Jangan Telat Membayar Premi Asuransi

Sering karena kesibukan kita, kita lupa membayar premi asuransi yang sudah dibebankan kepada kita, lantas apa yang terjadi bila kita terlambat membayar premi asuransi?

Apabila anda terlambat membayar premi maka secara otomatis polis asuransi anda akan dibatalkan (lapsed). Keterlambatan dalam membayar premi dapat menjadi salah satu penyebab pengajuan klaim ditolak. Usahakanlah untuk selalu membayar premi tepat waktu agar nilai tunai anda terus bertambah, dan perlindungan asuransi terus berjalan.

Untuk menghindari keterlambatan pembayaran premi asuransi, sebaiknya gunakan fasilitas auto debet dari rekening tabungan bank anda untuk pembayaran premi setiap bulannya. Anda juga dapat memilih fasilitas autodebet kartu kredit untuk pembayaran premi asuransi setiap bulan, untuk menghindari keterlambatan pembayaran premi. 

Di Allianz, untuk pembayaran premi bulanan, tanggal pendebetan rekening tabungan akan dilakukan di tanggal 5, 15 atau 25 setiap bulannya. Sedangkan untuk autodebet kartu kredit, setiap bulannya akan di debet di tanggal 5, 12, 20 atau 28.

sakit butuh uang

Sebagai salah satu syarat penerbitan dan berlakunya polis, anda juga wajib membayar premi pertama di saat awal pengajuan/ pendaftaran asuransi. Pembayaran dilakukan dimuka secara penuh baru kemudian permohonan asuransi dapat diajukan dan polis akhirnya dapat aktif dan diterbitkan.

Usahakan agar selalu membayar premi asuransi tepat waktu. Jika karena satu dan lain hal kita telat membayar premi, kita diberikan  keleluasaan waktu selama 30 hari kalender sejak tanggal jatuh tempo ini (grace periode).

Jadi,  usahakanlah agar keterlambatan pembayaran premi ini tidak lebih dari 30 hari setelah jatuh tempo. Lebih baik lagi lakukan pembayaran  premi tepat pada waktunya. Untuk itu disarankan membayar premi dengan fasilitas autodebet rekening tabungan atau kartu kredit setiap bulannya agar terhindar dari lupa membayar premi.

Baca juga :  Pengertian Insurable Interest dalam Asuransi

Dalam 2 tahun pertama, jika premi tidak dibayar selambat-lambatnya dalam masa keleluasaan (grace period) setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi , maka polis menjadi batal (polis lapse). Seluruh nilai investasi (apabila ada) akan dikembalikan setelah dikurangi dengan kewajiban-kewajiban (apabila ada).

Apabila premi tertunggak setelah polis berusia 2 tahun, maka secara otomatis Allianz akan memotong unit dari nilai investasi sebesar cost of insurance (biaya asuransi) untuk menjaga polis ini tetap berlaku proteksinya. Bila saldo nilai investasi tidak mencukupi untuk membayar ujrah untuk menjaga polis tetap berlaku, maka polis otomatis batal (polis lapse). Seluruh saldo nilai investasi yang tersisa (apabila ada) akan dibayarkan pada anda.

Setalah ulang tahun polis ke-5 sejak tanggal polis, nasabah bisa cuti premi. Cuti premi adalah masa dimana anda berhenti sementara membayar premi asuransi. Cuti premi ini tidak membebaskan anda dari keharusan membayar premi di tahun-tahun berikutnya. Bila nilai investasi tidak mencukupi untuk membayar tabarru dan ujrah selama masa cuti premi, maka polis berakhir (polis lapse).

agen asuransi allianz

Jadi demi keberlangsungan polis asuransi Allianz anda, dan supaya tidak ada masalah ketika klaim, bayarlah selalu premi polis anda tepat pada waktunya.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...