Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berangkat ke Luar Negeri

Apakah Anda memiliki rencana untuk liburan ke luar negeri? Sudah ada persiapan sebelum ke luar negeri? Meskipun Indonesia punya segudang destinasi wisata menarik, bukan berarti Anda tak boleh menginjakan kaki dan melihat bagaimana pesona negara lain. Dengan melancong ke luar negeri, maka pengetahuan dan pengalaman baru akan semakin bertambah.

Selain itu akan ada tantangan berbeda yang harus dihadapi, sebab beda karakteristik orang-orang setempat, beda aturan, beda bahasa dan beda cuaca. Oleh karena itu, sebelum menginjakan kaki di negara lain, lakukan persiapan lebih dulu.

Terlebih lagi bagi traveler yang baru pertama kali bepergian ke luar negeri. Lantas sebenarnya apa sih pentingnya dan apa saja persiapan sebelum ke luar negeri mengingat banyaknya hal yang harus disiapkan?

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bepergian ke Luar Negeri

Beberapa Persiapan Sebelum ke Luar Negeri

Fotokopi Paspor

Paspor bagaikan KTP apabila sedang melancong ke luar negeri. Persiapan sebelum ke luar negeri jangan hanya mempersiapkan paspor dan berusaha menjaganya baik-baik, fotokopi juga paspor sebelum berangkat. Sediakan fotokopi paspor beberapa lembar, lalu masukan ke setiap tas, koper, jaket dan dompet yang dibawa. Hal ini adalah langkah antisipasi, apa yang akan terjadi di masa mendatang, siapa yang tahu?

Meskipun telah berusaha berhati-hati menjaga paspor, apabila sedang bernasib malang bisa saja paspor hilang karena tertinggal maupun dicuri. Jika paspor diletakan di dalam tas atau koper, lalu dicuri maka setidaknya fotokopi paspor masih ada di dalam dompet atau jaket. Fotokopi Paspor bisa menjadi dokumen cadangan agar bisa mendapatkan Surat Perjalalanan Laksana Paspor (SPLP). Jika paspor hilang datanglah ke KBRI dan mintalah SPLP.

Membeli Travel Insurance

Biasakan untuk membeli Travel Insurance / Asuransi Perjalanan di saat Anda akan bepergian ke luar negeri. Karena berada di luar negeri itu artinya kita berada jauh dari rumah. Jika terjadi apa apa selama kita berada di sana siapa yang akan menolong? Jika terjadi kecelakaan darurat yang membutuhkan biaya besar agar bisa segera dirawat di rumah sakit, siapa yang akan membantu kita? Tidak ada seorang pun yang kita kenal di sana.

Semua keluarga dan teman jauh dari kita. Dengan memiliki asuransi perjalanan, kita seperti memiliki seorang bodyguard yang senantiasa selalu menjaga kita. Jika suatu kejadian buruk menimpa kita, maka asuransi perjalanan kita akan siap menanggung biaya yang timbul dari musibah itu. Bahkan Anda dapat menghubungi 24 jam hotline emergency assistance yang merupakan fasilitas yang sudah tercakup di dalam asuransi perjalanan tersebut.

Apabila Anda bingung, asuransi perjalanan/ travel insurance apa yang bagus dan premi nya terjangkau. Kami merekomendasikan Allianz Travel Insurance New Travel Pro. Asuransi Perjalanan Allianz ini merupakan asuransi perjalanan terbaik karena manfaat yang ditawarkan sangat komplit sekali.

Bahkan untuk biaya medis yang yang dicover tidak terbatas nilai uang nya (unlimited) jika paket yang Anda pilih adalah paket Premier. Untuk lebih jelasnya tentang asuransi perjalanan Allianz ini, silahkan baca di sini. 

Vaksinasi jika diperlukan

Apabila berencana pergi ke negara yang mengalami rebakan virus, lakukanlah vaksinasi sebelum hari keberangkatan. Persiapan sebelum ke luar negeri selanjutnya adalah vaksinasi apabila diperlukan. Sepulang melancong lalu jatuh sakit akibat penyakit menular, tentunya tidak mau kan?
Sebelum pergi ke negara tujuan, cari informasi lebih dulu. Apakah Negara tersebut mengalami wabah virus tertentu? Misalnya, Arab Saudi yang perlu diwaspadai penularan penyakit radang selaput di otak (Meningitis). Jika diperlukan vaksinasi, berkonsultasilah dengan dokter sebelum hari keberangkatan.

