Orang Mati Tidak Butuh Uang, Tapi Keluarga yang Ditinggalkan Butuh Uang untuk Bertahan Hidup

Banyak orang yang bertanya kepada saya, untuk apa membeli asuransi jiwa/ asuransi meninggal dunia? Karena uang santunan hanya diberikan ketika si nasabah meninggal dunia, jadi si nasabah itu tidak akan dapat menikmati donk uang santunan nya.

Misalnya uang santunan nya berjumlah ratusan juta sampai milyaran. Sayang donk ya, masa sudah meninggal dunia baru dapat uang. Lagian buat apa pula uang itu bagi orang yang sudah meninggal. Memangnnya masih bisa dinikmati? Masih bisa dimanfaatkan untuk beli barang barang yang diinginkan atau beli makanan yang enak dengan uang itu?

Apakah bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan sehari hari dengan uang itu atau digunakan untuk modal usaha? Atau kalau perlu digunakan untuk membeloi mobil barangkali? jawabannya yang namanya uang ya pasti bisa digunakan untuk segala jenis keperluan namun uang nikmati sudah pasti bukan si nasabah itu karena dia kan sudah meninggal dunia dan sudah pindah ke alam yang berbeda dengan manusia yang masih hidup.

Mungkin si almarhum ini sudah tidak memerlukan uang lagi namun bagaimana dengan anggota keluarganya yang masih hidup di sini? Bagaimana nasib dari istri dan anak anak (atau nasib orang tua nya jika misal nya belum menikah) jikalau tiba tiba Anda pergi ke alam maut secara tiba tiba. Apalagi jika selama ini, anggota keluarga Anda 100% menggantungkan hidup nya kepada Anda.

Mereka hanya tahu nya Anda adalah kepala keluarga dan ketika Anda masih hidup, setiap minggu atau setiap bulan, mereka tahu nya hanya meminta uang kepada Anda untuk membiayai kehidupan sehari hari mereka seperti bayar uang sekolah, bayar tagihan listrik, air, belanja ke pasar, beli air aqua, biaya gaji pembantu, biaya beli pakaian, beli makanan dan lain sebagainya.

Jika Anda tiba tiba menghilang dari kehidupan mereka untuk selama lamanya, apakah Anda mau nanti nya mereka semua menjadi gembel? Jadi pengemis atau peminta minta di jalanan karena tidak ada lagi yang memberikan mereka uang untuk jajan. Anda mau seperti itu? Jika tidak mau, maka belilah asuransi jiwa Allianz.

Orang mati memang tidak butuh uang, tapi keluarga yang ditinggalkan butuh uang untuk bertahan hidup setelah ditinggalkan oleh anggota keluarga yang meninggal. Dalam hal ini seorang laki-laki yang menjadi tulang punggung sekaligus kepala rumah tangga memang berkewajiban untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Baca juga :  Cara Mempersiapkan Warisan Besar untuk Keluarga Tercinta Lewat Asuransi Jiwa Allianz

Tetapi jika tiba-tiba meninggal dunia tentu akan membuat keluarganya kaget. Dalam hal ini orang mati tidak butuh uang tapi keluarga yang ditinggalkan butuh uang untuk bertahan hidup harus benar-benar dipersiapkan.

agen asuransi allianz

Pelajaran Keuangan yang Perlu Diwariskan Sebelum Meninggal

Bagi seorang kepala rumah tangga sangat penting untuk mewariskan pendidikan serta agama sebagai bekal untuk anak-anaknya menghadapi masa depan. Tetapi selain itu ternyata uang juga menjadi bekal yang penting untuk melanjutkan hidup anggota keluarga Anda yang akan ditinggalkan nantinya.

Orang Mati Tidak Butuh Uang, Tapi Keluarga yang Ditinggalkan Butuh Uang untuk Bertahan Hidup

Dalam hal ini Anda harus menyadari orang mati tidak butuh uang, tapi keluarga yang ditinggalkan butuh yang untuk bertahan hidup. Sehingga Anda harus mewariskan pelajaran keuangan pada anggota keluarga yang lain.

Dengan begitu mereka bisa terus bertahan hidup ketika kelak misalkan Anda meninggal dunia terlebih dahulu. Berikut ini akan dijelaskan orang mati tidak butuh uang, tapi keluarga yang ditinggalkan butuh uang untuk bertahan hidup dengan pelajaran keuangan sebagai berikut ini.

