Perlukah membeli Asuransi Rawat Jalan

Perlukan anda membeli asuransi rawat jalan? Biasanya jika anda adalah seorang pegawai di perusahaan yang perusahaannya bekerjasama dengan perusahaan asuransi tertentu, maka anda akan mendapatkan kartu askes yang dapat anda gunakan untuk berobat di saat anda sakit.

Kartu tersebut bisa digunakan untuk keperluan rawat jalan dan rawat inap dan sifatnya cashless apabila digunakan di rumah sakit rekanan yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut.

Demikian hal nya juga dengan BPJS. BPJS juga dapat digunakan untuk keperluan rawat jalan dan rawat inap bukan? Meskipun apabila menggunakan BPJS tidaklah bisa se fleksibel apabila anda menggunakan asuransi kesehatan swasta dimana anda bisa menentukan sendiri mau berobat ke rumah sakit mana dan ditangani oleh dokter siapa.

Jika menggunakan BPJS, anda hanya bisa berobat jalan di klinik yang ditunjuk dan setelah dari klinik, jika diperlukan barulah anda dapat dirujuk untuk berobat ke rumah sakit yang telah ditentukan apabila sakit yang anda derita tidak memadai untuk ditangani hanya oleh dokter umum yang berpraktek di klinik tersebut.

Lalu jika anda memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan, perlukan manfaat rawat jalan ditambahkan di dalam nya? Biasa nya dalam asuransi kesehatan untuk individu, manfaat rawat jalan merupakan manfaat tambahan (rider) yang bisa dipilih apakah mau ditambahkan atau tidak. Jika ditambahkan tentunya premi yang harus dibayar menjadi bertambah mahal.

Biasanya asuransi kesehatan individu hanya memiliki manfaat dasar untuk rawat inap rumah sakit saja. Rider rawat jalan, melahirkan, rawat gigi dan kacamata hanya manfaat tambahan yang bisa dipilih untuk ditambah kedalam nya atau tidak.

Pertanyaan nya, perlukan rider tambahan tersebut untuk dimasukkan di dalam asuransi kesehatan anda?

Asuransi saat ini memang sangat marak sekali di Indonesia, bahkan untuk jenis asuransi kesehatan. Terdapat berbagai macam manfaat yang dapat Anda peroleh ketika membeli asuransi kesehatan, salah satunya adalah untuk manfaat rawat inap dan rawat jalan.

Dengan kelebihan itulah kita merasa aman dan terjaga apabila suatu saat kita mengalami gangguan kesehatan. Namun, ketika Anda hendak membeli asuransi ada baiknya Anda juga harus memahami dari asuransi kesehatan yang nantinya akan Anda beli.

Misalnya asuransi rawat inap, apa saja yang menjadi fasilitas yang diberikan oleh asuransi tersebut. Karena, asuransi kesehatan memberikan penggantian biaya kesehatan jika pemegang polis dirawat di rumah sakit karena terkena penyakit atau kecelakaan.

Perlukah Memiliki Asuransi Rawat Jalan 

Besarnya penggantian asuransi kesehatan biasanya sesuai jumlah tagihan dari rumah sakit dengan batasan limit tertentu berdasarkan rencana yang telah diambil. Berbeda dengan asuransi penyakit kritis, yang memberikan santunan tunai jika menderita penyakit kritis tertentu.

Berbicara mengenai asuransi kesehatan, pasti akan terkait dengan dua aspek yaitu rawat inap dan rawat jalan, lalu apakah perlu Anda memiliki asuransi rawat jalan sebagai tambahan dari asuransi kesehatan rawat inap yang Anda miliki saat ini?

Ada baiknya Anda menelaah terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan dari asuransi kesehatan rawat jalan, serta alasan memisahkan asuransi rawat jalan dengan asuransi kesehatan.

1. Harga Premi Asuransi Rawat Jalan Cukup Mahal

Asuransi kesehatan memang melindungi ketika Anda mengalami musibah, baik sakit maupun kecelakaan. Ketika Anda mengalami musibah tersebut Anda bisa langsung datang ke rumah sakit dan melakukan pengobatan.

Asuransi kesehatan yang baik memang dapat memudahkan Anda untuk melakukan pengobatan, salah satunya rawat inap dan biasanya asuransi tersebut bisa dilengkapi dengan rawat jalan juga jika anda mau. Jadi manfaat rawat jalan ini sifatnya pilihan, mau diambil atau tidak terserah pada anda.

Namun, sayangnya apabila dilengkapi dengan manfaat rawat jalan maka premi yang dibayarkan akan menjadi lebih mahal dibandingkan dengan asuransi yang hanya mencakup rawat inap saja.

Ada baiknya Anda pertimbangkan masak masak sebelum anda memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan dengan manfaat rawat jalan mengingat biaya perawatan rawat jalan sebenarnya tidak terlampau mahal dan dengan uang yang ada di tabungan anda saat ini, anda mampu kok untuk membiayai biaya perawatan rawat jalan.

Rawat inap rumah sakit itu yang sebenarnya sangat menguras kantong, oleh sebab itu perlu dicover asuransi.

2. Asuransi Rawat Jalan Jarang Digunakan

Banyak yang memiliki asuransi kesehatan dengan fasilitas rawat jalan yang jarang sekali digunakan. Sebab biasanya fasilitas rawat jalan ini harus memiliki kondisi kesehatan yang sama ketika Anda melakukan klaim asuransi rawat inap.

