Apakah Perlu Memiliki Asuransi Perjalanan/ Travel Insurance Allianz

Apakah perlu untuk memiliki asuransi perjalanan/ Travel Insurance Allianz?

travelpro-1Sayangnya, ketika melakukan perjalanan, terutama ke luar negeri, saat ini banyak masyarakat yang malas untuk membeli asuransi yang dapat melindungi risiko perjalanan ini. Alasannya, mereka keberatan dengan biaya yang harus dikeluarkan. Anggapannya, harga asuransi trave lini relatif mahal dan akan mempengaruhi usaha mereka untuk menghemat biaya perjalanan.

Padahal, dengan fungsi yang dimilikinya, asuransi ini dapat melindungi Anda dari berbagai risiko yang kemungkinan terjadi. Apalagi saat tujuan perjalanan yang Anda lakukan adalah luar negeri. Dimana segala pengurusan yang Anda lakukan kemungkinan sedikit berbeda dengan dalam negeri.

Saking dianggap pentingnya asuransi travel ini, beberapa negara sampai menjadikan salah satu syarat untuk mengajukan visa ke negaranya adalah dengan memiliki asuransi perjalanan ke luar negeri yang dapat menanggung jumlah minimal tertentu. Salah satunya adalah saat melakukan perjalanan ke negara-negara yang memiliki Visa Schengen, yaitu visa yang dimiliki untuk beberapa negara Eropa seperti Norwegia, Belanda, Jerman, Spanyol, Portugis, dan lainnya.

Ada sekitar 25 negara yang sudah tergabung dan memakai Visa Schengen. Jadi, sekali mendapatkan visa ini, maka Anda dapat melakukan perjalanan ke berbagai negara yang tergabung tanpa harus mengajukan permohonan visa ke masing-masing kedutaan negara. Terkait dengan asuransi ini, syarat mengajukan visa ini salah satunya adalah mempunyai asuransi perjalanan yang menjamin minimal sejumlah US$30,000.

Karena itu, beberapa perusahaan asuransi pada akhirnya menyediakan paket khusus berdasarkan negara yang dituju. Seperti paket asuransi perjalanan domestik untuk perjalalanan dalam negeri, paket ASEAN saat melakukan perjalanan ke negara-negara Asia Tenggara, paket Asia untuk perjalanan ke negara-negara Asia, paket Eropa untuk asuransi perjalanan ke Eropa, dan paket worldwide untuk perjalanan ke seluruh dunia.

Baca juga :  Asuransi Perjalanan Allianz ke Melaka (Malacca)

Pada saat pengajuan permohonan untuk Travel Insurance TravelPro dari Allianz yaitu :

  • Mengisi formulir pengajuan asuransi
  • Fotokopi/Scan KTP
  • Batas usia 1-85 tahun

Lalu Jika Asuransi Perjalanan Allianz sangat Penting, Lalu Mengapa masih ada orang yang beranggapan kalau Asuransi Perjalanan itu tidak dibutuhkan?

Berikut ini adalah berbagai alasan yang dikemukakan, yang mengatakan bahwa asuransi perjalanan tidak diperlukan, antara lain:

Asuransi Perjalanan tidak diperlukan karena sudah punya asuransi kesehatan dan/atau asuransi jiwa”

Memiliki Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa itu sangat baik, namun saat Anda melakukan perjalanan ada beberapa risiko yang tidak dilindungi dalam manfaat Asuransi Kesehatan atau asuransi jiwa. Seperti risiko kehilangan atau kerusakan bagasi, kehilangan dokumen perjalanan atau bahkan penundaan penerbangan. Risiko-risiko tersebut juga menimbulkan kerugian finansial, disinilah asuransi perjalanan diperlukan untuk dapat memberikan penggantian atas kerugian yang Anda alami.

Asuransi Perjalanan akan memberikan perlindungan selama periode perjalanan Anda, yang artinya akan melindungi mulai Anda berangkat dari tempat asal Anda, saat Anda di tempat tujuan hingga Anda kembali ke tempat asal Anda.

“Asuransi perjalanan hanya diperlukan untuk melengkapi pengajuan visa ke luar negeri”

Saat ini orang-orang masih beranggapan bahwa Asuransi Perjalanan diperlukan hanya sebagai syarat untuk pembuatan visa apabila akan bepergian ke luar negeri, bahkan tanpa tahu manfaat apa saja yang akan mereka dapatkan dari asuransi perjalanan tersebut. Namun, fungsi Asuransi Perjalanan bukan hanya untuk pengajuan Visa.

