Asuransi Kesehatan Seperti Apa yang Anda Cari, Semua Ada di Allianz

Dalam istilah asuransi, yang disebut dengan asuransi kesehatan adalah produk asuransi kesehatan baik individual maupun korporasi/ perusahaan yang fungsinya khusus dan hanya memberikan perlindungan kesehatan, terutama rawat inap rumah sakit kepada tertanggungnya.

Tertanggung di sini bisa saja individu maupun kumpulan (semua karyawan suatu perusahaan lengkap dengan istri dan anak dari karyawan tersebut). Namun secara lebih luas, fungsi ini tidak hanya terdapat pada produk asuransi kesehatan murni (asuransi kesehatan yang berdiri sendiri, yaitu asuransi kesehatan yang dapat dibeli tersendiri, dan bukan merupakan manfaat tambahan dari asuransi jiwa).

Asuransi jiwa pun sekarang mengikutsertakan jenis manfaat tambahan (rider) asuransi kesehatan di dalamnya. Masing-masing ada plus minusnya, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Untuk memudahkan, berikut ini saya ulas berbagai macam produk tersebut secara ringkas.

Sebelumnya saya perlu tegaskan kembali bahwa yang saya maksudkan asuransi kesahatan di sini adalah lebih pada manfaatnya, bukan jenis produknya, yakni agar jika sewaktu-waktu kita sakit biayanya ditanggung asuransi alias tak usah pusing memikirkan biaya rawat inap rumah sakit atau minimal fungsi askes ini dapat meringankan dari segi biaya pengobatan/ perawatan yang dilakukan di rumah sakit tersebut.

Berkenaan dengan hal ini, di Allianz, ada beberapa pilihan produk/fitur produk yang bisa Anda ambil, yaitu:

Pertama, SmartMed Premier. Saya menyebut produk ini sebagai “rajanya ASKES”. Sebab uang pertanggungannya tergolong paling besar jika dibandingan asuransi kesehatan jenis lain di provider asuransi mana pun. SmartMed Premier menanggung seluruh biaya rawat inap hingga limit 6 miliar rupiah per tahun. Kontrak asuransinya tahunan dan bisa diperpanjang jika memenuhi syarat. Jika menyertakan anggota keluarga lainnya akan mendapat diskon 5%.

agen asuransi allianz

Cara klaimnya ada 2 jenis: menggunakan kartu cashless ( di rumah sakit rekanan Allianz) dan sistem reimburse. Jika nasabah sudah memiliki asuransi kesehatan lain, maka berlaku koordinasi manfaat yang artinya jika di asuransi kesehatan lain, terjadi ekses klaim dimana tidak semua biaya dapat dicover oleh asuransi kesehatan lain tersebut, maka sisa biaya yang tidak tercover tersebut dapat ditanggung dan diganti oleh Smartmed Premier ini.

Baca juga :  Dirawat di Rumah Sakit, Tinggal Gesek saja Kartu Cashless Allianz

Kedua, Smarthealth Maxi Violet (Askes Allianz Non Syariah) dan Allisya Care (askes Allianz Syariah). Meskipun sama sama merupakan asuransi kesehatan murni (asuransi kesehatan yang berdiri sendiri, artinya dapat dibeli tersendiri dan terpisah dari asuransi jiwa) dari Allianz, manfaat dari produk askes ini berada di bawah SmartMed Premier.

Smarthealth Maxi Violet dan Allisya Care menanggung biaya rawat inap sesuai dengan ketentuan dan plafon yang telah ditentukan. Perbedaan utamanya dengan SmartMed premier adalah dari segi premi, kedua askes Allianz ini lebih murah, tapi biaya yang ditanggung dibatasi sesuai plafon tertentu (biaya rawat inap rumah sakitnya tidak ditanggung sesuai tagihan).

Kelebihan dari kedua asuransi kesehatan Allianz ini adalah kontrak asuransinya tahunan dan ada garansi perpanjangan, meskipun di tahun pertama misalnya sudah klaim, bahkan terkena penyakit kritis sekalipun. Selain itu biaya rawat inap yang ditanggung tidak ada limit per tahun nya. Jika menyertakan keluarga juga dapat diskon.

Cara klaimnya ada 2 jenis; menggunakan kartu cashless (di rumah sakit rekanan Allianz) dan reimburse. Jika nasabah sudah punya asuransi kesehatan dari perusahan lain maka berlaku koordinasi benefit sama halnya dengan Smartmed Premier.

Ketiga, Hospital and Surgical Care Plus atau yang sering disingkat HSC+. Jika SmartMed dan Allisya Care termasuk jenis asuransi kesehatan murni yang mandiri dan berdiri sendiri, berbeda halnya dengan HSC+. HSC+ adalah asuransi kesehatan/rawat inap yang nempel pada asuransi jiwa Allianz (Tapro Allianz).

Jadi untuk mengambil produk ini otomatis harus ambil asuransi jiwanya juga, meskipun dengan uang pertanggungan asuransi jiwa yang paling minimal sekalipun. Komponen biaya rawat inap yang ditanggung mirip dengan Smarthealth Maxi Violet dan Allisya Care, yaitu dibatasi sesuai dengan plafon yang telah ditentukan.

Bedanya dengan askes murni yang sebelumnya telah dibahas tadi terutama pada kontrak asuransinya yang flat, mengikuti asuransi jiwanya dengan maksimum usia pertanggungan sampai dengan usia 70 tahun. HSC+ tidak bisa diambil bersama anggota keluarga yang lain dalam satu polis sehingga setiap anggota keluarga harus ambil masing-masing.

