Makan Buah untuk Mencegah Kanker

Sarapan atau makan adalah modal penting bagi tubuh untuk menjalani aktivitas seharian. Makan pagi penting untuk memberikan energi bagi tubuh dan otak, setelah semalaman tubuh kita beristirahat. Beberapa jurnal kesehatan menemukan bahwa makan pagi yang sehat dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan konsentrasi, serta memperbaiki mood dan menurunkan kadar stres.

Secara jangka panjang, makan pagi dapat membantu menurunkan obesitas, darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes. Melewatkan makan pagi membuat tubuh menjadi lebih agresif mengirimkan signal lapar, sehingga menjadi lebih banyak konsumsi makanan di luar waktu makan lainnya.

Nutrisi yang diperlukan saat pagi hari antara lain karbohidrat, serat, protein, lemak, cairan, vitamin dan mineral. Pada umumnya, sarapan diisi dengan menu yang sarat karbohidrat, tapi kurang kandungan serat, vitamin dan mineral.

Sumber makanan yang mengandung serat, vitamin dan mineral ada pada buah. Namun, makan pagi dengan buah memang belum dijadikan kebiasaan, padahal makan pagi dengan buah memberikan manfaat yang jauh lebih baik bagi tubuh. Tidak hanya untuk mendukung aktivitas harian, tapi juga memberikan manfaat kesehatan jangka panjang.

Sayur dan buah mengandung vitamin seperti vitamin A, C dan E, asam folat, zinc, magnesium, kalsium dan potasium. Selain itu juga mengandung antioksidan, serat serta zat-zat gizi dari tumbuhan. Buah dan sayur juga mengandung mineral.

Buah dan sayuran mudah dicerna, terutama setelah semalaman pencernaan kita beristirahat. Sementara serat diperlukan untuk memberikan rasa kenyang lebih lama sebelum makan siang sehingga mengurangi rasa ingin makan camilan penunda lapar, yang justru kadang tidak sehat. 

Vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan sistem imun dan sumber energi. Serta vitamin C untuk menjaga agar metabolisme tubuh baik.

Baca juga :  Melindungi Risiko Terkena Kanker Kandung Kemih dengan Asuransi Allianz

Banyak buah yang bisa dijadikan menu untuk sarapan di antaranya adalah :

1. Pisang
Pisang merupakan sumber pati yang resisten, yang merupakan produk sampingan dari konversi beberapa karbohidrat menjadi energi, yang bisa memaksa tubuh menggunakan lemak untuk menyimpan energi, bukan karbohidrat. Pisang juga merupakan sumber nutrisi, yang dapat mengekang keinginan untuk makan makanan tidak sehat karena sudah merasa lebih puas jika kebutuhan gizinya terpenuhi.

2. Apel
Semua buah dan sayuran yang mengandung banyak air dan serat dapat menghasilkan sinyal kenyang di usus halus, apel salah satunya. Setelah dicerna, apel memproduksi hormon GLP-1, yang mengirimkan sinyal ke otak untuk membujuk Anda berpikir perut sudah atau masih kenyang. Penelitian menunjukkan apel juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Makan satu buah apel berukuran sedang 15 menit sebelum makan untuk membantu mengatur nafsu makan.

3. Alpukat
Tidak ada alasan untuk takut makan lemak, asalkan lemak tersebut berasal dari lemak yang tepat. Asam oleat, suatu senyawa dalam lemak tak jenuh tunggal (MUFAs) dalam alpukat, dapat memicu tubuh untuk membantu merasa kenyang sepanjang hari.

4. Pir
Suatu hasil studi menemukan bahwa, wanita yang makan 3 buah pir sehari dapat mengonsumsi kalori lebih sedikit dan kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsi.

5. Jeruk
Jeruk mengandung serat tinggi. Jeruk dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat membantu makan lebih sedikit sepanjang hari.

6. Kiwi
Salah satu buah yang baik dikonsumsi saat sarapan adalah buah kiwi baik yang hijau maupun kuning. Manfaat konsumsi kiwi secara teratur bisa dirasakan langsung maupun jangka panjang. Manfaat langsung mengurangi rasa lapar dan haus serta meningkatkan metabolisme.

Baca juga :  Klaim Sakit Kritis Julia Perez (Jupe) dibayar Allianz

Sedangkan manfaat positif jangka panjang, kiwi mampu memperbaiki kesehatan pencernaan karena memperlancar gerak usus, memperbaiki kualitas kotoran serta mengurangi rasa sebah atau penuh. Kiwi juga mampu memperbaiki kadar glukosa dan kolesterol dalam darah. Mencegah kegemukan serta penyakit keganasan kanker.

Mulailah gaya hidup sehat serta milikilah Asuransi Penyakit Kritis CI100 dari Allianz yang melindungi kita dari 100 kondisi penyakit kritis dan memberikan perlindugan terlama yaitu sampai dengan usia tertanggung mencapai 100 tahun.

sakit butuh uang

Dan miliki juga Asuransi Kesehatan Allianz, Smartmed Premier yang mengcover semua biaya rawat inap rumah sakit anda sesuai tagihan sampai dengan batas Rp 6 Milyar per tahun.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...