virus corona asuransi allianz travel insurance cepat

Asuransi Umum Allianz

Asuransi Umum Allianz adalah asuransi umum terbaik di Indonesia. Sering juga dikenal dengan asuransi kerugian Allianz dimana jenis asuransi yang ditawarkan di sini sangat lengkap dan beragam.

Ada banyak produk asuransi yang beredar di pasar. Salah satunya adalah asuransi umum. Konsep asuransi umum/kerugian ternyata sama tua dengan peradaban manusia itu sendiri. Artinya, kegiatan asuransi dapat dikatakan sebagai salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia.

Asuransi merupakan upaya memindahkan risiko kepada orang lain. Jika risiko terjadi, pihak lain yang akan menanggung. Jika tidak berasuransi, yang bersangkutan akan menanggung risiko itu sendiri. Jika ini yang terjadi, yang bersangkutan akan merugi besar-besaran.

Contoh musibah rumah yang kebakaran. Jika harga bangunan rumah dan isinya sekitar Rp 500 juta, otomatis kerugian akan mencapai sejumlah itu. Tabungan untuk biaya sekolah anak kelak bisa ludes untuk membangun rumah kembali. Kejadian tersebut tidak akan terjadi jika yang bersangkutan membeli polis asuransi kebakaran.

Namun, tak banyak orang yang paham soal pengertian asuransi umum atau general insurance. Keterbatasan pengetahuan membuat tidak banyak orang yang memiliki asuransi umum. Padahal, jika Anda punya aset, bisnis, atau segala sesuatu yang punya risiko kerugian, maka sejatinya Anda memerlukan asuransi umum.

Secara umum, pengertian asuransi umum atau general insurance adalah asuransi yang memberikan manfaat berupa ganti rugi kepada tertanggung jika terjadi kerusakan, kerugian, kehilangan pada harta benda nya. Dengan memiliki asuransi umum, maka Anda dapat terhindar dari kerugian atau menekan kerugian seminimal mungkin jika terjadi risiko.

Perasuransian di Indonesia menawarkan dua jenis asuransi yaitu asuransi jiwa dan asuransi umum. Secara sederhana, asuransi jiwa memberikan proteksi kerugian finansial akibat terjadinya kematian yang manfaatnya dirasakan oleh ahli waris. Sementara asuransi umum memberikan proteksi kerugian yang manfaatnya diberikan pada si tertanggung itu sendiri.

Konsep asuransi kerugian pada dasarnya tidak berbeda dengan asuransi jiwa, yakni upaya perlindungan dengan mengalihkan beban risiko kepada pihak penanggung. Asuransi jiwa dan kerugian hanya dibedakan pada obyek yang akan diproteksi.

Keduanya sama-sama memberikan proteksi terhadap risiko kerugian finansial. Namun demikian, manfaat asuransi jiwa hanya bisa dirasakan oleh ahli waris sementara manfaat asuransi umum bisa dirasakan oleh tertanggung secara langsung.

Pada asuransi jiwa, hal yang ingin diproteksi adalah keuangan keluarga jika kepala keluarga sebagai pencari nafkah meninggal dunia. Adapun asuransi kerugian dimaksudkan untuk mengganti kerugian finansial akibat kerusakan dan kehilangan barang serta kerugian atau tidak diperolehnya keuntungan yang diharapkan. Karena itu, dalam asuransi kerugian, nilai pertanggungan maksimal sama dengan kerugian yang diderita tertanggung.

Jenis asuransi kerugian/umum bermacam-macam. Sepanjang risikonya tidak dikaitkan dengan jiwa manusia, maka itu dapat digolongkan sebagai asuransi umum / asuransi kerugian. Beberapa jenis Asuransi umum atau general insurance  di antaranya:

1. Asuransi Properti/kebakaran (Property/Fire Insurance)

Asuransi umum ini memberikan proteksi terhadap risiko terjadinya kebakaran. Asuransi properti ini memberikan jaminan perlindungan terhadap kerugian yang ditimbulkan atas properti dan isinya dari risiko  kebakaran yang disebabkan oleh nyala api secara tidak sengaja termasuk sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, serta asap yang disebabkan dari kebakaran.

Asuransi ini biasanya memiliki jaminan perluasan di antaranya kerusakan yang disebabkan bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, banjir, tsunami, huru hara dan lain-lain.

