Mengenal Klaim Cashless dan Reimburse di Asuransi Kesehatan Allianz

Bagi Anda yang saat ini telah menjadi nasabah/peserta asuransi kesehatan Allianz, sekarang Anda tidak akan dipusingkan lagi dengan pembayaran biaya pengobatan saat Anda menjalani rawat inap di rumah sakit. Perusahaan asuransi Allianz telah memberikan banyak kemudahan saat Anda ingin memanfaatkan asuransi kesehatan Allianz yang Anda miliki terutama dalam hal klaim nya.

Ada 2 cara pembayaran pengobatan pada asuransi kesehatan Allianz yaitu cara cashless dan cara reimbursement. Pelajari keunggulan dari kedua cara klaim ini masing masing dan tentukan cara pembayaran/klaim mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu saat Anda ingin menggunakan asuransi kesehatan Allianz Anda untuk berobat.

Untuk mengetahui masing masing keunggulan dari cara klaim cashless maupun reimburse, berikut ini penjelasan detail nya.

agen asuransi allianz

Cashless

Pembayaran biaya perawatan rawat inap dengan cara cashless memberikan kemudahan bagi pemegang polis asuransi kesehatan Allianz untuk dapat melakukan pembayaran biaya perawatan tanpa harus menggunakan uang pribadi terlebih dahulu. Kecuali apabila ada co share atau terjadi ekses dimana jumlah tagihan/bill rumah sakit lebih besar daripada plafon/limit biaya rumah sakit yang ditanggung oleh asuransi kesehatan Allianz.

Perawatan hanya bisa dilakukan di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi Allianz.

Pemegang polis atau peserta asuransi kesehatan Allianz harus selalu membawa kartu asuransi pada saat melakukan perawatan. Seluruh diagnosa dari dokter akan dikirimkan oleh pihak rumah sakit kepada pihak perusahaan asuransi Allianz.

Reimburse

Pengajuan klaim dimana pemegang polis asuransi kesehatan Allianz harus membayar biaya perawatan terlebih dahulu dengan uang pribadi nya dan setelah itu baru melakukan pengajuan penggantian biaya kepada pihak perusahan asuransi Allianz.

Pembayaran dengan cara ini dilakukan apabila kita melakukan perawatan kesehatan di laur rumah sakit rekanan perusahaan asuransi Allianz.

Baca juga :  Memilih Asuransi Kesehatan Allianz yang Paling Sesuai

Saat pengajuan klaim, pemegang polis asuransi kesehatan Allianz harus melampirkan formulir pengajuan klaim reimbursement, bukti pembayaran dari rumah sakit atau klinik dan juga dokumen penunjang seperti hasil laboratorium, hasil rontgen, salinan resep, dan juga salinan rujukan.

Jadi saat Anda mendaftar untuk menjadi peserta asuransi kesehatan Allianz, selain mendapatkan buku polis asuransi, Anda juga akan mendapatkan kartu asuransi/kartu berobat yang fungsinya untuk mendapatkan fasilitas klaim secara cashless saat Anda mau mendapatkan pengobatan rawat inap di rumah sakit rekanan/jaringan Allianz.

Saat Anda di rumah sakit, Anda tinggal menunjukkan kartu tersebut ke bagian Administrasi rumah sakit yang memang telah bekerja sama dengan Allianz. Dengan demikian Anda tidak akan dimintai deposit oleh pihak rumah sakit dan biaya perawatan selama Anda menjalani rawat inap akan langsung ditalangi oleh perusahaan Asuransi Allianz.

sakit butuh uang

Sangat mudah dan sangat simpel. Namun jika Anda tidak mau memanfaatkan fasilitas cashless ini di rumah sakit rekanan Allianz juga tidak apa apa. Misalnya jika Anda lebih senang untuk menempuh cara reimbursement walaupun Anda menjalani perawatan di rumah sakit jaringan Allianz, ya tidak apa apa juga.

Intinya cara klaim reimbursement berlaku di seluruh rumah sakit, baik yang kerjasama dengan Allianz maupun yang tidak kerjasama dengan Allianz. Sedangkan fasilitas cashless hanya berlaku di rumah sakit yang telah bekerja sama dengan Allianz.

Untuk perawatan di rumah sakit rekanan Allianz di luar negeri, Anda membutuhkan guarantee letter (surat jaminan) yang dikeluarkan oleh PT Asuransi Allianz Life Indonesia agar Anda dapat menikmati fasilitas cashless di sana.

Karena jika hanya menunjukkan kartu asuransi saja takkan berlaku di sana. kartu asuransi/kartu berobat hanya berlaku saat Anda dirawat di rumah sakit rekanan Allianz di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Baca juga :  Asuransi Kesehatan Cashless Allianz
asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...