Dokumen Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Mengajukan Klaim Asuransi Allianz

Saat mengajukan klaim di asuransi Allianz maupun di asuransi manapun, tidak ada yang dilakukan secara lisan dengan cara menelelpon langsung ke perusahaan asuransi dan memaparkan secara lisan tentang risiko yang Anda alami.

Karena semua informasi terkait klaim harus tercatat secara tertulis dan mesti ada pendukung yang membuktikan bahwa Anda memang benar benar terkena musibah tersebut sehingga memenuhi syarat untuk mengajukan klaim asuransi tersebut makanya diperlukan sejumlah dokumen.

Dokumen yang diperlukan juga berbeda beda antara klaim asuransi yang satu dengan klaim asuransi yang lain. Misal nya untuk klaim asuransi jiwa Allianz tentu dokumen yang diperlukan berbeda dengan dokumen yang dibutuhkan untuk klaim reimbursement biaya rawat inap di rumah sakit.

Begitu juga dokumen untuk klaim asuransi cacat tetap total Allianz tentu berbeda dengan dokumen yang diperlukan untuk klaim asuransi penyakit kritis Allianz. Bagaimana proses pengajuan klaim asuransi jiwa di Allianz? Apa saja persyaratan yang harus dilengkapi? Simak informasi berikut ini.

Bagaimana proses pengajuan klaim asuransi jiwa Allianz?

Pada dasarnya semua klaim asuransi jiwa Allianz maupun asuransi kesehatan Allianz memiliki proses yang sama, yaitu menyiapkan formulir pengajuan klaim, surat keterangan dokter dan dokumen penunjang diagnosa dokter. Setelah itu, seluruh dokumen dikirimkan ke perusahaan asuransi Allianz untuk diverifikasi. Apabila data sudah lengkap, perusahaan asuransi Allianz akan melakukan analisis atas klaim Anda.

Pada umumnya di perusahaan asuransi lain prosedur dan alur klaimnya juga hampir mirip, hanya saja kalau di Allianz prosesnya lebih simpel dan sederhana. Tidak ada yang namanya proses klaim yang berbelit belit. Semuanya sudah dijelaskan alurnya dengan sangat detail dan komplit sehingga mudah untuk diikuti.

Baca juga :  2 Prilaku Calon Nasabah dalam Memandang Asuransi

Untuk pengajuan klaim meninggal dunia, harus dilihat dari jenis klaimnya meninggal dunianya, apakah karena kecelakaan, cacat atau penyakit kritis. Meskipun proses pengajuan klaimnya sama, masing-masing klaim membutuhkan kelengkapan dokumen pendukung pengajuan klaim yang berbeda. Proses pengajuan klaim bisa dilakukan jika dokumen tersebut sudah Anda persiapkan sebelumnya.

Bagaimana detail penjelasan tentang kelengkapan dokumen dari masing-masing penyebab klaim dalam asuransi jiwa Allianz?

Klaim meninggal dunia dan meninggal karena kecelakaan

Dalam pengajuan klaim meninggal dunia, pada umumnya diperlukan beberapa dokumen penunjang yang perlu Anda perlu siapkan, seperti :

Polis asli, fotocopy identitas Tetanggung, Pemegang Polis dan juga ahli waris, surat kematian resmi yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit atau dokter, akte kematian, formulir klaim meninggal dunia yang diisi oleh dokter, formulir pemberitahuan nomor rekening bank, surat kuasa isi rekam medis, buku polis asli, fotokopi KTP, apabila karena kecelakaan perlu melampirkan surat BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dari kepolisian, dan dokumen lain yang menunjang jika diperlukan.

Klaim penyakit kritis

Apabila Anda mengajukan klaim atas penyakit kritis, selain menyiapkan formulir pengajuan klaim penyakit kritis, Anda juga perlu melengkapi formulir pemberitahuan nomor rekening bank, surat kuasa isi rekam medis, fotokopi KTP dan surat keterangan dokter atas penyakit kritis yang Anda derita. Namun masih dimungkinkan diperlukan  dokumen penunjang lain sesuai kondisi penyakit kritis yang diajukan seperti copy hasil pemeriksaan dan penunjang diagnostik.

Klaim cacat tetap total atau cacat tetap sebagian

Formulir yang harus disiapkan dalam klaim cacat adalah formulir klaim cacat yang diisi oleh pemegang polis, formulir klaim cacat yang diisi oleh dokter, formulir pemberitahuan nomor rekening bank, fotokopi KTP dan surat kuasa isi rekam medis. Apabila cacat karena kecelakaan perlu melampirkan surat BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dari kepolisian. Selain dokumen-dokumen tersebut, masih dimungkinkan diperlukan  dokumen penunjang lain sesuai kondisi cacat yang diajukan.

sakit butuh uang
Baca juga :  Jumlah Premi dan Uang Pertanggungan, Menjadi Pertimbangan Sebelum Membeli Asuransi

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses diversifikasi dan analisis hingga keputusan perusahaan asuransi dalam membayar klaim?

Proses verifikasi dan analisis hingga keputusan perusahaan asuransi dalam membayar klaim memiliki waktu yang berbeda-beda. Mulai dari 7 hari kerja hingga 14 hari kerja semua tergantung oleh kebijakan dari perusahaan asuransi masing-masing.

Namun, yang perlu menjadi perhatian bahwa proses klaim baru dapat dilakukan setelah perusahaan asuransi menerima seluruh dokumen yang disyaratkan dalam pengajuan klaim. Pada kasus tertentu dimungkinkan untuk dilakukan verifikasi/investigasi yang memerlukan waktu lebih dari 14 hari bahkan sampai 60 hari ketika ditemukan data yang perlu diverifikasi lebih lanjut.

Sudah tahukan cara melakukan klaim di asuransi Allianz ? Bagi Anda yang mendaftar menjadi peserta asuransi Allianz di sini, maka Anda dapat berkonsultasi kepada kami kapanpun pada saat terjadi musibah dan Anda ingin mengajukan klaim. Fasilitas ini hanya eksklusif kami sediakan bagi Anda yang mendaftar di sini.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...