maupun tipe 2 sebaiknya perlu diwaspadai dan dicegah dengan menjaga pola hidup yang sehat mulai dari sekarang.

Karena saat ini penyakit diabetes tidak mengenal usia dan bisa menyerang siapa saja baik tua maupun muda. Oleh sebab itu sebelum penyakit diabetes menyerang kita, ada baiknya kita antisipasi dahulu dengan membeli asuransi kesehatan.

Jika terlambat untuk ikutan asuransi karena sering menunda, bisa bisa tidak bisa lagi membeli asuransi kesehatan. Saat membeli asuransi, yang akan ditanyakan oleh perusahaan asuransi kepada kita adalah apakah kondisi tubuh kita sehat dan tidak ada sakit penyakit.

Apabila seseorang sudah kena sakit seperti mengidap diabetes maka bisa dipastikan pengajuan asuransi kesehatannya akan ditolak. Demikian pula dengan pengajuan asuransi jiwa nya juga kemungkinan besar akan ditolak juga.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...