  1. Surat wasiat
    Agar keluarga yang Anda tinggalkan nantinya bisa bertahan hidup, sebaiknya buatlah surat wasiat ketika Anda belum meninggal. Hal ini sangat penting dengan surat wasiat tersebut Anda bisa merencanakan aset kekayaan Anda untuk diberikan kepada ahli waris sesuai dengan keinginan Anda.
  2. Bereskan hutang
    Jangan sampai hutang yang selama ini Anda miliki nantinya akan menjadi beban bagi keluarga jika kelak Anda meninggal dunia. Oleh karena itu sebaiknya segera bereskan hutang Anda sesegera mungkin. Bahkan ada sebuah nasehat yang menjelaskan bahwa lebih baik meninggal tidak meninggalkan harta dan hutang. Daripada meninggalkan harta tetapi masih menyisakan hutang. Bahkan lebih buruknya lagi keluarga Anda bisa dikejar-kejar oleh debat collector.
  3. Membuat daftar yang harus dilakukan
    Bantulah keluarga Anda untuk membuat daftar yang harus dilakukan setelah Anda meninggal dunia nantinya. Dengan begitu mereka akan fokus terhadap apa yang harus dilakukan untuk melanjutkan serta bertahan hidup.
  4. Mempersiapkan dana pendidikan dengan investasi
    Jika Anda mengkhawatirkan dana pendidikan anak-anak setelah Anda meninggal dunia, sebaiknya milikilah investasi berupa saham atau berupa benda berharga lainnya. Dengan memiliki investasi jangka panjang tentu akan sangat membantu keluarga Anda jika nanti uang tabungannya telah habis. Selain itu biasanya bentuk investasi tersebut bisa mengalami kenaikan harga dari tahun ke tahun sehingga bisa mencukupi kebutuhan biaya pendidikan anak-anak Anda.
  5. Menghitung aset
    Apabila hutang sudah lunas, investasi sudah siap selanjutnya orang mati tidak butuh uang, tapi keluarga yang ditinggalkan butuh uang untuk bertahan hidup dilakukan dengan persiapan berupa menghitung kekayaan Anda. Anda bisa membuat list harta apa saja yang saat ini Anda miliki lalu berikan nominal sesuai dengan harga sedang berlaku. Kemudian simpan data tersebut dalam bentuk file dengan begitu anggota keluarga Anda bisa dengan mudah menghitung aset Anda. Suatu saat jika anggota keluarga membutuhkan dana, bisa dengan menjual aset tersebut sesuai dengan perkiraan harga yang sudah dibuat saat ini.
  6. Menurunkan bisnis
    Bagi Anda yang memiliki bisnis sebaiknya ceritakan dan kenalkan bisnis tersebut pada keluarga Anda. Orang mati tidak butuh uang, tapi keluarga ditinggalkan butuh uang untuk bertahan hidup lalu kenalkan pula dengan karyawan bisnis atau partner bisnis Anda. Dengan begitu mereka akan tahu kegiatan usaha apa yang Anda lakukan selama ini.
  7. Cara mengambil dana pensiun
    Ajarkan pula bagaimana cara mengambil dana pensiunan pada keluarga Anda. Sehingga nantinya mereka bisa mandiri dan bisa mengambil dana pensiunan Anda ketika Anda sudah meninggal dunia.
Baca juga :  Uang Santunan 1 Miliar dari Asuransi Tapro Allianz

Melalui penjelasan diatas dapat diketahui bahwa orang mati tidak butuh uang, tapi keluarga ditinggalkan butuh uang untuk bertahan hidup dengan mempersiapkan pelajaran keuangan seperti yang telah dijelaskan diatas.

Dengan pelajaran keuangan tersebut diharapkan anggota keluarga yang nantinya Anda tinggalkan bisa terjamin kebutuhan hidupnya serta mampu bertahan hidup dengan persiapan yang sudah Anda lakukan jauh-jauh hari sebelum meninggal dunia.

Jika Anda tidak mau ribet untuk mengikuti langkah langkah yang disebutkan di atas, maka beli saja asuransi jiwa untuk diri Anda sendiri. Anda bebas untuk menentukan kepada siapa uang santunan warisan ini ingin Anda berikan. Apakah untuk istri semua, atau sebagian kepada anak atau bahkan bisa juga sebagian diberikan kepada orang tua kandung Anda.

Jika Anda masih lajang dan belum berkeluarga, sudah pasti uang santunan meninggal dunia ini akan Anda berikan ke orang tua Anda yang telah membesarkan Anda. Karena bayangkan saja, dikala mereka sudah saatnya menikmati masa pensiun nya karena berharap kelak Anda yang akan memberikan nafkah kepada mereka, gak tahunya malah Anda duluan yang pergi menghadap yang Maha Kuasa.

Uang santunan warisan meninggal dunia ini dapat menjadi wujud bakti Anda kepada orang tua (balas jasa) yang dapat Anda berikan kepada mereka dikala Anda telah meninggal. Jika Anda belum sempat berbakti kepada mereka dikala Anda masih hidup, setidaknya Anda dapat menunjukkan bakti dan kasih sayang Anda pada mereka ketika Anda telah meninggal dunia.

Jadi jangan pernah berpikir kalau asuransi jiwa ini hanya cocok bagi orang yang sudah beristri dan sudah berumah tangga. Bagi orang yang masih lajang juga bisa membeli asuransi jiwa.

Baca juga :  Beli Asuransi Sebelum Terlambat dan Menyesal

Kembali lagi ke masalah ahli waris tadi. Dengan memiliki asuransi jiwa Allianz, Anda bebas untuk menentukan kepada siapa uang santunan meninggal ini akan diberikan, bahkan Anda dapat menentukan besaran nya secara persentase, misalnya 25% ke istri, 50% ke anak dan 25% lagi ke orang tua Anda. Bebas Anda tentukan sendiri.

Karena ini merupakan wasiat dari Anda tentunya mereka yang menerima warisan ini akan menerima dengan lapang dada karena mereka menerima berdasarkan porsi yang telah Anda siapkan bagi mereka masing masing.

sakit butuh uang

Bayangkan saja jika Anda meninggalkan rumah atau tanah, bagaimana cara mereka mau membaginya? Pasti ujung ujungnya bisa terjadi gontok gontokan karena perebutan harta warisan yang pada akhirnya membuat arwah Anda tidak bisa tenang di alam baka sana karena melihat anggota keluarga anda berebut harta warisan sepeninggal Anda.

Dengan asuransi jiwa, Anda dapat memberikan uang warisan dengan lebih adil karena Anda yang menentukan berapa besar porsi yang ingin Anda berikan kepada masing masing orang.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...