Operasi Jantung Koroner

Operasi jantung koroner merupakan salah satu tindakan operasi yang dilakukan untuk pasien yang memiliki masalah dengan penyakit jantung koroner. Dimana penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang sangat berisiko pada kematian sehingga sering juga disebut sebagai penyakit pembunuh tertinggi di dunia.

Oleh karena berbagai upaya dilakukan untuk menyembuhkan jantung koroner termasuk salah satunya melalui operasi jantung koroner. Tentu saja biaya untuk menjalani operasi jantung koroner ini sangat mahal. Tetapi jika Anda memiliki asuransi kesehatan Allianz dan asuransi penyakit kritis Allianz, maka Anda tidak perlu kuatir karena biaya operasi jantung koroner ini akan tercover oleh asuransi sehingga Anda tidak perlu sampai menjual aset atau harta Anda untuk membayar biaya operasi ini.

Namun semua nya juga tergantung besarnya plafon perlindungan dari asuransi Allianz yang Anda beli. Semakin besar premi yang Anda bayarkan maka plafon perlindungannya juga semakin besar. Demikian pula sebaliknya.

Dan hal yang paling penting adalah jangan sampai terlambat untuk memiliki asuransi Allianz ini karena saat terbaik bagi Anda untuk membeli dan memiliki asuransi ini adalah di saat kondisi Anda masih sehat dan jantung Anda masih sehat serta belum terdiagnosa gangguan kesehatan apapun terhadap jantung Anda.

Mengenal Jantung Koroner Sebagai Penyakit Mematikan di Dunia

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah penyakit jantung koroner tetapi belum sepenuhnya memahami apa yang menjadi penyebab penyakit tersebut serta gejala yang timbul. Dalam tubuh manusia terdapat jantung yang berfungsi untuk memompa darah.

Dimana pada bagian jantung tersebut terdapat pembuluh darah koroner yang berfungsi mensuplai darah untuk mencukupi kebutuhan oksigen dan nutrisi pada bagian otot jantung.

Pembuluh jantung koroner memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh sehingga apabila terjadi masalah dengan pembuluh ini bisa berdampak buruk bahkan hingga berujung pada kematian.

Salah satu penyakit yang sering menyerang pembuluh darah ini adalah jantung koroner. Dimana jantung koroner terjadi ketika adanya penyempitan pembuluh darah akibat adanya penyumbuatan di pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi berkurang. Akibatnya jantung menjadi kekurangan nutrisi dan oksigen.

Baca juga :  Mengenal Penyakit Rheumatoid Arthritis dan Hubungannya dengan Asuransi Penyakit Kritis Allianz

Operasi Jantung Koroner

Jika masalah penyempitan pembuluh jantung koroner ini dibiarkan begitu saja lama kelamaan akan berdampak pada timbulnya kerusakan pada otot jantung. Bahkan kerusakan tersebut bisa terjadi secara permanen. Pastinya jantung tidak bisa berfungsi secara optimal untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga sangat berbahaya hingga mengancam jiwa.

Bagi siapa saja perlu waspada karena penyakit jantung koroner tak hanya menyerang orang-orang yang sudah mulai lanjut usia tetapi bisa menyerang orang dewasa yang masih tergolong muda. Oleh karena itu sebaiknya ketahui mulai dari sekarang gejala penyakit jantung koroner yang perlu diwaspadai. Berikut akan diinformasikan gejala penyakit jantung koroner yang perlu Anda ketahui.

  1. Muncul rasa nyeri dibagian dada dimana rasa nyeri tersebut muncul seperti ditindih, ditekan, ditusuk-tusuk, panas serta muncul rasa pegal di bagian punggung. Kebanyakan orang menganggap gejala tersebut adalah masuk angin biasa tetapi sebetulnya merupakan gejala dari jantung koroner.
  2. Munculnya rasa nyeri bisa menjalar hingga bagian lengan kiri, punggung dan rahang.
  3. Muncul sesak napas serta adanya rasa lemas, muntah, mual serta keringat dingin.

Jika muncul gejala-gejala tersebut sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara fisik. Selain itu biasanya dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang yaitu rekam jantung, angiografi untuk mengetahui adanya penyempitan pada pembuluh darah serta pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar enzim jantung.

Adanya pemeriksaan dengan angiografi ini dapat membantu mengetahui lokasi pembuluh darah yang mengalami penyempitan serta derajat penyempitannya. Bahkan terkadang jumlah penyempitan tersebut terjadi lebih dari satu lokasi.

Setelah diketahui penyebab masalah pada jantung selanjutnya dapat dilakukan tindakan penyembuhan salah satunya dengan melakukan operasi jantung koroner.

Mengenal Lebih Dekat  Operasi Jantung Koroner

Upaya untuk mengatasi penyakit jantung koroner salah satunya adalah dengan operasi jantung koroner. Dimana tindakan operasi jantung koroner bisa dilakukan dengan dua jenis. Tetapi sebetulnya tujuan utama dari operasi jantung ini adalah untuk memperlebar pembuluh darah yang mengalami penyempitan tersebut.

