Persiapkan Biaya Pendidikan Anak yang Tidak Terduga

Ada Biaya Pendidikan yang Tidak Terduga Yang Sebaiknya Disiapkan Orangtua sejak dini. Jika anda termasuk orang tua yang bijaksana, tentunya anda sudah harus memikirkan tentang biaya pendidikan yang semakin hari semakin mahal bukan?

agen asuransi allianz

asuransi-pendidikan-anak-anak

Jangan sampai anak anak anda menjadi putus sekolah nantinya hanya gara gara ketidak mampuan anda untuk membayar uang sekolah mereka. Tanpa pendidikan yang baik, bisa jadi masa depan anak anda suram nantinya. Dan anda sebagai orang tua pastilah memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan bagaimana nasib anak anak anda kelak.

Senang rasanya bila anak sudah mulai mengenyam pendidikan. Pengetahuannya pun juga akan semakin luas, bahkan mungkin nanti kecerdasannya bisa mengalahkan orang tuanya. Tidak hanya itu, ia akan menemukan teman-teman serta pengalaman baru yang akan membuat hari-harinya menjadi lebih seru.

Dana-Pendidikan

Tetapi harus disadari, dengan dimulainya pendidikan sang anak, tidak hanya biaya pendidikan selama bersekolah saja yang harus dipersiapkan.

Berdasarkan survei yang dilaksanakan oleh tabloid KONTAN terhadap 250 responden yang sudah menikah, mayoritas (69,2%) sudah mempersiapkan dana pendidikan anaknya hingga sarjana strata 1 (S1).

Untuk biaya pendidikan anak hingga lulus S1, mayoritas responden (22,4%) menyiapkan Rp 200 juta-300 juta. Kemudian sekitar 18,8% menargetkan tabungan Rp 100 juta-Rp 200 juta.

Bagi yang ingin anaknya bersekolah di luar negeri, mereka menyiapkan dana di atas Rp 1 miliar (2% responden). Tolong ditambahin dong surveinya ini tahun berapa?

sakit butuh uang

Menariknya, mayoritas responden yang belum mempersiapkan biaya pendidikan anak, akan membiayainya dari tabungan pribadi, bukan dari tabungan pendidikan. Bahkan 13% responden hingga kini belum tahu dari mana sumber dananya.

Itu hanya biaya pendidikan saja, belum biaya-biaya lainnya, lho. Padahal saat ini ada banyak biaya tidak terduga lain yang sebaiknya dipersiapkan dengan baik dan matang agar tidak menjadi ganjalan di kemudian hari.

Baca juga :  Pilih Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan

asuransi-pendidikan-anak

Lalu apa saja biaya pendidikan yang perlu dipersiapkan bagi anak anak anda? Selain uang sekolah, tentu ada beberapa biaya biaya pendukung lainnya yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Perlengkapan Sekolah

Tas, buku, seragam, hingga sepatu adalah kelengkapan yang harus dimiliki oleh anak-anak. Biaya ini sebaiknya dipisahkan dari anggaran pendidikan karena si kecil dan Anda tidak akan pernah tahu, kapan tas tiba-tiba saja rusak, sol sepatu terlepas dan harus beli baru, seragam yang terkoyak, atau buku yang basah karena terkena air hujan. Untuk itu, persiapkan biaya untuk perlengkapan sekolah dengan matang.

Transport dan Uang Saku

Biaya lainnya yang juga harus dipisahkan dari pendidikan adalah transport dan uang saku. Ketika jalanan macet, menitipkannya kepada antar jemput sekolah yang terpercaya akan menjadi salah satu solusi yang tepat. Selain itu, terkadang orangtua harus memberikan tambahan uang saku ketika harga makanan naik.

Biaya Les Tambahan

Mungkin Anda mengira les tambahan itu tidak perlu. Tetapi bila sang anak merasa ketinggalan pelajaran dan butuh dorongan khusus, Anda juga harus memberikan yang terbaik baginya bukan? Maka daripada itu, persiapkanlah biaya untuk les tambahan sebagai langkah antisipasi ketika si kecil merasa memerlukan bantuan dalam proses pembelajaran.

Uang Sekolah yang Semakin Mahal

Setiap tahunnya, biaya sekolah semakin mahal berkat adanya inflasi yang sudah pasti terjadi di setiap negara di seluruh dunia. Untuk itu pintar-pintarlah mengikuti perkembangan ekonomi yang nantinya pasti berhubungan erat dengan biaya pendidikan. Cara termudahnya adalah dengan mempersiapkan biaya pendidikan anak adalah dengan mengalikan 2x inflasi hari ini.

Liburan Bersama Satu Sekolah

Biasanya di akhir tahun pelajaran, sekolah akan mengajak murid-muridnya untuk berlibur bersama-sama. Anak-anak tentu sangat sedih bila melewatkan acara ini. Untuk itu bahagiakan mereka dengan mengikutikan kegiatan ini. Liburan bersama ini mungkin tidak dilaksanakan setiap tahun. Agar mereka tidak sedih karena batal ikut, persiapkanlah budget untuk liburan bersama ini sejak dini.

Baca juga :  Mengenal Asuransi Pendidikan Allianz

ilustrasi_sarjanaUntuk itu, persiapkanlah dana pendidikan anak, sejak ia belum lahir dengan menyisihkan sedikit tabungan. Andapun dapat mencoba menghitung biaya pendidikan anak disini.

Atau Anda juga dapat mengatur pembiayaan dengan membeli polis asuransi pendidikan (informasi tentang asuransi pendidikan Allianz, klik di SINI) dari perusahaan Asuransi ternama yang bisa dimanfaatkan saat anak anda sudah waktunya untuk mulai mengenyam pendidikan di bangku sekolah.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...