Penyebab Penyakit Demam Berdarah

Sakit penyakit datang tanpa pernah bisa direncanakan. Tiba tiba saja seseorang itu bisa terserang sakit dan akibatnya perlu dirawat di rumah sakit selama berhari hari. Tentunya dirawat inap di rumah sakit itu tidak gratis, tetapi ada biaya yang harus dikeluarkan. Dan biasanya kocek yang mesti dikeluarkan tidak murah. Oleh karena itu setiap orang memerlukan asuransi kesehatan.

Pilihlah asuransi kesehatan rawat rumah sakit yang menawarkan manfaat cashless di rumah sakit rekanan. Cashless di sini maksudnya saat dirawat inap, tidak perlu deposit uang atau memakai uang pribadi untuk membayarkan.

Namun sudah dijamin oleh perusahaan asuransi sehingga semua biaya yang terjadi akan menjadi tanggungan pihak asuransi, bukan menjadi tanggungan pribadi si penderita sakit.

Kasihan sekali kan, apabila sudah sakit dan dirawat, mesti pusing pula mencari uang untuk membayar biaya rumah sakit.

Biasanya orang orang yang tidak punya asuransi seperti ini adalah orang bodoh yang tidak pernah membuat perencanaan dalam hidup nya. Tidak punya uang untuk membayar premi hanyalah alasan yang dicari cari saja.

Padahal asuransi kesehatan itu tidaklah mahal. Di Allianz bahkan Anda bisa memiliki asuransi kesehatan rawat inap rumah sakit mulai dari Rp 500.000 per bulan. Jika Anda mau yang lebih murah daripada itu juga ada, namun tentu plafon manfaat yang dicover juga nantinya akan lebih rendah.

Jika Anda terserang penyakit demam berdarah,maka mau gak mau Anda mesti dirawat di rumah sakit. Anda tidak bisa sembuh dengan sendiri nya dengan hanya dirawat di rumah. Jika terlambat ke rumah sakit saja, nyawa Anda jadi taruhannya. Jadi jangan anggap sepele dengan penyakit yang satu ini ya.

Jika Anda punya asuransi kesehatan Allianz, Anda pasti tidak akan berpikir 2x untuk dirawat inap di rumah sakit bukan? Karena dengan kepraktisan nya, Anda hanya cukup menunjukkan kartu anggota asuransi kesehatan Allianz saja di rumah sakit rekanan, maka Anda bisa menjalani perawatan rumah sakit tanpa harus melakukan pembayaran uang muka (deposit) ke rumah sakit.

Penyakit demam berdarah merupakan suatu penyakit yang masuk dalam golongan penyakit akut. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang masuk  pada peredaran darah manusia melalui  perantara gigitan nyamuk aedes, yakni aedes aegypti dan aedes albopictus.

Baca juga :  Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung

Tidak seperti nyamuk pada umumnya yang mencari makanan di waktu malam, nyamuk aedes ini menggigit manusia pagi hingga menjelang petang.

Penyebab penyakit demam berdarah

Jentik-jentik nyamuk aedes albopictus dan aedes aegypti sering dijumpai pada selokan yang mampat, waduk, kolam, atau kamar mandi. Serangga yang satu ini memang menjadikan air tenang sebagai tempat atau media untuk berkembang biak.

Berbagai wilayah dengan tingkat sanitasi yang buruk seperti kota berpenduduk padat merupakan wilayah yang berpotensi besar dilanda demam dengue (demam berdarah). Selain jumlah populasinya yang terus meningkat, virus dengue ini juga menyebar seiring dengan molitasnya yang terus meningkat.

Penyebab Penyakit Demam Berdarah

Virus dengue adalah faktor penyebab utaa terjadinya penyebaran demam berdarah. Virus ini merupakan famili dari flaviviridae. Ada 4 jenis virus dengue yang dapat mengakibatkan penyakit DB, yakni DEN 1, DEN 2, DEN 3 dan juga DEN 4. Gejala pertama penyakit demam dengue ini dapat diketahui setelah terjadi infeksi oleh salah satu dari keempat virus tersebut.

Sistem imun yang ada dalam tubuh justru akan mengakibatkan gejala penyakit yang bahkan lebih parah setelah terjadi infeksi lanjutan oleh virus jenis lain. Seseorang dikatakan bisa mengalami infeksi setidaknya oleh dua jenis virus dengue semasa hidup.

Namun virus dengan jenis sama hanya akan menginfeksi manusia satu kali saja karena tubuh akan membentuk sistem imun setelah pertama terinfeksi.

Virus dengue sendiri dapat masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan vektor yang dimiliki. Nyamuk aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang paling banyak ditemukan sebagai penyebab utama terjadinya demam dengue.

Nyamuk dapat mengakibatkan demam setelah mampu mengisap darah manusia dan menginfeksi tubuh.

Virus akan melalui masa inkubasi selama 9-10 hari, setelah itu nyamuk akan menjadi virus yang sangat mengkhawatirkan jika menginfeksi manusia. Nyamuk betina juga berpotensi besar mentransmisikan virus dengue  melalui telur keturunannya.