Baca juga :  Seorang Dokter Dapat Klaim Asuransi Penyakit Kritis Rp 1,2 Miliar

Dalam upaya penanganan jantung koroner dilakukan 2 jenis operasi jantung koroner yaitu Coconary artery bypass grafting dan angiosplasty. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijelaskan dua jenis operasi jantung koroner tersebut untuk menambah wawasna Anda.

  1. Coronary artery bypass grafting atau CABG
    Operasi jantung koroner yang satu ini merupakan metode operasi yang dilakukan untuk mengambil pembuluh darah dari bagian tubuh lainnya biasanya yang sering dilakukan adalah pada bagian kaki. Kemudian pembuluh darah yang diambil tersebut digunakan pada jantung sebagai aliran darah baru sehingga dapat menggantikan pembuluh darah yang mengalami penyempitan.
    Biasanya operasi ini dilakukan dengan membuka rongga dada pasien jantung koroner. Dengan dilakukan operasi jantung koroner secara bypass ini pasien bisa melakukan aktivitas secara normal dalam kurun waktu 1-15 tahun pasca operasi. Tetapi setelah rentang waktu tersebut kemungkinan pasien akan mengalami penyumbatan pembuluh darah koroner sehingga harus melakukan operasi bypass lagi.
    Perlu Anda ketahui bahwa saat operasi ini dilakukan pada pasien, bagian dada pasien akan disayat besar dengan pembelahan tulang dada. Pada saat proses operasi berlangsung, jantung pasien akan diberhentikan sementara waktu dan diganti dengan alat jantung.
    Metode operasi ini biasa dikenal sebagai metode konvensional yang pastinya juga menibulkan risiko yang tinggi. Dimana pada saat operasi kemungkinan pasien akan membutuhkan transfusi darah yang lebih banyak serta masa pemulihan yang lebih lama dan berisiko timbulnya infeksi.
    Tetapi kini sudah terdapat operasi jantung koroner dengan sayatan kecil sehingga dapat menurunkan risiko operasi bypass yang dengan sayatan besar. Meskipun sebagai upaya penyembuhan tetapi operasi bypass ini juga bisa menimbulkan risiko kematian jika pasien memiliki riwayat penyakit diabetes atau sudah pernah melakukan operasi jantung sebelumnya.
  2. Angiosplasty
    Operasi jantung koroner yang satu ini dilakukan dengan memasukkan kateter melalui pembuluh darah. Dimana kateter tersebut akan dimasukkan mulai dari sela paha atau lengan hingga mencapai pembuluh jantung koroner.
    Ketika kateter tersebut sampai pada bagian pembuluh darah yang mengalami penyempitan di jantung selanjutnya akan 2 metode. Metode tersebut adalah pemasangan ring yang digunakan untuk menopang pembuluh darah sehingga akan tetap dalam kondisi melebar serta balon yang dapat melebarkan pembuluh darah.
Baca juga :  Berbagai Jenis Kanker

Selain dengan melakukan operasi jantung koroner, para penderita penyakit jantung koroner juga bisa melakukan upaya perbaikan pola hidup. Dimana terdapat banyak upaya yang sebaiknya segera dilakukan mulai dari sekarang.

agen asuransi allianz

Upaya yang bisa dilakukan tersebut antara lain tidak merokok, menurunkan kelebihan berat badan, mengurangi konsumsi garam, mengurangi konsumsi makanan yang berlemak, olahraga rutin setiap hari, serta mengurangi stres secara psikologi.

Melalui penjelasan diatas dapat diketahui bahwa penyakit jantung koroner memang termasuk penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Tetapi penyakit ini bisa diatasi dengan jalan operasi jantung koroner serta menjaga pola hidup sehat setelah operasi dilakukan.

Jika Anda memiliki asuransi kesehatan Allianz, maka biaya operasi jantung koroner akan dicover oleh perusahaan asuransi Allianz. Dan jika asuransi Allianz yang Anda miliki juga memiliki manfaat proteksi penyakit kritis seperti CI, CI+ maupun CI100, maka Anda juga akan mendapatkan uang santunan dalam jumlah besar ketika Anda melakukan operasi jantung koroner.

Meskipun telah dilakukan operasi sebaiknya penderita harus selalu waspada dan menjaga kesehatan agar penyempitan pembuluh darah tersebut tidak mudah terjadi lagi. Dan sebagai tambahan, belilah asuransi Allianz selagi kondisi jantung Anda masih sehat. Karena jika jantung Anda sudah ada gangguan, maka pupus sudah harapan Anda untuk memiliki asuransi.

Meskipun Anda memiliki uang dan mampu untuk membayar premi bulanan yang besar jumlahnya, tetap saja percuma karena pengajuan pendaftaran asuransi Anda akan ditolak jika Anda sudah sempat didiagnosa ada gangguan kesehatan yang berhubungan dengan jantung.

Anda dapat membeli asuransi Tapro Allianz yang didalam nya sudah memiliki 3 manfaat yaitu manfaat asuransi jiwa, manfaat asuransi kesehatan rawat inap rumah sakit (HSC+) dan manfaat proteksi penyakit kritis (CI, CI+ atau CI100).

sakit butuh uang
asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...