Baca juga :  Ragam Asuransi Kesehatan Allianz untuk Pegawai Anda

Cara klaimnya ada 2 jenis; menggunakan kartu cashless ( di rumah sakit rekanan Allianz) dan reimburse. Jika nasabah sudah punya asuransi dari perusahaan lain maka berlaku koordinasi benefit (sama halnya dengan Smartmed Premier, Smarthealth Maxi Violet dan Allisya Care).

HSC+ merupakan satu satunya asuransi kesehatan Allianz yang menyediakan fasilitas kartu cashless dengan premi bulanan. Asuransi kesehatan Allianz yang lain seperti Smarthealth Maxi Violet, Allisya Care dan SmartMed Premier mensyaratkan pembayaran premi tahunan (SmartMed Premier bisa pembayaran semesteran atau tahunan untuk mendapatkan kartu cashless) untuk mendapatkan kartu cashless.

Keempat, Flexicare Family. Produk ini sama seperti HSC+, yaitu merupakan jenis asuransi kesehatan rawat inap yang nempel pada asuransi jiwa Allianz (Tapro Allianz) yaitu untuk mengambilnya harus ambil asuransi jiwanya juga.

sakit butuh uang

Pertanggungan dari Flexicare Family ini berbeda dengan asuransi kesehatan Allianz yang telah dibahas sebelumnya. Pertanggungannya ini berupa santunan uang tunai yang dibayarkan secara harian selama si tertanggung di rawat inap di rumah sakit dan juga terdapat santunan pembedahan dengan plafon tertentu.Bedanya lagi dengan HSC+ yaitu, Flexicare Family ini bisa bisa menyertakan anggota keluarga yang lain dalam 1 polis.

Cara klaimnya hanya dengan reimburse (Tidak tersedia cara cashless). Flexicare Family bisa double klaim dengan asuransi lain (jik a nasabah sudah melakukan klaim asuransi kesehatan dari perusahaan lain atau sudah melakukan klaim askes di  HSC+, Smartmed Premier, Smarthealth Maxi Violet dan Allisya Care, maka dia bisa juga melakukan klaim di Flexicare Family).

Kelima, asuransi penyakit kritis (critical ilness) Allianz baik CI, CI+ maupun CI 100. Di Allianz, untuk manfaat penyakit kritis, produk unggulannya adalah Ci100, yakni critical illness 100 (perlindungan atas 100 kondisi penyakit kritis) dan Ci+ yakni critical illness plus (perlindungan atas 49 kondisi penyakit kritis).

Mengapa CI+ masih tetap menjadi primadona/ produk unggulan Allianz meskipun saat ini sudah ada CI100 yang menanggung kondisi penyakit kritis yang lebih banyak (sampai dengan 100 kondisi penyakit kritis) dan jangka waktu pertanggungan yang paling panjang (sampai usia tertanggung mencapai 100 tahun) ? Bandingkan dengan CI+ yang hanya menanggung 49 kondisi penyakit kritis sampai dengan usia tertanggung mencapai 70 tahun.

Baca juga :  Klaim Askes Pakai Aplikasi Android atau IOS, Tidak Pakai Lama, 7 Hari Cair

Jawabannya adalah di survival period. Di CI 100, survival periodnya 7 hari sedangkan produk CI+ tidak ada survival period.

Silahkan bandingkan survival period di Allianz dengan di asuransi lain. Anda akan menemukan bahwa survival period di Allianz adalah yang tersingkat (di asuransi lain ada yang 14 hari bahkan ada yang sampai mencapai 30 hari.

Sama seperti HSC+ dan Flexicare Family, Ci 100 juga merupakan jenis asuransi kesehatan yang nempel pada asuransi jiwa sehingga untuk mengambilnya, anda wajib dan harus ambil asuransi jiwanya juga.

Berbeda dengan HSC+ dan flexicare family yang menanggung segala jenis penyakit asalkan rawat inap dengan ketentuan dan plafon tertentu. Ci100 hanya berlaku untuk jenis penyakit kritis saja sedangkan penyakit biasa tidak dicover.

Bedanya lagi Ci100 itu memberikan santunan uang tunai, bukan menanggung biaya selama anda dirawat di rumah sakit.

Cara klaimnya dengan mengajukan bukti diagnosa penyakit kritis dengan melampirkan beberapa kelengkapan administrasi yang dijelaskan dalam polis. Ci100 juga bisa double klaim, sama halnya seperti Flexicare Family.

Apabila Flexicare Family memberikan santunan harian selama anda dirawat inap di rumah sakit (maksimal Rp. 1,5 juga per malam), maka berbeda halnya dengan santunan yang diberikan oleh Ci100.

Saat terdiagnosa penyakit kritis tertentu, maka klaim yang diberikan adalah berupa santunan uang tunai dalam nominal yang sangat besar tergantung dari UP yang anda sepakati di awal pengambilan polis asuransi jiwa Allianz. Biasanya besaran UP nya mulai dari ratusan juga rupiah sampai dengan milyaran rupiah.

Demikian, semoga penjelasan ini dapat sedikit membantu bagi Anda yang sedang mencari asuransi kesehatan yang bagus dan murah. Penjelasan ini hanya secara singkatnya saja untuk memudahkan. Jika menginginkan penjelasan detailnya mengenai asuransi kesehatan yang terdapat di Allianz, anda dapat menghubungi saya.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...