RBC asuransi Allianz

Dewasa ini, istilah Risk Based Capital (RBC) atau rasio solvabilitas telah menjadi penting, khususnya berkaitan dengan pengukuran kesehatan finansial bagi sebuah perusahaan asuransi.

Informasi apa yang bisa anda dapatkan dari RBC?

Secara umum, rasio solvabilitas adalah pengukuran tingkat keamanan finansial atau kesehatan suatu perusahaan asuransi. Semakin besar rasio solvabilitas sebuah perusahaan asuransi, semakin sehat kondisi finansial perusahaan tersebut.

Apa arti dibalik RBC itu sebenarnya?

Rasio solvabilitas suatu perusahaan asuransi pada dasarnya adalah rasio dari nilai kekayaan bersih atau net worth perusahaan, yang dihitung berdasarkan peraturan akuntansi standar, dibagi dengan nilai kekayaan bersih, yang dihitung kembali dengan mengikutsertakan risiko pemburukan yang mungkin terjadi.

Pengikutsertaan risiko pemburukan yang mungkin terjadi tersebut merefleksikan adanya ketidakpastian yang dihadapi oleh perusahaan dalam aktivitas sehari-harinya, misalnya kemungkinan jatuhnya nilai aset secara jangka pendek akibat investasi pada instrumen yang lebih berisiko.

Demikian pula kemungkinan naiknya tingkat hutang akibat perkembangan yang tidak menguntungkan di masa depan seperti tingkat suku bunga, tingkat kematian, tingkat putus kontrak, dan lain sebagainya.

Ketentuan tentang RBC di Indonesia

Perusahaan asuransi di Indonesia harus melaporkan rasio solvabilitas mereka ke Pemerintah secara kuartalan, dan ketentuan minimum yang ada sekarang bagi rasio tersebut adalah 120%, satu peningkatan sejak ketentuan minimum rasio tersebut diperkenalkan pertama kalinya yaitu sebesar 15% di tahun 1999.

RBC Asuransi Allianz Indonesia

Di Indonesia, Allianz beroperasi melalui 2 badan hukum PT yaitu PT Allianz Life Utama Indonesia dan PT Allianz Utama Indonesia.

PT Allianz Life Indonesia bergerak di lini bisnis asuransi jiwa (life insurance) dan semua jenis produk turunannya yang mencakup asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi kecelakaan diri, asuransi cacat tetap total, asuransi dana pensiun, baik untuk nasabah individu/ perorangan maupun institusi/korporasi.

PT Allianz Utama Indonesia bergerak di lini bisnis asuransi umum yang mencakup asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi perjalanan (travel insurance), dan lain lain.

Dalam penghitungan RBC, dibedakan antara unit bisnis konvensional dan syariah. RBC PT Allianz Life Indonesia telah cukup jauh melampaui ketentuan minimum RBC dari Pemerintah yang sebesar 120%.

Saat ini rasio solvabilitas (RBC) PT Allianz Life Indonesia dari unit bisnis konvensional (non syariah) berdasarkan Laporan Keuangan Q3 2015 adalah sebesar 375 %. Sedangkan RBC PT Allianz Life Indonesia dari unit bisnis syariah nya berdasarkan laporan Keuangan Q3 2015 adalah sebesar 462,04 %.

Silahkan Klik disini untuk melihat dan download laporan keuangan Asuransi Allianz (Disajikan lengkap dari kwartalan sampai tahunan)

Jika ingin mengetahui dan mempelajari lebih jauh tentang ketentuan RBC untuk asuransi syariah, silahkan baca disini.

Allianz Indonesia memiliki komitmen untuk meningkatkan lebih jauh lagi selisih antara rasio solvabilitas perusahaan dengan ketentuan minimum Pemerintah bagi kepentingan keamanan nasabah.

Bagi Anda yang sudah memiliki Asuransi Jiwa Allianz, maka kami ingin mengucapkan Selamat karena Anda sudah 100% dipastikan tidak salah memilih asuransi.

Sedangkan bagi anda yang belum memiliki asuransi jiwa Allianz, sudah saatnya anda segera membeli asuransi Allianz untuk memberikan proteksi/ perlindungan terhadap keuangan anda sekeluarga.

Didukung oleh tingkat RBC yang sangat tinggi, Allianz selalu berusaha memberikan rasa aman dan pelayanan yang terbaik untuk Anda. Terima kasih atas kepercayaan Anda, dan kami akan terus berusaha untuk meningkatkan kinerja kami setiap tahun dan memberikan yang terbaik bagi para nasabah kami.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...