Ayo Pelajari Polis Asuransi Anda

Mempelajari polis asuransi itu sebenarnya tidak sulit asal Anda mau menyempatkan waktu untuk membaca isi nya. Sering orang yan sudah menjadi peserta/nasabah asuransi merasa malas untuk membaca isi dari polis asuransi yang mereka beli karena halamanya yang tebal dan banyak sekali tulisan tulisan di dalam nya yang mungkin dalam benak mereka, akan sangat sulit untuk memahami apa yang tertulis di dalamnya.

Padahal jika Anda mau menyempatkan waktu Anda untuk membacanya, maka Anda pasti dapat memahami isi nya. Anda tidak mau kan membeli asuransi tapi malah tidak tahu manfaat proteksi/perlindungan seperti apa yang Anda beli. Seperti membeli kucing dalam karung.

Peserta asuransi yang malas membaca isi polis asuransi nya akhirnya malah tidak tahu manfaat proteksi apa yang dimiliki oleh asuransi nya sehingga saat risiko terjadi, baru menyesal karena ternyata asuransi yang dibelinya tidak sesuai dengan yang dia piir dan bayangkan sebelumnya. Hal ini sangat sering terjadi.

Contoh orang yang membeli asuransi jiwa Allianz tapro berpikir kalau di dalam asuransi nya sudah otomatis tersedia manfaat yang mengcover jika dirawat di rumah sakit. Padahal itu manfaat kesehatan rawat inap rumah sakit itu adalah manfaat tambahan (rider) yang bisa ditambahkan di dalam polis asuransi jiwa Allianz tapro nya.

Jadi itu sifatnya opsional karena asuransi jiwa Allianz tapro manfaat dasarnya hanya asuransi jiwa tok. Jadi jika saat mendaftar dan menjadi peserta asuransi Allianz tapro Anda tidak mengatakan kalau Anda mau manfaat rawat inap rumah sakit, maka Anda hanya akan menerima asuransi Allianz tapro dengan manfaat dasar asuransi jiwa saja yang memberikan manfaat uang santunan kematian di saat peserta asuransi meninggal dunia.

Baca juga :  Pahami Cara Kerja Asuransi Jiwa Sebelum Beli Asuransi Jiwa

Jadi tidak berlaku untuk rawat inap rumah sakit. Sehingga saat si peserta asuransi yang tidak tahu menahu ini sakit dan mau dirawat di rumah sakit, dia malah menyalahkan asuransi nya karena tidak bisa digunkan padahdal dia sendiri yang tidak memahami manfaat asuransi seperti apa yang dia beli.

Ketika kita bicara tentang asuransi, tidak semua orang memahami banyak istilah asuransi. Dan beberapa orang merasa skeptis dengan dunia asuransi. Sebenarnya, asuransi itu tidak rumit. Hal yang paling penting untuk diingat ketika membeli asuransi adalah polis asuransi. Apa itu polis asuransi?

Secara garis besar, polis asuransi merupakan kebijakan yang berbentuk kontrak mengenai rencana perlindungan yang Anda beli. Kenapa polis asuransi ini sangat penting? Karena di situ tertera semua hak dan kewajiban kita sebagai pemegang polis. Pastikan kamu mendapatkan polis ketika membeli asuransi.

Mempelajari istilah-istilahnya membutuhkan waktu agar tidak salah kaprah. Setelah Anda menjadi nasabah/peserta asuransi khususnya asuransi jiwa maka perhatikan beberapa hal penting dalam memahami polis asuransi jiwa kamu berikut ini!

agen asuransi allianz

1. Cari dan Lihat Halaman Pernyataan di Polis Asuransi
Pada Saat kamu memegang polis asuransi, buka halaman pernyataan yang berisi info dasar tertanggung dan rincian polis. Polis asuransi standar biasanya berisi informasi seputar produk yang dipilih, manfaat utama, manfaat tambahan (rider), dan juga bagaimana cara mengklaim nilai manfaat pertanggungan yang diberikan.

2. Baca Definisinya
Umumnya polis asuransi memiliki halaman glosarium atau berisi definisi daripada istilah di dalam asuransi yang muncul di polis. Hal ini dilakukan supaya kita mengerti istilah asuransi yang terkesan kompleks atau sulit dimengerti. Jika merasa kurang jelas, Anda bisa menanyakan tentang

sakit butuh uang
Baca juga :  Jangan Bingung Antara Premi Asuransi, Klaim Asuransi dan Polis Asuransi

3. Perhatikan bagian Pengecualian
Pada polis terdapat bagian pengecualian yang berisi hal yang tidak termasuk dalam rencana perlindungan. Semisal peristiwa kecelakaan akibat sesuatu yang di luar tanggungan seperti olahraga ekstrim, melukai diri sendiri, melanggar hukum, dan lain lain.

4. Gunakan Masa Tenggang (Grace Period)
Terkadang beberapa hal yang dilupakan adalah masa tenggang. Polis asuransi tentunya memiliki jatuh tempo untuk pembayaran premi, baik secara bulanan maupun tahunan. Saat jatuh tempo,  kamu harus membayar premi sebelum atau sesudah tanggal tertentu.

Jika tidak ingin langsung membayar premi asuransi saat jatuh tempo, masih bisa menggunakan jatah masa tenggang yang diberikan paling maksimal 30 hari. Penting untuk diingat, di masa tenggang ini anda masih terlindungi asalkan pembayaran premi asuransi nya jangan dilakukan setelah masa tenggang (grace period) berakhir.

5. Cek Kembali Ketentuan Polis
Coba anda perhatikan ketentuan polis asuransi dari segi persyaratan pihak tertanggung. Apakah kondisi Anda saat ini tidak melanggar aturan polis asuransi yang dibeli? Bagaimana kelengkapan rincian data diri anda?

Apakah semua data dijawab dengan jujur dan dapat dipertanggungjawabkan nantinya? Ini dilakukan untuk memastikan bahwa kita sedang hidup dalam keadaan tertentu sesuai dengan yang telah dijelaskan di dalam polis. Ini sangat penting karena  mempengaruhi faktor kelancaran untuk melakukan klaim nantinya. Jangan sampai Anda atau pihak penerima manfaat tidak bisa klaim manfaat asuransi dikarenakan ada data-data yang tidak sesuai dengan ketentuan polis.

Nah mudah kan? Ayo Pelajari Polis Asuransi Anda mulai dari sekarang. Jika saat ini Anda belum menjadi peserta asuransi sama sekali maka sangat disarankan bagi Anda untuk segera mendaftar untuk menjadi peserta asuransi Allianz Tapro yang memberikan manfaat perlindungan yang sangat lengkap dan maksimal.

Baca juga :  Resiko yang Tidak Perlu Diasuransikan
asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...