Bukan hanya manusia saja yang terjangkit oleh virus ini, namun monyet pun juga dikatakan bisa terjangkit oleh virus ini. Sama halnya seperti pada manusia, infeksi virus pada monyet juga bisa menular pada monyet lainnya.

Baca juga :  Wanita Perlu Melakukan Pemerikasaan Kesehatan Berikut Ini

Menurut penelitian disebutkan bahwa resiko terjangkitnya demam dengue lebih tinggi terjadi pada wanita berusia kurang dari 12 th. Resiko terjangkitnya virus dengue ini akan meningkat pada orang yang memiliki antibodi pada virus dengue setelah terinfeksi untuk yang pertama kalinya.

Faktor penyebab terjangkitnya demam dengue sering tidak mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat. Hal ini mungkin dikarenakan oleh minimnya sosialisasi yang dilakukan dari pihak berwenang. Biasanya mereka baru beraksi setelah terjadi permasalahan yang mengakibatkan korban.

Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit demam dengue sebenarnya dibutuhkan sosialisasi mendalam perihal penyakit akut ini. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat bisa lebih waspada dan aware terhadap resiko penyakit demam dengue. Sosialisasi dapat berisi cara menanggulangi dan juga cara pencegahan agar tidak menimbulkan korban atas penyakit ini.

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

Hingga saat ini belum ditemukan obat antivirus atau vaksin untuk kasus demam dengue. Tindakan yang paling efektif untuk menekan epidemi demam dengue adalah dengan menghindari dan mengontrol sebaik mungkin adanya vektor yang membawa virus dengue. Pencegahan adanya nyamuk aedes dapat diupayakan dengan berbagai metode tepat, seperti:

Lingkungan

Pencegahan penyakit demam dengue dapat diupayakan dengan mengendalikan penyebaran vektor nyamuk aedes, antara lain dengan mengganti/ menguras penampungan air/ bak mandi minimal setiap seminggu sekali.

Selain itu sangat dibutuhkan upaya lain seperti menguras/ mengganti vas bunga serta tempat minum binatang peliharaan setiap seminggu sekali, mengubur kaleng bekas yang berserakan, menutup tempat penampungan air dengan rapat, mengubur ban bekas, aki bekas yang ada di sekitar rumah dan juga memperbaiki desain rumah.

Pada intinya kita harus senantiasa menjaga lingkungan agar tetap bersih dan tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk aedes. Nyamuk memang menyukai tempat kumuh dengan genangan air yang tenang.

Biologis

sakit butuh uang

Secara biologis, penyebaran vektor nyamuk yang membawa virus demam dengue bisa dikontrol dengan ikan yang memakan bakteri dan jentik. Dengan demikian virus dengue tidak bisa berkembang biak dan punah.

Baca juga :  Tips Mudah Klaim Asuransi Kesehatan

Kimiawi

Metode pengasapan yang sering kita lihat sekarang ini memang ampuh untuk membunuh nyamuk dewasa. Selain itu juga bisa dilakukan pemberian bubuk abate di tempat penampungan air untuk membasmi jentik-jentik nyamuk aedes. Penggunaan larvasida juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi virus berbahaya ini.

Pada umumnya nyamuk aedes aktif dan menyerang manusia pada pagi hinnga menjelang petang maka diperlukan beberapa tindakan untuk mencegah serangan gigitan nyamuk tersebut. Anda bisa menggunakan senyawa pengusir nyamuk yang mengandung minyak lemon eucalyptus, pikaridin dan deet.

Gunakan pakaian yang menutupi bagian tubuh agar nyamuk tidak sembarangan menggigit kulit anda. Selain itu, jika dirasa muncul gejala demam dengue segera periksa ke dokter sebelum virus berkembang menjadi lebih parah.

Gejala-Gejala Penyakit Demam Berdarah, antara lain :

  1. Mendadak demam tinggi selama 3-7 hari, suhu badan antara 38- 40 derajat celcius bahkan lebih, wajah tampak lemah lesu
  2. Terkadang terjadi pendarahan pada hidung
  3. Nampak binti-bintik kemerahan pada kulit. Bintik merah tersebut tidak hilang saat kulit coba direnggangkan.
  4. Terjadi berak berdarah atau muntah
  5. Sakit pinggang
  6. menggigil
  7. Nyeri pada sendi kaki
  8. Nyeri pada bagian belakang bola mata
  9. Pada sebagian kasus terjadi gejala demam berdarah sederhana seperti cikungunya, influenza dan infeksi virus lain yang tidak mengakibatkan ruam
  10. Pusing kepala parah
  11. Ada kemungkinan terjadi gastritis yang disertai dengan sakit perut

Itulah informasi mengenai penyebab penyakit demam berdarah. Dengan mengetahui informasi seputar demam berdarah diharapkan mampu meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dari berbagai macam virus penyebab demam dengue.

Seperti pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Tetap jaga lingkungan kita untuk mencegah bahaya demam berdarah. Selain itu belilah asuransi kesehatan rawat inap rumah sakit dari Allianz.

Anda bisa pilih produk asuransi Allianz yang bernama Hospital and Surgical Care Plus (HSC+) atau Smartmed Premier. 2 Produk asuransi kesehatan ini yang paling direkomendasikan karena dari segi manfaat nya lebih luas dan preminya juga lebih terjangkau

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...