virus corona asuransi allianz travel insurance cepat

Perlindungan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Asuransi Rumah

Jika Anda masih bertanya tanya apakah ada perlindungan rumah/properti dari risiko bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami maka jawabannya adalah ada. Anda dapat membeli asuransi properti yang telah dilengkapi dengan manfaat perlindungan tambahan dari bencana gempa bumi, gunung meletus dan tsunami untuk melindungi rumah kesayangan Anda.

Masih ingat kan dengan bencana alam yang sering terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Pada Jumat, 28 September 2018 yang lalu, gempa dengan magnitudo 7,4 mengguncang Palu dan Donggala di kedalaman 10 kilometer, gempa yang berpusat di 0,18 LS dan 119,85 BT atau 27 kilometer Timur Laut Donggala-Sulawesi Tengah itu juga membuat Palu dan Donggala gelap gulita.

Berbeda dengan di Lombok, gempa kali ini berujung gelombang tsunami yang memakan cukup banyak korban. Hingga kini, tercatat jumlah korban sudah mencapai nyaris 1.000 orang. Selain korban jiwa, terdapat pula 540 orang korban luka yang dirawat di sejumlah rumah sakit.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat itu juga mengatakan, tsunami yang terjadi memang cukup besar. Bukan hanya menghancurkan banyak pemukiman, jembatan yang menjadi ikon kota palu juga tak luput tersampu amukan tsunami.

Padahal jembatan itu satu-satunya jalur penghubung antara kota Palu Barat dan Palu Timur yang terbelah oleh sungai.

Pencabutan peringatan dini tsunami oleh BMKG bukan sembarangan. Karena berdasarkan hasil pantauan visual dan peralatan laut, perubahan tinggi airnya tidak tampak signifikan. Setelah gempa, gelombang air laut yang naik di Mamuju diperkirakan hanya 0,5 meter. Hasil pengamatan di Mamuju ini menunjukkan memang tidak akan ada tsunami besar.

Akan tetapi tak lama kemudian, gelombang tsunami justru menerjang pantai Talise di Kota Palu dan beberapa pantai di Donggala. Meskipun demikian, BMKG mengakui bahwa tsunami tersebut luput dari perhitungan. Alasannya, tidak ada data yang dapat diandalkan dari Palu.

Menurut Presiden Joko Widodo seusai kunjungannya ke lokasi bencana, kondisi Palu masih sangat mengkhawatirkan. Korban selamat kekurangan makanan dan kesulitan air bersih lantaran listrik masih padam.

Masalah lainnya adalah cadangan BBM yang menipis. Pasokan BBM terhambat karena pesawat tangki minyak tidak bisa masuk akibat bandara Mutiara SIS Al-Jufrie yang masih rusak.

Sejumlah bantuan awalnya mengalami kendala saat akan didistribusikan. Kendala tersebut muncul karena sejumlah ruas jalan menuju Kota Palu maupun Donggala terputus karena rusak akibat gempa atau tertimbun reruntuhan.

Adapun jika menempuh transportasi laut, pelabuhan tidak ada karena rusak diterjang tsunami. Akhirnya bantuan tersebut didistribusikan dengan pesawat hercules TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma dan daerah terdekat.

Asuransi Rumah Bisa Menanggung Kerusakan Rumah Akibat Gempa Bumi dan Tsunami

Tahukah Anda kalau sebenarnya ada produk asuransi kerugian seperti asuransi rumah yang bisa menanggung kerusakan rumah akibat gempa bumi dan tsunami? Apapun jenisnya, memiliki asuransi ini tentu dapat menghindari setiap nasabah dari kerugian finansial yang lumayan besar yang diakibatkan oleh bencana alam yang lumayan dahsyat ini terhadap properti yang dimiliki nya.

sakit butuh uang

Asuransi ini akan memberi jaminan kerugian dan kerusakan properti (rumah) yang salah satunya disebabkan oleh gempa bumi. Bahkan jika kerusakan itu disebabkan oleh gempa bumi yang disertai tsunami seperti pada kasus di Palu dan Donggala, Anda juga bisa mendapatkan jaminan atas semua kerusakan atas barang yang telah disepakati, misalnya penggantian harta benda maupun bangunan.

Dalam keadaan yang rawan bencana seperti sekarang, tak ada salahnya memiliki asuransi kerugian seperti asuransi properti yang telah dilengkapi dengan manfaat perlindungan tambahan dari risiko gempat bumi, gunung meletus dan tsunami tersebut. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mendaftarkan properti/rumah Anda di sini.

Anda dapat membeli asuransi rumah Allianz di situs ini. Jika Anda tidak menambahkan manfaat perlindungan tambahan dari bencana alam seperti gempa bumi, tsunami dan gunung meletus maka asuransi rumah Allianz yang Anda beli hanya akan melindungi rumah Anda dari risiko kebakaran saja.

Dengan menambahkan manfaat proteksi tambahan gempa bumi, gunung meletus dan tsunami maka premi per tahun yang wajib Anda bayarkan juga semakin besar. Besar kecilnya premi asuransi di asuransi kerugian ini tergantung dari berapa besar sum insured (nilai pertanggungan) dari properti yang akan Anda asuransikan kan tersebut.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang