Asuransi Profesi Dokter Allianz Wajib Dimiliki Semua Dokter di Indonesia

Setiap profesi yang dijalani oleh setiap orang pasti memiliki risiko, mulai dari risiko kecil hingga risiko besar bahkan sampai melibatkan pihak ketiga. Banyak  dari kita yang tidak sadar akan risiko-risiko dari profesi yang kita jalani. Padahal, risiko yang terjadi  dapat berakibat kerugian finansial hingga reputasi kita sendiri.

Oleh karena itu, supaya kita bisa menjalani profesi  yang penuh risiko dengan tenang, ada yang namanya asuransi profesi. Asuransi profesi yakni asuransi yang  melindungi aset kita terhadap tuntutan hukum dari pihak ketiga, yang disebabkan karena kelalaian kita dalam menjalankan aktifitas yang berhubungan dengan profesi kita.

Bahkan profesi sebagai dokter pun tidak bisa lepas dari risiko saat menjalani pekerjaannya sehari hari dalam menyembuhkan pasien. Padahal pekerjaan seorang dokter yang bisa menyembuhkan orang sakit, merupakan pekerjaan yang mulia sekali kan.

Namun bagaimana jika usaha sang dokter untuk menyembuhkan pasien dengan sepenuh hati malah berujung pada justru si dokter malah digugat balik oleh si pasien nya sendiri? Inilah alasan nya mengapa semua dokter yang menjalani praktek di Indonesia perlu membekali diri mereka dengan asuransi profesi dokter Allianz.

Salah satu profesi yang selalu berhubungan dengan risiko pihak ketiga adalah profesi dokter. Meski sudah berpengalaman, dan berusaha dengan sebaiknya untuk menyembuhkan, namun masih ada kemungkinan usaha itu gagal.

Tidak sedikit pasien yang menggugat dokter atau rumah sakit tempat ia berobat dengan dugaan malpraktek. Ketika hal ini terjadi banyak biaya yang akan ditanggung tergugat. Seperti membayar tuntutan kerugian,biaya pengacara pendamping, dan sebagainya.

Disinilah peran dari Asuransi Profesi dokter. Asuransi ini mengganti kerugian seorang dokter dari biaya-biaya yang mungkin timbul akibat kegagalan dari usahanya tersebut mendapat tuduhan malpraktek. Lingkup perlindungan asuransi profesi dokter diantaranya adalah:

  • Mengganti kerugian cedera fisik/mental/kematian dari pihak ketiga yang disebabkan malpraktek oleh dokter atau karyawannya
  • Penggantian terhadap biaya pengacara atau pengadilan, dimana secara hukum dokter  terbukti harus bertanggung jawab pada pihak ketiga (terbatas pada kasus perdata)
  • Menjamin kelalaian dokter saat bertugas di luar lingkup ruang praktek sehari-hari karena keadaan mendesak atau darurat
Baca juga :  Dokter Perlu Memiliki Asuransi Profesi Dokter Allianz

Di Indonesia, perusahaan asuransi masih  fokus pada perlindungan profesi dokter. Namun secara umum di beberapa negara lain, asuransi profesi yang tersedia sudah lebih beragam seperti  asuransi untuk profesi pengacara, arsitek, wartawan dan lain lain sehingga apapun profesi yang Anda jalani, bisa dilakukan dan dijalankan dengan tenang karena sudah di proteksi oleh asuransi.

Asuransi Profesi Dokter Allianz wajib dimiliki semua Dokter di Indonesia baik dokter yang sudah berpengalaman puluhan tahun maupun dokter dokter muda yang baru lulus dan baru mau terjun ke dunia kedokteran. Yang namanya manusia kadang kala tidak bisa luput juga dari kesalahan. Termasuk juga seorang dokter dalam menjalani pekerjaan kesehariannya.

Jangan pernah memiliki persepsi bahwa seorang dokter yang sangat berpengalaman tidak pernah luput dari kesalahan. Kadangkala ada banyak faktor yang dapat menimbulkan hal hal kesalahan semacam itu.

Namanya juga manusia biasa. Ingat loh, dokter itu juga manusia, bukan dewa atau jin. Jadi sudah pasti bisa saja berbuat kesalahan secara tidak sengaja. Dan sebagai sesama manusia, kita perlu memakluminya karena kita sebagai manusia juga terkadang bisa berbuat kesalahan yang tidak kita sengaja.

Sebagai contoh, dokter yang jam terbangnya tinggi sehingga jam istirahatnya kurang sehingga mempengaruhi konsentrasi dan ketelitiannya saat menyembuhkan pasien. Jadi dalam hal ini, bisa saja terjadi ketidak sengajaan yang mengakibatkan kerugian bagi pihak ketiga yaitu si pasien sehingga mereka akhirnya menggugat balik si dokter. B

agaimana dengan dokter baru lulus dan belum berpengalaman dan belum memiliki jam terbang yang tinggi? Wah, kalau dokter yang ini sudah pasti memerlukan asuransi profesi dokter dari Allianz ini. Tidak dapat ditawar lagi itu sih. Profesi dokter Anda sebagai jaminannya.

Baca juga :  Asuransi Profesi Dokter Spesialis Bedah Mulut Allianz

Bisa bisa cita cita dan mimpi Anda sebagai dokter kandas seketika itu juga apabila Anda menghadapi masalah tuntutan seperti itu di saat Anda baru awal menjalani profesi Anda yang baru ini. Dan yang parahnya lagi, Anda tidak membekali diri Anda dengan asuransi profesi dokter Allianz. Itu ibaratnya sudah jatuh, tertimpa tangga pula.

Sudah kuliah dokter mahal mahal, uang dari hasil praktek dokter juga belum balik modal untuk membayar biaya sekolah dokter, eeehh sekarang malah harus keluar uang pribadi lagi untuk bayar ganti rugi. Apes deh. Bisa bisa langsung tamat karir Anda dan langsung tutup tempat praktek Anda saat itu juga karena gak kuat bayar ganti rugi.

Coba kalau Anda cukup cerdas untuk memiliki asuransi profesi Dokter sejak dini. Kalau bisa sejak Anda baru menjalani praktek dokter di hari pertama Anda. Anda pastinya akan merasa tenang dan tentram dalam bekerja.

Namun bukan berarti setelah memiliki asuransi ini, Anda jadi malah boleh bersikap ceroboh dan tidak memberikan pengobatan yang terbaik buat pasien Anda ya. Ingat, sebagai dokter Anda kan telah di sumpah untuk selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien pasien Anda.

Terlebih lagi, Anda tentu ingin menjaga reputasi Anda sebagai seorang dokter kan. Anda pastinya juga gak mau dikenal sebagai dokter yang mengobati pasien nya secara asal asal an bukan karena mentang mentang sudah di back up oleh asuransi.

Kesimpulannya, dengan membekali diri melalui asuransi profesi dokter, Anda dapat menjalankan profesi yang mulia ini dengan perasaan yang lebih tenang. Premi asuransi profesi dokter Allianz ini dibayar secara tahunan.

Besaran premi nya tergantung dari spesialisasi profesi dokter yang Anda jalani. Untuk profesi dokter spesialis tertentu, premi nya tentu lebih tinggi dilihat dari risiko yang dihadapi nya juga. Contoh dokter ahli bedah, dokter ahli kandungan. Sedangkan untuk profesi dokter umum, biasanya preminya paling murah.

sakit butuh uang
Baca juga :  Asuransi Profesi Dokter Umum Allianz

Namun untuk premi nya sendiri, bagaimanpun jika dihitung jatuh nya masih murah kok untuk ukuran pendapatan yang bisa diperoleh oleh seorang dokter dalam sehari. Jika di hitung hitung, pendapatan seorang dokter dalam sehari atau beberapa hari sudah mencukupi untuk membayar premi 1 tahun dari asuransi profesi dokter Allianz ini.

Oleh sebab itu, jangan lah ragu. Berani melangkah untuk menjalani profesi yang mulia ini sesuai dengan panggilan hidup Anda. Kami bersama Anda.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...