Fund Investasi Allianz, Asuransi Sekaligus Investasi

Ada alternatif fund investasi apa saja di asuransi jiwa Tapro Allianz? Bagaimana Cara Memilih Fund Investasi yang Tepat? Beberapa orang menginginkan manfaat ganda dari asuransi yang tidak hanya memberikan perlindungan jiwa, tetapi juga memberikan hasil investasi di akhir periode perlindungan.

Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan hadirnya produk asuransi unitlink dengan biaya premi yang terjangkau. Namun, fungsi utama unit link tetap perlindungan atas risiko meninggal dunia, sementara manfaat investasi adalah tambahan pengembangan dana yang kita miliki.

investasi di asuransi allianzPada umumnya produk unit link, pada tahun-tahun pertama, manfaat investasi belum dapat dirasakan. Karena dana yang disetorkan belum 100% dialokasikan di investasi, melainkan adanya biaya untuk alokasi asuransi.

sakit butuh uang

Yang perlu diketahui adalah imbal hasil investasi pada produk unit link tidak dijamin oleh perusahaan asuransi (tidak hanya di asuransi tetapi di perusahaan investasi seperti reksadana, imbal hasil/return investasi juga tidak dijamin), tetapi semua tergantung dengan kondisi pasar ekonomi.

Yang dijamin dalam produk asuransi adalah Uang Pertanggungan. Jadi saat anda memutuskan untuk membeli asuransi misalnya asuransi jiwa, jangan bertanya tentang berapa besar hasil investasi yang dapat dihasilkan dari asuransi tersebut, tetapi tanyakanlah berapa uang pertanggungan atau santunan yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi kepada nasabah nya yang terkena kemalangan contoh saat meninggal dunia, sakit kritis, cacat tetap total atau meninggal karena kecelakaan.

Karena yang namanya uang pertanggungan atau santunan ini, nominalnya itu dijamin oleh perusahaan asuransi. Sekali lagi saya katakan. Uang pertanggungan atau santunan itu dijamin nilainya. Jadi saat anda ingin ikut asuransi, carilah asuransi yang memberikan Uang Pertanggungan yang besar dengan premi yang terjangkau.

Jangan malah bertanya berapa hasil investasinya, berapa uang saya jika setelah sekian tahun, kapan uang saya bisa ditarik. Ingat, fungsi utama asuransi adalah memerikan proteksi/perlindungan finansial di saat suatu kemalangan terjadi atas diri anda. Jika anda bertujuan mengembangkan dana anda, bukan di asuransi tempatnya. Tetapi anda bisa coba di investasi saham.

Sedangkan hasil investasi itu jumlah nominalnya tidak dijamin. Jadi jika kondisi ekonomi sedang bagus, kemungkinan hasil investasi juga akan menunjukkan hasil yang menggembirakan. Sedangkan jika keadaan ekonomi sedang lesu, mungkin dampaknya hasil/return investasi juga tidak terlalu bagus.

Baca juga :  Alasan Ikut Asuransi

Tidak hanya di perusahaan asuransi, di perusahaan investasi pun seperti halnya perusahaan manajer investasi, perusahaan reksadana, mutual fund, hedge fund, atau sekuritas yang mengurus dana nasabah untuk dikelola oleh para manajer investasi, yang namanya investasi itu nilainya tidak dijamin. Hal ini tidak hanya berlaku di Indonesia tapi juga berlaku di seluruh dunia, dimana pun.

Jika ada institusi, individu atau pihak yang berani mengklaim bahwa mereka mampu mengembangkan dana anda dan dapat menjamin memberikan return/ imbal hasil yang pasti terhadap dana yang anda investasikan, anda kudu berhati hati. Biasanya yang seperti itu adalah ciri ciri investasi bodong. Pasti anda sudah sering mendengar kan investasi semacam hyip, emas (golden traders), triple M dan sebagainya dimana anda menanamkan dana anda dan berharap mendapatkan return tinggi yang tidak wajar dalam jangka waktu tertentu.

Namun ujung2 nya malah scam alias anda ditipu, dana anda dibawa lari oleh pemiliknya. Setelah 1-2 tahun kemudia, nanti muncul lagi yang seperti itu, padahal pemiliknya ya itu itu saja orangnya atau orangnya sama, cuma kali ini dia hadir kembali dengan mengusung nama perusahaan yang berbeda. Jadi berhati hatilah. Beli saja asuransi. Itu sudah paling aman. Uang Pertanggungan itu dijamin akan cair.

Namun tentu saja anda juga perlu berhati hati dalam memilih perusahaan asuransi. Pilihlah perusahaan asuransi yang besar dan kuat secara finansial dan kredibilitasnya tidak diragukan lagi, tidak hanya di Indonesia namun juga di kancah Internasional. Siapa sih yang tidak kenal dengan perusahaan Allianz? Seluruh manusia di muka bumi ini, tahu dan mengenal Allianz sebagai perusahaan asuransi yang terbesar di dunia.

Baca disini jika ingin tahu tentang perusahaan Allianz.

agen asuransi allianz

Saat membeli asuransi jiwa unit link, kadang kita bingung untuk menentukan fund investasi apa yang tepat untuk kita. Untuk dapat memudahkan kita memilih fund yang tepat maka kita dapat mencari tahu profil risiko kita. Apakah kita termasuk profil yang konservatif yang cenderung memilih produk unitlink dengan risiko investasi rendah (seperti deposito, atau reksadana pasar uang)?

