previous arrow
next arrow
Slider

Tips Mudah Klaim Asuransi Kesehatan

Klaim asuransi kesehatan ? kan saya memiliki asuransi kesehatan cashless ? ya, memang benar jika anda memiliki asuransi kesehatan cashless ketika dirawat di rumah sakit rekanan (provider) tentu anda tidak perlu mengajukan klaim sama sekali, karena anda tinggal menunjukkan kartu lalu tidur dan dirawat “secara free” karena seluruh biaya perawatan anda akan ditagihkan langsung kepada perusahaan asuransi anda, sehingga sangat membantu dan “tidak merepotkan” anda.

Tetapi bayangkan, jika anda sampai harus dirawat di rumah sakit yang bukan rekanan atau ternyata anda dirawat di luar negeri tentu anda harus membayar terlebih dahulu seluruh biaya perawatan untuk kemudian di klaim kepada perusahaan asuransi anda bukan ?

klaim allianz tercepatNah supaya proses klaim anda dapat diproses dengan cepat dan tidak membuat anda harus “bolak balik” untuk urusan klaim apalagi jika anda berobat keluar negeri lalu mengajukan klaim ternyata masih ada kelengkapan administrasi yang belum lengkap, berapa biaya yang harus anda keluarkan ? dan waktu yang terbuang ?

Tips mempermudah anda mengajukan klaim asuransi kesehatan ini bertujuan untuk membantu anda menghemat biaya dan waktu anda, supaya klaim anda dapat diproses dengan lancar, mari kita simak tips sederhana berikut :

1. Bukti Bayar (Kwitansi)

Khusus untuk perawatan di luar negeri, ada beberapa rumah sakit yang tidak menerbitkan kwitansi (official receipt) sebagai bukti bayar, melainkan pihak rumah sakit akan mencetak kembali “Tax Invoice” (berupa rincian tagihan) dengan mencantumkan keterangan pembayaran (tanggal, cara pembayaran) dan pada bagian paling bawah mencantumkan amount due (balance/sisa tagihan)sama dengan nol (=0). Mount Elizabeth dan Gleneagles Singapore adalah contoh rumah sakit yang menerapkan prosedur tersebut.

Salah satu persyaratan pengajuan klaim asuransi kesehatan sebagaimana tercantum dalam buku polis  adalah bukti bayar (kwitansi/receipt) dan apabila rumah sakit tidak mengeluarkan receipt melainkan mencetak kembali Tax Invoice sebagai pengganti kwitansi, maka nasabah wajib menyerahkan lembaran Tax Invoice asli (bukan duplikat/ Certified True Copy) yang mencantumkan amount due sama dengan 0 saat pengajuan klaim asuransi kesehatan.

Namun jika pihak rumah sakit mengeluarkan kwitansi (receipt/official receipt) sebagai bukti bayar selain Tax Invoice maka klaim tetap harus dilengkapi dengan kwitansi.

2. Pengisian Surat Keterangan Dokter

Klaim Asuransi Kesehatan bagi anda yang mendapatkan perawatan rawat inap rumah sakit baik di dalam maupun luar negeri, formulir Surat keterangan Dokter wajib diisi dengan lengkap dan benar oleh dokter yang merawat anda.

Selain itu seluruh rincian tagihan, jenis pemeriksaan/tindakan, obat-obatan, dan lain lain wajib diserahkan kepada Perusahaan asuransi anda saat mengajukan klaim.

Klaim asuransi kesehatan ternyata sangat sederhana kan ? hanya ada 2 item yang perlu kita lengkapi pada saat pengajuan klaim, yaitu : kwitansi dan surat keterangan dokter. Nah, semoga tips kali ini membantu anda dan mampu memberikan sedikit pencerahan mengenai klaim asuransi kesehatan.

Di asuransi kesehatan Allianz, malah masalah klaim ini makin dipermudah lagi dengan adanya aplikasi Allianz Eazy Claim. Anda pengguna ponsel smartphone jenis iphone maupun android dapat mengunduh dan menginstall aplikasi ini di ponsel masing masing untuk memudahkan prosedur klaim asuransi kesehatan.

asuransi bayar biaya rumah sakit sesuai tagihan

Jadi nantinya segala jenis dokumen yang dibutuhkan untuk klaim tinggal anda foto dan dikirimkan ke Allianz melalui aplikasi Allianz Eazy Claim tersebut. Cukup menghemat waktu dan uang transportasi anda bukan? Anda tidak perlu capek capek pergi ke kantor Allianz untuk mengurus klaim reimburse asuransi kesehatan. Cukup klak klik dari ponsel, sudah selesai.

asuransi allianz lengkap
beli asuransi allianz