Misalnya, ketika Anda sakit tifus dan melakukan klaim rawat inap. Lalu setelah sehat, Anda diwajibkan untuk melakukan kontrol dokter dan melakukan klaim rawat jalan. Barulah klaim Anda tersebut akan disetujui. Tetapi apabila Anda melakukan klaim asuransi rawat jalan dengan kondisi kesehatan yang berbeda dengan asuransi rawat inap, tentunya penyedia jasa asuransi juga akan menolak klaim Anda tersebut. (Ini jika anda tidak mengambil asuransi kesehatan dengan manfaat rawat jalan).

Pada dasarnya, asuransi adalah sebuah hal yang kompleks dan membutuhkan pemahaman serta pertimbangan yang matang bagi penggunanya. Dalam memilih asuransi, Anda harus yakin bahwa layanan yang akan kita dapatkan adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan kesehatan kita dan keluarga.

Ketika kita akan menggunakan sebuah layanan asuransi, maka akan sangat penting untuk mempertimbangkan berbagai macam aspek dan ketentuan yang diterapkan oleh perusahaan asuransi.

Anda bisa berkonsultasi dengan menghubungi nomor kami di bawah ini/ Diharapkan dengan begitu, Anda tidak akan sembarangan memilih dan memutuskan layanan asuransi kesehatan seperti apa yang lebih baik atau lebih buruk sebelum anda bertanya pada kami.

Saran saya sih, jika anda memiliki asuransi kesehatan individu, anda tidak perlu menambahkan manfaat rawat jalan karena premi asuransi anda akan menjadi besar nantinya.

Apalagi jika anda karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, asuransi kesehatan dari kantor anda sudah pasti mengcover manfaat rawat jalan kok, ditambah lagi jika anda juga punya BPJS, jadi buat apa memili asuransi kesehatan dengan manfaat rawat jalan banyak banyak?

Manfaat rawat jalan juga tidak bisa dobel klaim dan sifatnya hanya koordinasi manfaat. Jadi sangat mubazir jika anda membeli asuransi kesehatan individu yang dilengkapi dengan manfaat rawat jalan.

Jika anda seorang pengusaha atau anda memiliki bisnis sendiri dan anda sangat ingin memiliki asuransi kesehatan yang dilengkapi dengan manfaat rawat jalan (selain BPJS tentunya), saran saya, anda dapat mengajukan untuk membeli asuransi kesehatan kumpulan Allianz. Apa itu kesehatan kesehatan kumpulan? Asuransi kesehatan kumpulan adalah asuransi kesehatan yang ditujukan bagi sebuah badan usaha yang ingin mengasuransikan karyawannya.

Jadi jika anda seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, perusahaan tempat anda bekerja itu membeli asuransi kesehatan kumpulan dari perusahaan asuransi.

Tujuan nya adalah untuk mengcover seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. nah jika anda adalah seorang pengusaha yang memiliki badan usaha dengan beberapa karyawan di dalamnya, anda bisa membeli asuransi kesehatan kumpulan ini.

Anda bisa mengasuransikan karyawan anda sekaligus anggota keluarga mereka dan anda juga bisa sekaligus mengasuransi diri anda beserta anggota keluarga anda juga (anda sebagai pemilik/owner perusahaan tersebut).

Biasanya asuransi kesehatan kumpulan ini memberikan manfaat dasar rawat inap rumah sakit dan bisa ditambahkan manfaat tambahan rawat jalan, rawat gigi, melahirkan dan kacamata.

Karena sifatnya yang kumpulan alias sekali mendaftar, banyak peserta sekaligus, maka premi yang akan anda bayarkan jauh lebih murah dibandingkan jika anda membeli asuransi kesehatan individu untuk masing masing orang.

Ibaratnya ini anda membeli produk dengan partai besar, tentu harga yang anda dapatkan adalah aharga grosir. Sedangkan jika anda membeli secara eceran, tentu harga yang anda mesti bayar adalah harga eceran yang jauh lebih tinggi.

Jadi jika anda memang ingin memiliki asuransi kesehatan dengan manfaat rawat jalan, beli saja asuransi kesehatan kumpulan Allianz. Perusahaan/ badan usaha anda tidak perlu memiliki karyawan sampai ratusan bahkan ribuan orang. Minimal 10 orang peserta saja sudah bisa kok mengajukan asuransi kesehatan ini dengan catatan ada badan usaha nya.

10 peserta ini tidak harus berstatus karyawan semua, tetapi 10 peserta ini sudah termasuk anggota keluarga karyawan seperti istri dan anak nya. Contoh jika pesertanya adalah anda sendiri sebagai pemilik perusahaan beserta istri dan 1 anak, itu sudah 3 orang ditambah dengan jika anda hanya memiliki 3 orang karyawan masing masing dengan istri dan 1 anak mereka, sudah terkumpul 12 peserta bukan?

Jadi jika pesertanya berupa sekumpulan ibu ibu arisan yang tidak memiliki badan usaha, ya tidak bisa. Badan usaha nya bisa berupa UD, CV, PT, Koperasi, Yayasan, dll. Jadi meskipun anda menjalankan usaha di rumah, asalkan perusahaan anda jelas legalitasnya, ada TDP dan SIUP, anda sudah bisa mengajukan asuransi kesehatan kumpulan ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang asuransi kesehatan kumpulan Allianz, anda bisa membacanya di sini. 

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...