virus corona asuransi allianz travel insurance cepat

Bayar Asuransi Selamanya atau 10 Tahun Saja

Asuransi Allianz Tapro preminya dibayar seumur hidup atau hanya dibayar selama 10 tahun saja ? Ada yang bilang bahwa asuransi unit link seperti asuransi Allianz Tapro itu hanya perlu bayar premi selama 10 tahun saja dan setelah itu tidak perlu bayar lagi dan asuransi nys akan tetap aktif dan berjalan terus hingga peserta asuransi mencapai usia 100 tahun. Apakah benar begitu ? Kok kayaknya t0o good to be true ya.

Sebagai agen asuransi Alianz Professional mungkin akan lebih mudah bagi saya untuk menjual asuransi Allianz Tapro dengan mengatakan kalau peserta asuransi hanya cukup membayar premi 10 tahun saja trus selanjutnya tidak perlu bayar premi lagi dan polis asuransi nya akan terus aktif dan melindungi sampai peserta asuransi mencapai usia 100 tahun.

Namun apakah boleh praktek seperti ini? Dan apakah layak jika menjual asuransi dengan cara seperti ini? Atau ini hanya gimmick segelintir oknum yang menamakan dirinya agen asuransi tetapi tidak menawarkan asuransi dengan cara yang baik dan benar?

Ingat ya asuransi itu tidak ada yang gratis apalagi gratis seumur hidup. Hal seperti ini banyak saya temui saat berdiskusi mengenai asuransi khususnya asuransi jiwa unit link dengan para klien. Ini adalah sebuah miss persepsi yang bahaya karena dengan pemahaman seperti ini ujung-ujungnya akan merugikan nasabah, agen asuransi, perusahaan asuransi dan nama asuransi itu sendiri.

Prinsip dasar asuransi itu sama seperti asuransi mobil, dimana Anda bayar sejumlah premi di depan untuk jangka waktu perlindungan tertentu. Selama masa asuransi masih berlaku Anda dapat melakukan klaim jika terjadi kecelakaan dan jika masa berlaku asuransi berakhir maka berakhir pula perlindungan asuransinya.

Karena orang Indonesia cenderung anti dengan kata asuransi “uang hangus” maka para agen asuransi jiwa unit link begitu gencar membombardir nasabah dengan kata sakti “uang tidak hangus”. Yang terjadi sebenarnya adalah pembodohan terhadap nasabah karena asuransi itu sebenarnya akan terus dibayar sampai si tertanggung meninggal dunia.

Asuransi unit link itu adalah asuransi yang ada investasi nya, bukan  investasi yang ada asuransi nya. Jadi prinsip kerja asuransi unit link itu memberikan asuransi/proteksi/perlindungan plus menginvestasikan sebagian uang premi yang Anda bayarkan. Untuk apa diinvestasikan? Untuk memback up biaya asuransi yang naik setiap tahun atau untuk membayarkan biaya asuransi di saat Anda lupa membayar premi asuransi atau saat Anda cuti premi.

Misal Anda cuti premi setelah usia polis asuransi Anda sudah berusia 10 tahun maka setelah 10 tahun itu, polis asuransi akan tetap aktif karena biaya asuransi akan secara otomatis dipotong dari nilai investasi yang yang ada di dalam polis asuransi. Kalau tidak ada nilai investasi nya bagaimana misal seperti asuransi murni yang non unit link?

Ya tidak bisa cuti premi dan premi akan cenderung naik seiring usia mengikuti biaya asuransi yang naik mengikut usia (Usia makin tinggi maka risiko makin besar, maka biaya asuransi akan semakin naik seiring usia dan risiko yang bertambah).

Makanya tidak heran mengapa kalau di asuransi murni baik itu asuransi jiwa murni atau asuransi kesehatan murni itu, premi asuransi akan terus naik karena tidak ada back up dari nilai investasi (wong tidak ada investasi di polis asuransi nya, jadi mau di back up pakai apa). Asuransi mobil itu adalah salah satu contoh asuransi murni dimana biasanya premi asuransi mobiil akan naik setelah mobil berusia 5 tahun.

Yang  membuat premi asuransi mobil tidak berasa kenaikan nya setelah 5 tahun karena harga mobil itu cenderung turun seiring usia. Kan Premi asuransi mobil dihitung persentasenya berdaserkan dari harga mobil. Jadi tarif premi naik terus tapi harga mobil makin turun sehingga secara nominal mungkin nasabah tidak merasa ada perubahan di premi nya. berbeda dengan asuransi jiwa murni atau kesehatan murni dimana tarif makin naik namun nilai pertanggungan atau manfaat kan tetap sehingga kenaikannya sangat berasa.

Tapi jika asuransi unit link tidak berasa kenaikannya karena kan selisih kenaikan itu di back up oleh investasi nya. Makanya nilai investasi di asuransi unit link kurang bisa berkembang karena hal ini. Asik dipotong untuk membayar biaya asuransi.

Makanya kalau Anda memiliki tujuan mau mengembangkan dana dan berinvestasi ya jangan investasi di asuransi unit link karena dana nya tidak akan bisa berkembang dan pasti akan kalah dengan hasil investasi di reksadana yang tidak dipotong biaya asuransi.

Tetapi jika tujuan Anda adalah untuk membeli proteksi dan perlindungan yang besar dan mantap maka asuransi unit link seperti asuransi Allianz tapro adalah jawabannya karena tidak ada asuransi murni yang sanggup memberikan manfaat proteksi sebagus dan sebesar serta sekeren itu.

sakit butuh uang

Jadi asuransi itu tidak ada yang gratis loh apalagi seumur hidup. Lalu apakah hasil investasi akan cukup untuk mengcover asuransi seseorang hingga usia 100 tahun jika peserta asuransi hanya membayar premi selama 10 tahun saja dan selanjutnya tidak pernah bayar lagi (ini bukan cuti premi namanya tapi berhenti bayar premi selamanya karena kalau istilah cuti itu kan sementara)  ?

Tergantung berapa besar nilai investasi yang ada di dalam asuransi unit link tersebut. Kalau seandainya nilai investasi telah habis maka perlindungan asuransi juga akan berakhir sebelum usia 100 tahun, dan kalau mau polis asuransinya tetap aktif maka nasabah akan diminta untuk melakukan pembayaran premi lagi.

jadi hati hati ya saat membeli asuransi unit link seperti asuransi Allianz Tapro. jangan terbuai dengan kata kata agen asuransi abal abal yang mengatakan kalau bayar premi asuransi hanya 10 tahun saja dan setelah itu tidak perlu bayar lagi tetapi polis asuransi bisa aktif terus sampai usia peserta mencapai 100 tahun.

Belilah asuransi Allianz tapro dari agen asuransi profesional yang menjual dengan mengatakan apa adanya dan tidak hanya menjual produk asuransi tetapi juga memberikan edukasi kepada Anda mengenai pemahaman yang benar tentang asuransi.

asuransi allianz lengkap
beli asuransi allianz