Siapkan obat pribadi dan pakaian hangat

Ini merupakan persiapan sebelum ke luar negeri yang tak kalah penting. Apabila Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, maka jangan lupa membawa obat-obatan yang harus dikonsumsi. Meskipun tidak memiliki riwayat penyakit tertentu, bawalah obat diare, vitamin C, obat penurun demam, obat sakit kepala dan minyak angin.

Perbedaan cuaca kadang dapat membuat tubuh lemah serta gampang sakit ringan seperti sakit kepala atau masuk angin. Persiapkan baju hangat, jaket atau mantel apabila Negara tujuan sedang musim dingin. Bahkan saat musim gugur pun udara bisa bersuhu dingin.

Persiapkan uang kecil

Ketika bertransaksi dengan money changer, biasanya money changer memberikan uang besar. Sebaiknya Anda minta juga pada money changer agar memberikan pecahan uang kecil.

Ketika berada di luar negeri dan harus naik taxi atau moda transportasi lainnya, kita akan kesulitan jika harus membayar dengan pecahan uang besar karena tak jarang supirnya tidak memiliki uang kembalian.

Bahkan apabila kita memberikan uang besar, supir yang tahu bahwa kita turis, dia sengaja tidak berikan kembalian dengan alasan tidak punya uang kecil.

Pelajari bahasa lokal negara tujuan

Seperti orang-orang di negara kita, ketika kita ke negara lain, orang-orang setempat pun akan senang bila mengetahui kita bisa mengucapkan sapaan atau kata-kata mudah dalam bahasa mereka. Dengan mempelajari bahasa negara tujuan, kita dapat membangun keakraban dengan mereka.

Persiapan sebelum ke luar negeri ini, tidak perlu mempelajari kalimat-kalimat sulit, cukup awali dengan mempelajari kalimat-kalimat sapaan dan ucapan penting seperti halo, selamat pagi, selamat siang, selamat malam, maaf, terima kasih, selamat tinggal dan lainnya.

Bawa kalkulator kecil Kemana pun

Apabila melancong ke luar negeri dan belum fasih berbahasa negara tersebut, tidak perlu melakukan bahasa Tarzan ketika hendak membayar makanan, transportasi, maupun berbelanja. Terlebih lagi ketika sedang melancong ke negara-negara yang kebanyakan masyarakat setempatnya tidak bisa juga berbahasa Inggris, seperti Jepang, Korea, China atau negara lainnya.

Bawalah kalkulator berukuran kecil sebagai persiapan sebelum ke luar negeri. Selain untuk transaksi membeli makanan maupun membayar transportasi, dengan membawa kalkulator kecil kemana pun, Anda bisa melakukan tawar-menawar dengan cara menunjukan angka di kalkulator kepada penjual. Kalkulator dapat menjadi perantara bahasa, terlebih yang berurusan dengan uang.

Persiapkan adaptor Internasional

Apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa berpisah dengan gadget? Jika ingin Hp, laptop atau gadget kesayangan lain bisa tetap menyala dan dapat digunakan selama perjalanan melancong ke luar negeri, maka persiapan sebelum ke luar negeri selanjutnya adalah miliki adaptor Internasional agar tetap bisa melakukan isi ulang baterai gadget.

Beberapa Negara memiliki standar colokan listrik yang berbeda dengan Indonesia. Di Indonesia standar colokan listrik adalah berkaki dua, namun di beberapa negara standar colokan listrik yakni berkaki tiga. Jadi sebaiknya cari tahu lebih dulu tentang Negara tujuan Anda. Apakah disana biasa memakai colokan listrik berkaki dua ataukah berkaki tiga?

Mempersiapkan berbagai hal terutama sebelum melancong ke luar negeri memang terkesan merepotkan. Namun persiapan sebelum ke luar negeri akan lebih baik bagi Anda, daripada akhirnya menjadi pusing karena menghadapi banyak masalah akibat tidak melakukan persiapan sebelum hari keberangkatan.

Buatlah daftar tentang apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan supaya perjalanan ke luar negeri menjadi lebih menyenangkan.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...