Mengenal Penyakit Meningitis Bakteri

Meningitis bakteri adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang biasanya menyerang anak-anak usia 1 bulan hingga 2 tahun. Tetapi penyakit ini sangat jarang menyerang orang dewasa terkecuali orang yang berisiko khusus.

Penyakit meningitis bakteri juga merupakan salah satu penyakit kritis yang dicover oleh asuransi sakit kritis Allianz baik yang CI, CI+ maupun CI100. Syarat untuk dicover oleh asuransi penyakit kritis Allianz adalah Anda harus dalam keadaan sehat di saat mendaftar. Jika Anda sudah merasakan gejala sakit yang mungkin mengarah ke gejala penyakit meningitis bakter, maka Anda sudah terlambat untuk membeli asuransi sakit kritis ini.

Sampai saat artikel ini ditulis, asuransi penyakit kritis terbaik yang ada di pasaran saat ini masih tetap asuransi penyakit kritis ci100 dari Allianz. Kenapa bisa menjadi yang terbaik? Karena jumlah penyakit kritis yang dicover sangat banyak (100 jenis penyakit mulai dari tahap early (tahap awal), intermediate, advance, catastrophic) dan masa berlau proteksinya juga paling panjang ( sampai dengan usia 100 tahun) serta survival period tersingkat (7 hari) dan masa tunggu paling cepat (mulai dicover 90 hari setelah polis asuransi nya aktif / inforce).

Jadi jangan sampai salah pilih ya. Di pasaran, Anda dapat menemukan banyak jenis asuransi penyakit kritis, namun yang terbaik hanya asuransi sakit kritis ci100 dari Allianz. Meskipun nama nya sama sama asuransi penyakit kritis, namun manfaat yang diberikan oleh asuransi lain sangat berbeda manfaatnya.

Tidak heran banyak orang yang salah beli akhirnya menyesal karena asuransi penyakit kritis yang mereka beli hanya bisa di klaim di saat penyakitnya sudah parah dan nyawanya sudah di ujung tanduk.

Akhirnya karena kecewa, mereka mengatakan bahwa tidak ada gunanya membeli asuransi penyakit kritis padahal sudah banyak nasabah asuransi Allianz yang terbantu dari hasil klaim uang santunan asuransi penyakit kritis ini.

Anda dapat mempelajari lebih detail mengenai jenis penyakit kritis apa saja yang dicover oleh CI100 ini di sini.

Mengenal Meningitis Bakteri dan Penyebabnya

Untuk penyakit meningitis bakteri sebaiknya Anda mengetahui secara jelas mengenai meningitis bakteri serta berbagai penyebabnya.

Biasanya penyakit meningitis bisa menyerang siapa saja terutama orang dewasa. Tetapi ternyata berbeda dengan meningitis bakteri yang justru hanya menyerang anak-anak saja dan sangat jarang ditemukan kasusnya diderita oleh orang dewasa.

Penyebab Meningitis Bakteri

Penyakit meningitis bakteri merupakan peradangan meningen atau selaput otak yang disebabkan oleh bakteri. Lebih dari 80% penyakit meningitis ini disebabkan oleh tiga bakteri yaitu Neisseria Meningitidis, Hemophlius Influenzae dan Streptococus Pneumoniae.

Perlu Anda ketahui bahwa tiga bakteri penyebab penyakit meningitis bakteri yang menyerang anak-anak tersebut dapat hidup dalam lingkungan sekitar yang normal. Bahkan bisa hidup juga dalam hidung serta sistem pernapasan pada manusia. Lebih parahnya lagi bakteri tersebut hidup dalam sistem pernapasan manusia tanpa menunjukkan adanya keluhan pada penderita sehingga akan sulit terdeteksi.

Bakteri penyebab meningitis bakteri biasanya akan bekerja menginfeksi bagian otak tanpa adanya penyebab. Tetapi pada beberapa kasus yang sudah pernah terjadi, infeksi tersebut bisa muncul sesudah adanya cidera pada kepala atau adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh yaitu karena bakteri Hemophilus Influenzae.

Bagi para orangtua sebaiknya perlu waspada dan mengenali gejala meningitis karena bakteri. Dimana pada anak usia bayi akan muncul gejala berupa bayi yang cenderung tidak aktif, muntah, sering rewel serta tidak mau makan. Sedangkan pada anak-anak yang usianya sekitar diatas 2 tahun akan muncul gejala berupa demam yang tinggi, kaku dibagian leher dan sakit kepala yang hebat.

Jika buah hati menujukkan tanda gejala tersebut sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Tetapi untuk memastikan apakah gejala tersebut merupakan gejala infeksi bakteri pada selaput otak anak biasanya pasien harus melakukan pemeriksaan pada tulang belakang dan cairan otak.

Pemeriksaan ini sangatlah penting untuk mengetahui jenis bakteri yang sudah menginfeksi sehingga akan lebih mudah dalam menentukan pengobatan yang tepat.

Faktor yang Dapat Meningkatkan Risiko Meningitis

Meningitis bakteri kebanyakan memang menyerang bayi dan anak-anak karena adanya berbagai faktor. Berikut ini akan dijelaskan faktor yang dapat meningkatkan risiko meningitis yang disebabkan oleh bakteri.

