virus corona asuransi allianz travel insurance cepat

Jangan Biasakan Telat Membayar Premi Asuransi Allianz

Setiap nasabah yang telah memiliki asuransi Allianz Tapro tentunya akan ada yang namanya premi asuransi Allianz. Premi asuransi merupakan pembayaran yang wajib Anda bayarkan secara berkala kepada perusahaan asuransi selama Anda menjadi nasabah/peserta asuransi.

sakit butuh uang

Sebagai salah satu syarat penerbitan dan berlakunya polis, Anda wajib membayar premi. Pembayaran asuransi jiwa Allianz Tapro dilakukan dimuka secara penuh dan berkala bisa setiap bulan, setiap kuartal, setiap semester atau setiap tahun tergantung mana frekuensi pembayaran premi yang Anda pilih.

Jadi selalu usahakan agar Anda tepat waktu membayar premi asuransi. Jika karena satu dan lain hal Anda telat membayar premi, Anda diberikan keleluasaan waktu selama 30 hari kalender sejak tanggal jatuh tempo (grace periode). Jadi, usahakanlah agar keterlambatan pembayaran premi ini tidak lebih dari 30 hari setelah jatuh tempo karena jika lewat maka polis asuransi Anda akan lapse/mati. Saat polis lapse maka segala risiko yang terjadi pada Anda tidak akan dicover oleh asuransi.

Lebih parahnya lagi apabila polis lapse maka untuk beberapa fitur di asuransi Allianz tapro yang memiliki masa tunggu maka akan membuat masa tunggu itu menjadi ulang/reset kembali sehingga di saat Anda mengaktifkan polis kembali setelah lapse, masa tunggu menjadi ulang kembali seperti saat Anda pertama kali mendaftar asuransi Allianz tapro nya. Tentu Anda tidak mau kan kalau itu sampai terjadi? Makanya lebih baik lakukan pembayaran premi tepat pada waktunya.

Tetapi adakalanya dengan segala kesibukan dan pekerjaan Anda lupa membayar premi. Terus apa sih yang akan terjadi bila Anda sering telat membayar premi asuransi?

Dalam 2 tahun pertama, jika premi tidak dibayar selambat-lambatnya dalam masa keleluasaan (grace periode) setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi, maka polis menjadi batal (polis lapse). Seluruh nilai investasi biasanya belum ada di periode ini karena di awal polis, biasanya masih banyak biaya yang akan dibebankan sehingga setelah dikurangi dengan kewajiban-kewajiban maka tidak ada nilai tunai yang akan kembali pada nasabah/peserta asuransi.

Oleh karena itu jika Anda memutuskan untuk ikut asuransi khusus nya asuransi jiwa Allianz (asuransi tapro Allianz) maka pastikan kalau Anda bukan ikut hanya sekedar ingin coba coba saja. Karena jika Anda tidak serius dan tidak berkomitmen untuk membayar premi secara berkala setelah menjadi peserta asuransi Allianz Tapro, maka ujung ujungnya Anda yang akan rugi sendiri. Keterlambatan pembayaran premi yang akhirnya menyebabkan polis asuransi nya lapse pun akan menjadi penyebab klaim ditolak.

Apabila premi tertunggak setelah polis berusia 2 tahun, maka secara otomatis Allianz akan memotong biaya biaya yang diperlukan (biaya akuisisi, iaya asuransi dan biaya admin) otomatis dari nilai investasi untuk menjaga polis ini tetap berlaku proteksinya. Bila saldo nilai investasi tidak mencukupi untuk membayar biaya biaya tersebut untuk menjaga polis tetap berlaku (tetap aktif), maka polis asuransi Allianz nya akan otomatis menjadi batal (polis lapse).

Seluruh saldo nilai investasi yang tersisa (apabila ada) akan dibayarkan pada Anda. Namun biasanya tidak ada nilai investasi yang tersisa yang dapat dikembalikan ke Anda pada jika case nya seperti ini karena apabila nilai tunai investasi nya ada, pasti polis tidak akan lapse karena biaya biaya tersebut akan otomatis ditalangin oleh nilai investasi yang ada di dalam polis.