Asuransi Perjalanan itu sendiri berfungsi untuk memberikan perlindungan dan kenyaman selama Anda melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan akan melindungi Anda dari risiko-risiko perjalanan yang sering terjadi seperti  terjadi penundaan penerbangan (flight delay), kehilangan atau kerusakan pada bagasi, kehilangan dokumen perjalanan saat Anda di tempat tujuan, dan juga pada saat Anda mengalami kecelakaan atau menderita sakit di tempat tujuan.

Baca juga :  Asuransi Perjalanan Allianz ke Swedia

“Asuransi Perjalanan hanya menambah mahal harga tiket pesawat”

agen asuransi allianz

Apakah Anda salah satu orang yang akan melewatkan laman pembelian asuransi perjalanan pada saat melakukan pemesanan tiket secara online? Apa yang menjadi alasan Anda memilih untuk tidak membeli Asuransi Perjalanan?

Berbagai alasan akan muncul agar Anda tidak membeli Asuransi Perjalanan. Salah satu alasan terbanyak adalah Asuransi Perjalanan hanya akan menambah pengeluaran Anda saat membeli tiket perjalanan, atau juga pemikiran bahwa daripada membeli asuransi perjalanan lebih baik uangnya digunakan untuk berbelanja di tempat tujuan Anda.

Tahukah Anda bahwa premi Asuransi Perjalanan itu sangat terjangkau? Bahkan harganya mungkin setara  dengan biaya yang Anda keluarkan untuk satu kali makan makanan cepat saji. Oleh karenanya, jika dilihat dengan berbagai manfaat yang bisa didapat, maka harga tersebut akan terasa sangat masuk akal.

Cara Efektif Maksimalkan Asuransi Perjalanan

Risiko dapat terjadi tanpa diduga sebelumnya, bahkan ketika kita sedang berlibur atau melakukan perjalanan bisnis ke berbagai tempat di seluruh dunia. Namun, masih banyak dari kita yang merasa asuransi perjalanan itu sesuatu yang tidak penting.

Masih banyak dari kita membeli asuransi perjalanan hanya karena harus pergi ke negara yang mensyaratkan kepemilikan asuransi perjalanan sebagai salah satu kelengkapan pengajuan visa. Padahal dengan premi yang terjangkau, kita bisa tetap mendapatkan manfaat perlindungan yang maksimal.

Agar biaya premi yang kita keluarkan sesuai dengan manfaat perlindungan yang ditawarkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli asuransi perjalanan.

Pertama, periode perjalanan. Periode masa berlaku perlindungan asuransi perjalanan bisa disesuaikan dengan periode perjalanan untuk memberikan perlindungan yang maksimal dan tidak hanya menjamin saat di dalam pesawat (in flight). Jadi, asuransi perjalanan tidak hanya melindungi selama berada di dalam pesawat, tetapi juga selama perjalanan kita.

Baca juga :  Asuransi Perjalanan Allianz ke Roma

Kedua, kota atau negara tujuan perjalanan. Biasanya, asuransi perjalanan membedakan polis asuransi dengan tujuan negara. Misalnya, premi asuransi perjalanan kita ke negara di Asia dengan negara di Eropa akan berbeda. Perbedaan premi ini disebabkan oleh tingkat risiko dan besaran biaya yang akan ditanggung apabila terjadi risiko di negara tersebut.

Seperti yang kita ketahui, biaya perawatan kesehatan di Asia lebih rendah dibandingkan dengan biaya di Eropa. Oleh sebab itu, premi asuransi perjalanan ke negara Asia lebih rendah dibandingkan dengan premi ke negara di Eropa.

sakit butuh uang

Terakhir, yang perlu diperhatikan adalah tingkatan manfaat yang kita inginkan. Pada umumnya, asuransi perjalanan memiliki beberapa tingkatan tingkatan manfaat yang akan berpengaruh pada harga premi yang harus dibayar dan juga total pertanggungan yang akan diterima oleh kita.

Dengan memiliki asuransi perjalanan, maka kita akan mendapatkan perlindungan seperti perlindungan medis, bantuan darurat seperti evakuasi medis dan pemulangan jenasah, manfaat lainnya juga seperti kecelakaan diri yang terjadi selama perjalanan.

Yang paling membedakan asuransi perjalanan dengan asuransi lainnya adalah manfaat ketidaknyamanan perjalanan seperti santunan atas penundaan atau pembatalan penerbangan, bagasi hilang atau rusak serta kehilangan dokumen perjalanan.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...