  1. Usia
    Pada usia bayi biasanya akan memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri. Hal tersebut disebabkan oleh usia bayi yang memang masih sangat rentan dibandingkan dengan usia lainnya.
  2. Kepadatan orang
    Perlu Anda ketahui bahwa dalam kondisi tempat tinggal atau lingkungan yang lebih padat orang, risiko terserang infeksi akan lebih meningkat dan mudah menyebar. Terutama perlu diwaspadai pada anak-anak yang terlalu berada di rumah sakit dan bercampur dengan pasien yang menderita infeksi.
  3. Kondisi media tertentu
    Dalam upaya pengobatan, prosedur bedah atau penyakit tertentu biasanya akan memberikan efek samping pada melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga semakin meningkatkan risiko terserang meningitis.
  4. Perjalanan
    Perlu Anda ketahui sebaiknya perlu waspada ketika akan pergi ke negara yang rawan penyakit meningitis karena risiko tertular akan lebih tinggi.

Cara Penularan Penyakit Meningitis Bakteri

Sebagian dari Anda tentu akan semakin waspada dengan menjaga diri serta berupaya menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah tertular penyakit meningitis. Untuk menambah wawasan sekaligus upaya pencegahan terhadap penyakit infeksi radang selaput otak ini sebaiknya ketahui cara penularan bakteri meningitis.

Sebetulnya bakteri penyebab meningitis dapat menyebar dengan adanya pertukaran pernapasan dan cairan dari dalam mulut yang berupa lendir atau air liur. Tetapi proses penularan bakteri tersebut juga tidak mudah seperti pada penularan flu atau pilek. Bakteri tersebut memang tidak menyebar begitu saja baik melalui sentuhan ataupun berpindah karena menghirup udara.

Bakteri penyebab meningitis akan menular pada individu yang mempunyai faktor risiko tertentu yang mudah terserang meningitis. Misalnya saja pada bayi atau anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya rendah akan lebih tinggi berisiko tertular bakteri meningitis. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan faktor yang dapat meningkatkan risiko penularan bakteri meningitis baik pada buah hati maupun diri Anda sendiri.

Upaya Pencegahan dan Pencegahan yang Bisa dilakukan

Sebagai salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya, nyatanya meningitis bakteri masih bisa diatasi dengan melakukan pengobatan. Tetapi sebelum dilakukan pengobatan harus dilakukan serangkaian tes untuk mengetahui jenis bakteri penyebab meningitis tersebut.

Untuk para penderita meningitis ini sebaiknya dilakukan pengobatan dengan memberikan antibiotik. Agar hasilnya lebih efektif sebaiknya pengobatan dilakukan dengan segera sehingga dapat menurunkan risiko kematian pada penderita.

Selain upaya pengobatan bagi para penderita meningitis yang disebabkan oleh bakteri, sebaiknya mulai dari sekarang dilakukan pencegahan. Semakin cepat Anda melakukan pencegahan nantinya dapat menurunkan risiko tertular bakteri meningitis. Berikut ini akan dijelaskan cara pencegahan tertularnya meningitis oleh bakteri yang perlu Anda ketahui.

  1. Memberikan vaksin yang dapat membantu mencegah terjadinya meningitis bakteri. Pemberian vaksin juga diberikan sesuai dengan jenis bakteri yang bisa menyebabkan terjadinya meningitis.
  2. Pemberian vaksin sebaiknya dilakukan pada saat muncul wabah meningitis sehingga mengancam populasi serta diberikan pada orang-orang yang sering terpapar bakteri secara berulang.
  3. Jika ada penderita meningitis dalam sebuah keluarga sebaiknya segera berikan antibiotik bagi anggota keluarga lainnya yang tidak menderita meningitis.
  4. Untuk anak-anak disarankan agar memperoleh imunisasi secara rutin berupa vaksin Hemophilus Influenzae tipe B sebagai upaya mencegah terjadinya meningitis yang sering menyerang bayi dan anak-anak.
  5. Biasakan diri untuk hidup sehat terutama pada buah hati biasakan mencuci tangan dengan baik terlebih jika berdekatan dengan penderita meningitis.
  6. Bersihkan bagian-bagian rumah dan lingkungan Anda kemudian bersihkan lagi dengan desinfektan agar bakteri tidak menyebar.

Penyakit meningitis bakteri memang tak boleh dianggap remeh karena termasuk salah satu penyakit yang berbahaya bahkan sangat mematikan. Kebanyakan kasus penderita penyakit ini memang sulit tertolong dan akhirnya berujung pada kematian.

Tetapi dengan upaya pencegahan serta pengobatan yang dilakukan secepat mungkin dapat meningkatkan harapan hidup para penderita meningitis bakteri.

Belilah asuransi penyakit kritis Allianz sekarang juga agar Anda memiliki proteksi yang maksimal apabila suatu saat Anda terkena penyakit kritis seperti meningitis bakteri ini. Anda tidak dapat membeli asuransi sakit kritis apabila Anda sudah terkena penyakit yang sangat mematikan ini. Jadi di saat kondisi tubuh masih sehat, sekaranglah saatnya untuk memiliki asuransi sakit kritis CI100 dari Allianz.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...