Hidup Tanpa Asuransi Bisa Membuat Anda Jatuh Dalam Riba

Benarkah jika anda tidak memiliki asuransi berarti hidup anda akan terbebas dari riba selama lama nya? Salah satu alasan yang paling ditakuti umat Muslim ketika diperkenalkan dengan yang namanya produk asuransi adalah karena ada ribanya. Dan yang lebih menyeramkan lagi, dosa riba itu ada 70 tingkatan dan tingkatan terendahnya setara dengan dosa seorang lelaki yang menikahi ibunya sendiri.

Dan ini bukanlah hal sepele. Itulah sebabnya Allianz membentuk sebuah unit bisnis yang khusus menangani asuransi berbasis Syariah (Allisya). Bukan hanya sekedar nama namun dengan konsep pendirian yang sangat jauh berbeda. Asuransi Allianz Syariah menganut konsep risk sharing bukan risk transfering, artinya ketika kita mengambil program ini maka setiap resiko yang terjadi akan ditanggung bersama oleh seluruh peserta bukan dialihkan ke perusahaan.

Selain itu, tempat pengelolaan dana dan alokasi penempatan dana juga berbeda. Dan yang luar biasanya lagi, Asuransi Allianz Syariah kembali menerima penghargaan sebagai asuransi Syariah terbaik di 2016, setelah di tahun tahun sebelumnya juga telah menerima penghargaan yang sama.

asuransi allianz syariah terbaik

Dan perlu dicatat bahwa Allianz Syariah tunduk pada fatwa DSN MUI yang mengatur tentang pedoman umum asuransi syariah, akad-akad yang bisa digunakan dalam asuransi syariah dan semua yang berkaitan dengan asuransi syariah.

Dimana asuransi syariah (Ta’min, takaful, tadhamun) adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.

asuransi syariah allianz terbaik

Seperti fatwa DSN MUI NO: 21/DSN-MUI/X/2001 tentang pedoman umum asuransi syariah, fatwa DSN MUI NO: 52/DSN-MUI/III/2006 tentang akad wakalah bil ujrah pada asuransi syari’ah dan reasuransi syari’ah.

Baca juga :  Berbagi Dan Saling Menjaga lewat Asuransi Allianz Syariah

Apakah Anda meragukan kredibilitas DSN MUI?

Asuransi itu Riba! Saya tidak mau ikut sekalipun itu Tapro Syariah (Tapro Allisya) dari Allianz.

Cobalah Anda renungkan tulisan di bawah ini yang saya kutip dari Pak Asep Sopyan, seorang Senior Business Partner dari Allianz.

Ada orang yang tidak mau berasuransi karena takut terlibat riba. Tapi dengan menolak asuransi, justru dia bisa jatuh ke dalam riba. Bagaimana bisa?

Jika seseorang mengalami sakit sehingga harus dirawat di rumah sakit, dia butuh uang untuk biaya perawatan. Kita tahu, sakit bisa datang tiba-tiba dan belum tentu yang bersangkutan sudah siap biayanya. Kita pun tahu tagihan RS tidak bisa diutang atau ditunda. Jika saat itu orang yang sakit tidak punya uang, atau punya uang tapi tidak cukup, apa yang dia lakukan?

Langkah pertama yang terpikir biasanya adalah pinjam. Jika dia punya kerabat yang kaya dan baik hati, dia beruntung. Tapi jika kerabat yang kaya dan baik hati tidak ada, dia akan terpaksa pinjam ke siapa pun yang bisa meminjaminya uang, walaupun ada bunganya. Dan pinjaman yang paling mudah cair adalah menjaminkan BPKB ke rentenir (1 jam cair) atau KTA (kredit tanpa agunan, 2 hari cair). Ada yang lebih cepat lagi yaitu gesek kartu kredit, tapi orang yang menolak asuransi dengan alasan riba rasa-rasanya tidak mungkin punya kartu kredit.

Dalam kondisi terpaksa seperti ini, jatuhlah orang itu ke dalam riba, sesuatu yang tadinya ingin dia hindari. Padahal kalau dia punya asuransi kesehatan, hal semacam ini tidak perlu terjadi.

Itu baru musibah sakit biasa yang biayanya belum seberapa dan masih memungkinkan untuk pinjam uang. Ada beberapa musibah lagi yang biayanya lebih besar, sehingga bahkan untuk pinjam pun bisa jadi tidak memungkinkan. Contoh: sakit kritis semacam kanker, butuh biaya ratusan juta. Dalam keadaan sehat pun pinjam ratusan juta tidak mudah, apalagi dalam kondisi sakit.

Nah, dalam hal ini asuransi kesehatan dan asuransi penyakit kritis bisa menjadi solusi. Dan jangan lupa ada juga musibah kecelakaan, cacat, dan meninggal yang semuanya butuh biaya. Jadi, siapkan juga asuransinya supaya kita terhindar dari bencana keuangan yang parah plus utang berbunga alias riba.

Nah, lalu apakah Hidup tanpa memiliki asuransi dapat menjauhkan anda dari riba? Kurasa sebaliknya Hidup tanpa Asuransi semakin mendekatkan anda kepada Riba.

sakit butuh uang
Baca juga :  Memahami Konsep Asuransi Syariah
asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...