previous arrow
next arrow
Slider

Stadion Allianz Arena di Munchen, Jerman

allianz arena

Stadion Allianz Arena merupakan stadion terbesar ke-10 di Eropa, yang juga terbesar kedua di Jerman. Stadion ini menjadi kandang Bayern Munich dan TSV 1860 Munich. Stadion ini terletak di 25 Wener Heisenberg-Allee dan memiliki julukan “Schulauchboot” (perahu karet).

Allianz Arena mulai dibangun pada 21 Oktober 2002 dan secara resmi dibuka pada 30 Mei 2005. Biaya pembangunannya mencapai 340 juta euro.

Arsitek stadion Allianz Arena merupakan arsitek kelas dunia asal Swiss, Herzog and de Meuron. Firma arsitektur yang didirikan tahun 1978 sudah punya reputasi internasional yang bagus. Herzog sudah mengantongi penghargaan prestisius di bidang arsitektur, yaitu Pritzker Awards tahun 2001.

Selain Allianz Arena, arsitek Swiss itu juga menangani Gedung Forum Budaya Universal di Barcelona, Tate Modern Bankside London, Stadion Nasional Beijing, dan Taman St Jacob Stadion di Bassel.

Sedangkan untuk semua aspek pembangunan Allianz Arena, bagian manajemen proyek, dan rekayasa teknologi dikerjakan oleh Arup, sebuah firma level dunia yang bermarkas di London Inggris. Sejak tahun 2002 pembangunan konstruksi Allianz Arena dimulai dan selesai tiga tahun kemudian.

Laga pertama yang di pertandingkan di stadion ini yaitu laga 1860 Munich kontra FC Nurnberg pada 30 Mei 2005. Sehari setelah laga persahabatan tersebut, Allianz Arena kembali menyelenggarakan pertandingan antara FC Bayern dengan timnas Jerman.

dalam stadion allianz arena

Stadion Allianz Arena pertama kali menjadi tempat penyelenggara final Liga Champions pada musim 2011-2012. Pada kompetisi tersebut sang tuan rumah Bayern takluk dari klub asal Inggris, Chelsea melalui drama adu penalti dengan skor 3-5. Pertandingan level internasional tertinggi yang pernah digelar adalah semi final Piala Dunia 2006, mempertemukan Portugal melawan Prancis.

Allianz Arena juga pernah menjadi salah satu tempat pertandingan Piala Dunia 2006. Antara lain, pertandingan pembukaan antara Jerman dan Kosta Rika (4-2) dan semi final antara Prancis dan Portugal (1-0).

FC Bayern Munich dan TSV 1860 Munich menggunakan stadion ini sebagai stadion kandang mereka. Pada Juli 2017, kontrak sewa TSV 1860 Munich dihentikan, membuat Bayern menjadi satu-satunya klub yang menghuni Allianz Arena.

Stadion Allianz Arena ini telah melakukan 4 kali pelebaran pada 2006, 2012, 2013 dan 2015, sejak stadion ini resmi dibuka. Sampai saat ini, kapasitas maksimal stadion ini mencapai 75,000 penonton, dengan 106 boks eksekutif.

Jarak antara tepi lapangan dan deretan kursi baris paling depan hanya enam meter dari sisi lapangan dan delapan meter di belakang gawang. Allianz Arena menggunakan rumput Powerturf dan dikembangkan secara khusus dari tiga jenis rumput berbeda yang lebar, sehingga dapat tumbuh dengan baik di tempat teduh.

Rumput tersebut juga tahan dengan intensitas pemakaian yang tinggi. Kursi stadion Allianz Arena juga memiliki rancangan yang unik dan sama.

Atap stadion ini memiliki built-in roller blinds yang bisa diatur untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari. Lapisan paling luar dari stadion ini memiliki 1056 panel yang bebentuk belah ketupat. Panel tersebut dapat menyala dalam warna yang berbeda. Setiap pertandingan kandang Bayern, panel tersebut berganti warna menjadi merah.

eksterior allianz arena

Panel tersebut akan berganti warna menjadi biru jika TSV 1860 Munich melakoni laga kandang di stadion tersebut dan akan menjadi berwarna putih jika timnas Jerman yang bermain. Pada malam hari yang cerah, stadion dapat dengan mudah terlihat bahkan dari puncak gunung Austria. Stadion ini menjadi stadion pertama di dunia dengan warna eksterior yang bisa berubah.

Struktur Allianz Arena

Stadion ini dirancang sedemikian rupa sehingga pintu masuk utama ke stadion adalah dari area lapang yang ditinggikan secara perlahan dari ruang parkir yang terdiri dari tempat parkir bawah tanah terbesar di Eropa. Atap stadion yang memukau dengan memberikan perlindungan penonton dari matahari selama pemainan. Karena atap memiliki built-in roller blinds yang dapat dimajukan dan ditarik.

allianz-arena-map

Asuransi Allianz sebagai Sponsor Stadion Allianz Arena

Allianz merupakan perusahaan asuransi dan keuangan yang bermarkas di Munich yang juga menjadi sponsor utama pembangunan stadion Allianz Arena. Dengan begitu nama Allianz diambil dari nama sponsor utama tersebut.

fasilitas allianz arena

beli asuransi allianz