Termasuk dalam profil risiko moderat yang mendampakan hasil investasi yang lebih tinggi, tetapi masih ragu-ragu dalam mengambil risiko? Atau bahkan, masuk dalam kategori profil risiko agresif yang lebih siap menghadapi segala kemungkinan pengurangan nilai pokok investasi untuk mendapatkan hasil investasi yang lebih tinggi dengan memilih produk invetasi berisiko tinggi seperti halnya saham?

Baca juga :  Cara Mendaftar dan Membeli Polis Asuransi Allianz

Setelah mengetahui profil risiko kita, baru kita bisa menentukan fund yang tepat. Secara umum, terdapat empat jenis fund yang ditawarkan, mulai dari Jenis Pasar Uang (Money Market Fund), yang menempatkan investasi pada instrument pasar uang seperti deposito, yang cocok untuk profil risiko konservatif, Jenis Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund) yang menempatkan dana diobligasi dan Jenis Campuran (Managed Fund) yang menempatkan investasi pada saham dan obligasi, yang cocok untuk profil risiko moderat, serta Jenis Saham (Equity Fund) yang menempatkan investasi di saham, yang cocok untuk nasabah profil risiko agresif.

Pilihan Instrumen Fund/Dana Investasi di Asuransi Jiwa Tapro Allianz Konvensional (Smartlink Flexi Account Plus)

1. Smartlink Rupiah Money Market Fund
Menawarkan perlindungan nilai pokok dan mempertahankan likuiditas dengan menyediakan pendapatan tetap melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah, diinvestasikan ke dalam instrument jangka pendek yang berkualitas tinggi seperti deposito, SBI atau reksadana pasar uang, dan obligasi di bawah 1 tahun. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi dengan risiko rendah.

2. Smartlink Rupiah Fixed Income Fund
Menawarkan pendapatan yang stabil dengan menaga modal untuk jangka panjang melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah, diinvestasikan ke dalam instrument jangka menengah dan panjang seperti reksadana pendapatan tetap dan obligasi. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi dengan risiko rendah hingga sedang.

3. Smartlink Rupiah Balanced Fund

Menawarkan pertumbuhan modal jangka panjang dengan menghasilkan pendapatan yang stabil melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah, diinvestasikan ke dalam instrumen jangka menengah dan panjang seperti reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, obligasi dan saham. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi dengan risiko sedang dan risiko tinggi.

4. Smartlink Rupiah Equity Fund

Menawarkan hasil investasi maksimal melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah. Untuk mencapai tujuan investasi maka dana ini diinvestasikan ke dalam instrumen jangka panjang seperti saham baik secara langsung atau melalui reksadana saham. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi dengan risiko tinggi.

Baca juga :  Tidak Apa apa Kecanduan Kafein Asalkan sudah Menjadi Peserta Asuransi Tapro Allianz

5. Smartlink Rupiah Balanced Plus Fund

Menawarkan pertumbuhan modal dengan profil risiko sedikit lebih agresif daripada Smartlink Rupiah Balanced Fund untuk jangka panjang dengan menghasilkan pendapatan yang stabil melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah, diinvestasikan ke dalam instrument-instrumen jangka menengah dan panjang seperti reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, obligasi dan saham.

Pilihan Instrumen Fund/Dana Investasi di Asuransi Jiwa Tapro Allianz Syariah (Allisya Protection Plus)

1. Allisya Rupiah Equity Fund

Menawarkan hasil investasi maksimal melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah. Untuk mencapai tujuan investasi maka dana ini diinvestasikan ke dalam instrumen jangka panjang seperti saham baik secara langsung atau melalui reksadana saham sesuai prinsip syariah. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi dengan risiko tinggi.

2. Allisya Rupiah Balanced Fund

Menawarkan pertumbuhan modal jangka panjang dengan menghasilkan pendapatan yang stabil melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah, diinvestasikan ke dalam instrumen jangka menengah dan panjang seperti reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, sukuk dan saham sesuai prinsip syariah. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi dengan risiko sedang dan risiko tinggi.

3. Allisya Rupiah Fixed Income Fund

Menawarkan pendapatan yang stabil dengan menaga modal untuk jangka panjang melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah, diinvestasikan ke dalam instrumen jangka menengah dan panjang seperti reksadana pendapatan tetap dan sukuk sesuai prinsip syariah. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi dengan risiko rendah hingga sedang.

Sedangkan untuk produk Asuransi jiwa Tapro Allianz Konvensional dalam mata uang USD (Dollar US), instrument fund/dana investasi yang tersedia adalah :

Smartlink Dollar Managed Fund

Menawarkan pendapatan yang stabil dengan menaga modal untuk jangka panjang melalui penempatan dana dalam mata uang US Dollar, diinvestasikan ke dalam instrumen jangka menengah dan panjang seperti reksadana pendapatan tetap dan obligasi. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi dengan risiko rendah hingga sedang.

Alokasi Investasi di Asuransi Jiwa Tapro Allianz
Tahun pertama: 25%
Tahun kedua: 60%
Tahun ketiga: 85%
Tahun keempat: 92,5%
Tahun kelima: 92,5%
Tahun keenam dan seterusnya: 105,26%

Untuk melihat laporan perkembangan unit link Allianz tahun 2015, dapat dilihat di sini.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...