Asuransi Perjalanan Melindungi Kehilangan Barang di Pesawat

Apakah asuransi perjalanan dapat melindungi kerugian finansial yang disebabkan oleh kehilangan  barang di pesawat? Jika di asuransi perjalanan Allianz maka jawabannya bisa karena fitur penggantian barang yang hilang ini memang dicover. Tentunya ada batas/limit maksimal dari nilai barang yang bisa di klaim.

Hal ini tergantung juga dari plan/paket yang dipilih apakah Premier, Deluxe atau Superior. Semakin tinggi paket yang dipilih maka semakin besar pula penggantian biaya yang bisa dicover oleh asuransi untuk kerugian yang diderita karena kehilangan barang tersebut.

Allianz travel insurance merupakan salah satu travel insurance terbaik yang telah banyak dipercaya oleh para pelancong/traveler dunia sehingga Anda tidak perlu merasa ragu lagi akan kredibilitas nya. Premi nya yang sangat terjangkau, manfaat proteksinya yang sangat beragam dan lengkap serta proses klaim nya yang mudah menjadikan asuransi asal Jerman ini sangat populer.

sakit butuh uang

Bagaimana perasaan Anda ketika mengalami kehilangan barang saat berada di perjalanan melalui pesawat? Kesal sudah pasti. Apalagi barang yang sangat berharga  dengan jumlah cukup besar. Tentu saja kita ingin barang yang hilang bisa ditemukan sesegera mungkin.

Nah, bagaimana seharusnya jika seseorang mengalami kehilangan barang di bagasi pesawat?  Yuk simak penjelasan berikut ini

Buat laporan kehilangan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda mengalami kehilangan barang adalah melaporkannya kepada petugas kehilangan bandara atau lost & found. Nantinya petugas tersebut akan membuatkan laporan kehilangan untuk Anda.

Cara melapor kehilangan barang bisa melalui saluran telepon maskapai jika dipastikan hilangnya di area pesawat. Jika hilang di area bandara maka prosedur yang bisa dijalankan adalah melapor dengan terlebih dahulu mengisi formulir.

Selain kehilangan barang, penumpang yang mengalami bagasi rusak pun bisa melapor. Pastikan terlebih dahulu sebelum meninggalkan aula kedatangan. Sebelum meninggalkan aula kedatangan Anda bisa membuat laporan ke bagian kehilangan untuk memperoleh bukti laporan kerusakan barang.

Baca juga :  Asuransi Perjalanan Allianz ke Hollywood

Nantinya, petugas bagian kehilangan akan memperbaiki bagasi Anda jika masih dalam kondisi bisa diperbaiki. Jika tidak, bagasi Anda akan diganti dengan yang baru. Jika pihak maskapai atau bandara tidak bertanggung jawab untuk mengganti kerusakan bagasi yang Anda derita maka Anda dapat mengajukan klaim ke asuransi perjalanan yang Anda miliki atas kerusakan yang Anda derita tersebut.

Namun apabila pihak maskapai atau bandara telah memenuhi tuntutan ganti rugi yang Anda ajukan maka Anda tidak bisa lagi melakukan klaim untuk kerusakan tersebut ke pihak asuransi. Karena dalam asuransi kerugian seperti asuransi perjalanan, tidak dikenal yang namanya dobel klaim.

Tunggu tindaklanjut dari maskapai

Setelah melaporkan barang yang hilang, Anda bisa menunggu tindak lanjut dari pihak maskapai. Biarkan pihak maskapai memproses laporan kehilangan Anda. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu di mana kemungkinan hilang barang Anda apakah di pesawat atau di area bandara.

Setiap barang yang hilang, tertinggal atau tertukar terutama di area Bandara, maka akan menjadi tanggung jawab pihak bandara. Sementara jika kehilangannya sudah di pesawat maka akan menjadi tanggung jawab maskapai.

Ajukan klaim

Persoalan kehilangan barang saat penerbangan sudah termaktub dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara atau Permenhub 77/2011. Dalam pasal 5 ayat 1 dijelaskan bahwa jumlah ganti rugi kerusakan barang bawaan milik penumpang yang hilang , rusak atau musnah terbagi ke dalam dua katagori.

Pertama, jika kehilangan bagasi atau isi bagasi dalam keadaan musnah, maka penumpang akan diberikan ganti kerugian sebesar Rp200.000 per kilogram dan paling banyak Rp4 juta per penumpang. Kedua, kerusakan bagasi tersebut akan digantikan kepada penumpang sesuai bentuk, jenis, dan merek barang yang hilang.

Baca juga :  Asuransi Perjalanan Allianz Melindungi Saat Anda Menjadi Korban Pencurian Saat Berada di Luar Negeri

Beli asuransi perjalanan Allianz

Siapa pun tentu tidak ingin mengalami peristiwa kehilangan barang saat dalam perjalanan. Namun, siapa pun juga tidak ada yang bisa memprediksi akan kejadian kehilangan tersebut. Jika bagasi Anda rusak atau hilang, maka pihak asuransi akan menggantinya dengan nilai yang setimpal. Bahkan manfaat lainnya seperti risiko kematian selama di perjalanan bisa ditanggung oleh pihak asuransi seperti untuk urusan pemulangan jenazah kembali ke Indonesia.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir kerugian selama perjalanan, maka ada baiknya jika Anda membeli asuransi perjalanan Allianz. Harga Premi asuransi perjalanan Allianz ini tergolong murah jika dibandingkan dengan total biaya perjalanan Anda atau kerugian finansial yang berpotensi bisa Anda derita jika Anda tidak memiliki asuransi perjalanan sama sekali dan Anda harus menanggung semua kerugian itu seorang diri.

Jika ditelusuri, ada banyak lagi manfaat dari asuransi perjalanan Allianz. Anda dapat memesan dan membeli asuransi perjalanan Allianz di sini. Tersedia asuransi perjalanan Allianz sekali jalan (single trip) dan asuransi perjalanan Allianz tahunan yang dapat Anda pilih.

Jika Anda sering bepergian dalam 1 tahun maka asuransi perjalanan Allianz tahunan dapat Anda pilih karena premi nya lebih murah dibandingkan jika Anda membeli asuransi perjalanan untuk setiap kali Anda bepergian.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...