Asuransi ini cocok dimiliki oleh mereka yang memiliki rumah, gudang, ruko, atau aset tidak bergerak lainnya. Selain itu, asuransi kebakaran ini juga biasa dimiliki oleh para pebisnis untuk mengantisipasi risiko kebakaran yang melanda asetnya, seperti kantor, pabrik, tempat usaha, gudang hingga persediaan.

Asuransi Allianz Rumahku, Asuransi Allianz Apartemenku, Asuransi Allianz Usahaku merupakan contoh asuransi properti yang terdapat di Allianz.

2. Asuransi kendaraan bermotor (Vehicle Insurance)

Asuransi kendaraan bermotor merupakan jenis asuransi umum yang memberikan perlindungan berupa ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan pada kendaraan bermotor. Definisi kendaraan yang menjadi obyek tanggungan asuransi umum adalah kendaraan yang digerakan oleh motor, seperti mobil dan motor. Namun, kendaraan di sini tidak termasuk kendaraan yang tidak bernomor polisi.

Asuransi kendaraan bermotor saat ini bisa digolongkan lagi berdasarkan jenis proteksi yang ditawarkannya menjadi:

· Comprehensive

Memberikan perlindungan atas kerugian dan/atau kerusakan kendaraan bermotor dyang disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, dan pengangkutan dengan kapal penyeberangan.

· Total Loss Only (TLO)

Manfaat perlindungan ini hanya akan mengganti kerugian atau kerusakan kendaraan apabila kerusakan/kerugiannya sudah mencapai minimal 75% dari harga pasar kendaraan yang menjadi obyek tanggungan.

· Third party liability

Pada asuransi ini, perusahaan asuransi juga menyediakan manfaat berupa tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga. Misalnya, jika mobil Anda terlibat tabrakan dan menyebabkan mobil orang lain rusak, jika Anda memiliki asuransi kendaraan jenis third party liability, maka perusahaan asuransi akan menanggung ganti rugi kepada pihak ketiga yang terlibat tabrakan dengan mobil Anda.

Pada saat ini perusahaan asuransi juga menawarkan perluasan perlindungan dalam asuransi kendaraan motor. Perluasan perlindungan yang ditawarkan misalnya kerugian akibat aksi massa, huru-hara, kerusakan akibat bencana alam, menanggung biaya pengobatan akibat kecelakaan, santunan kematian jika tertanggung meninggal akibat kecelakaan, dan sebagainya.

Asuransi kendaraan bermotor perlu dimiliki oleh pemilik kendaraan yang membeli mobil atau motor dengan tunai maupun  kredit.

Asuransi Allianz Mobilku dan Asuransi Allianz Automobile Liability merupakan contoh asuransi kendaraan bermotor yang ada di Allianz.

3. Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)

Jenis asuransi umum keempat ini merupakan salah satu jenis asuransi yang berjangka waktu pendek, karena produk ini hanya akan memberikan manfaat perlindungan buat kita ketika sedang bepergian hingga kembali pulang.

Manfaat yang diberikan meliputi penanggungan biaya pengobatan jika terjadi kecelakaan pada pembeli premi selama dalam perjalanan, atau ketika sakit di tempat tujuan. Selain itu, juga ada manfaat perlindungan terhadap kehilangan barang, pembatalan, evakuasi medis hingga pengiriman jenazah kembali ke Indonesia.

Asuransi Perjalanan Allianz New Travel Pro Internasional, Asuransi Perjalanan Allianz New Travel pro Domestik dan Asuransi Perjalanan New Travel Pro Tahunan merupakan contoh asuransi perjalanan/travel insurance yang ada di Allianz.

4. Asuransi Kesehatan (Health Insurance)

Asuransi kesehatan ada yang termasuk di kategori asuransi umum dan ada juga yang termasuk di kategori asuransi jiwa. Asuransi kesehatan ini pada dasarnya adalah asuransi yang memberikan ganti rugi biaya saat si tertanggung dirawat inap di rumah sakit.

Asuransi Kesehatan Allianz Dana Kesehatanku merupakan contoh asuransi kesehatan (yang termasuk di dalam asuransi umum) yang ada di Allianz.

5. Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident Insurance)

Jenis asuransi umum ini memberikan perlindungan terhadap kerugian ekonomi yang dialami oleh tertanggung akibat kecelakaan. Ada santunan meninggal, cacat tetap dan pengobatan yang diakibatkan oleh kecelakaan.

Asuransi Kecelakaan Diri Allianz Personal Care dan Asuransi Kecelakaan Diri Kumpulan Allianz (Group Personal Accident) merupakan contoh asuransi kecelakaan diri yang ada di Allianz/

6. Asuransi pengangkutan (Marine Cargo insurance)

Jenis asuransi umum atau general insurance ini menawarkan pertanggungan atas risiko yang mungkin menimpa barang atau aset dalam perjalanan. Asuransi pengangkutan pada dasarnya memberikan proteksi terhadap risiko yang terjadi terhadap barang-barang yang dikirimkan melalui jalur laut, darat, dan udara.

Proteksi yang diberikan untuk mengantisipasi kerugian karena barang rusak, hilang, atau nilai ekonominya berkurang karena suatu peristiwa tertentu yang tidak dapat diprediksi. Asuransi pengangkutan ini perlu bagi Anda para pebisnis, baik yang memiliki barang atau memiliki usaha ekspedisi.

Asuransi pengangkutan Allianz Marine Cargo merupakan contoh asuransi pengangkutan yang ada di Allianz.

7. Asuransi rekayasa (Engineering Insurance)

Jenis asuransi umum atau general insurance ini bisa meminimalkan berbagai risiko yang muncul terkait dengan rekayasa. Manfaat perlindungan yang diberikan yaitu terhadap alat-alat konstruksi, peralatan elektronik, dan barang-barang teknikal lainnya saat sedang dilangsungkan proyek pembangunan atau pemasangan mesin. Ada dua aspek rekayasa yang dilindungi oleh asuransi rekayasa, yakni:

· Engineering proyek

Yaitu asuransi yang memberikan perlindungan terhadap aktivitas teknik dalam rangka membangun sesuatu.

· Engineering non-proyek

Yaitu asuransi yang memberikan perlindungan terhadap pengoperasian alat-alat engineering, seperti alat berat, mesin-mesin, dan sebagainya.

Asuransi rekayasa sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengerjakan proyek konstruksi atau mengoperasikan alat-alat rekayasa seperti mesin pabrik, alat berat di tambang, atau truk tidak bernomor polisi yang hanya beroperasi di dalam area perkebunan. Contoh asuransi rekayasa adalah machinery breakdown insurance, boiler and pressure vessel insurance, civil engineering insurance, dan lain-lain.

Asuransi Rekayasa Allianz merupakan contoh asuransi rekayasa yang ada di Allianz.

8. Asuransi lain-lain (Miscellaneous Insurance)

Selain produk-produk yang masuk ke dalam empat kategori di atas, ada jenis asuransi umum lainnya yang dikelompokkan ke dalam aneka asuransi lain-lain. Jenis yang tercakup dalam lini produk ini terbilang luas seperti liability insurance, asuransi kredit, asuransi tanggung gugat profesi dokter.

Asuransi profesi dokter Allianz merupakan contoh asuransi lain lain yang ada di Allianz. Di Allianz, kategori asuransi umum lain lain yang tersedia masih banyak sekali dan bisa diajukan sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda ingin mengasuransikan harta benda dan aset Anda dan jenis asuransi umum nya tidak termasuk ke dalam jenis yang telah disebutkan di atas tadi maka Anda dapat menghubungi kami dan menginformasikan mengenai kebutuhan akan asuransi umum yang Anda inginkan.

Setiap klaim di asuransi umum umumnya memiliki deductible (risiko sendiri), yakni nilai tertentu yang mengurangi pembayaran klaim. Deductible diberlakukan agar tertanggung hati-hati karena akan ikut menanggung kerugian jika ada klaim meskipun nilainya kecil. Tarif premi asuransi kerugian relatif lebih kecil dibandingkan dengan risiko yang dihadapi.

Nah, dari uraian di atas, mudah-mudahan Anda tidak lagi kesulitan mencari asuransi umum atau general insurance yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Percayakan kebutuhan akan perlindungan atas aset dan harta benda Anda hanya kepada asuransi umum Allianz.

pesan sekarang