Karena nilai investasi nya terlalu kecil atau bahkan 0 makanya polis menjadi lapse karena biaya biaya tersebut tidak dapat dipotong dari nilai tunai investasi yang tidak mencukupi itu.

Menginjak tahun ke 5 sejak tanggal polis aktif, nasabah bisa cuti premi. Namun sangat tidak disarankan untuk cuti premi jika tidak terpaksa. Terpaksa itu maksudnya jika memang keadaan finansial dari nasabah/peserta asuransi lagi sulit sehingga kesulitan untuk membayar premi asuransi. Selama nasabah/peserta mampu dan memiliki dana untuk membayar premi secara berkala maka tetap disarankan untuk jangan mengambil opsi cuti premi.

Cuti premi adalah masa dimana Anda berhenti sementara membayar premi asuransi. Ingat hanya “sementara” bukan selamanya. Cuti premi ini tidak membebaskan Anda dari keharusan membayar premi di tahun-tahun berikutnya. Saat cuti premi, biaya asuransi dan biaya administrasi tetap ditagih oleh perusahaan asuransi yang otomatis memotong dari nilia tunai investasi di dalam polis.

Bila nilai investasi tidak mencukupi untuk membayar biaya asuransi dan biaya admin (biaya akuisisi hanya dikenakan di 5 tahun pertama usia polis saja sehingga di tahun ke 6 dan berikutnya sudah tidak ada lagi biaya akusisi yang dibebankan ke polis) selama masa cuti premi, maka polis berakhir (polis lapse).

Saat ini di lapangan sangat sering penulis menemukan peserta/nasabah asuransi yang mengatakan kalau mereka memiliki asuransi jiwa unit link yang hanya cukup membayar premi nya 10 tahun saja kemudian setelah itu tidak perlu lagi membayar premi selama nya namun polis asuransi akan tetap aktif dan berlaku seumur hidup sampai dia meninggal.

Ini adalah ajaran sesat  dan salah kaprah yang sangat krusial karena sebenarnya di tahun ke 10 itu, nasabah/peserta hanya cuti premi, bukan berhenti bayar premi untuk selamanya.

Selama masa cuti premi, biaya asuransi dan biaya administrasi tetap ditagih oleh perusahaan asuransi dimana kedua biaya itu otomatis diambil/dipotong dari nilai tunai investasi yang ada di dalam polis. Jika cukup ya polis asuransi akan tetap aktif. Tetapi jika gak cukup maka polis akan lapse/mati sehingga untuk mencegah polis lapse maka peserta/nasabah disarankan untuk melakukan pemabayaran premi asuransi secara berkala lagi seperti di 10 tahun pertama itu.

Jadi hati hati ya. Jangan sampai terjebak dengan agen nakal yang mengatakan bayar premi asuransi cukup 10 tahun saja dan setelah itu selamanya tidak perlu bayar lagi karena itu sama sekali gak benar. Banyak nasabah/peserta asuransi jiwa unit link yang salah paham tentang hal ini. Mungkin tidak dijelaskan secara detail oleh agennya atau bagaimana.

Untuk menghindari keterlambatan pembayaran premi disarankan membayar premi dengan fasilitas autodebet rekening tabungan atau kartu kredit setiap bulannya agar terhindar dari lupa membayar premi. Jadi demi keberlangsungan polis asuransi Allianz Anda dan supaya tidak ada masalah ketika klaim, bayarlah selalu premi polis Anda tepat pada waktunya atau polis Anda akan menjadi sia-sia karena lapse.

Asuransi Allianz adalah cara anda membeli uang besar dengan uang kecil jadi pastikan kalau polis asuransi Allianz Anda senantiasa aman dan tetap aktif agar dapat melindungi Anda setiap saat, setiap hari, 24 jam sehari non stop dengan cara membayar premi asuransi Allianz tepat waktu dan jangan terlambat.

asuransi allianz lengkap
beli asuransi allianz