Premi Single vs Premi Reguler

Lebih baik membayar single premi atau memilih membayar reguler premi dalam Asuransi Jiwa?

Buat kita yang memiliki asuransi jiwa pasti sangat dekat dengan istilah pembayaran premi. Kita juga ketahui apabila kita tidak melakukan pembayaran premi, hal tersebut akan berpotensi menghilangkan perlindungan terhadap asuransi kita.

Layaknya pulsa pada kartu telepon pada mobile phone kita, apabila kita tidak melakukan pembayaran, maka kartu telepon kita akan tidak aktif dan tidak dapat digunakan lagi. Maka dari itu perusahaan asuransi memberikan pelayanan melalui reminder atau mengingatkan untuk melakukan pembayaran secara tepat waktu.

Nah, pada asuransi jiwa, pemegang polis dapat memilih metode pembayaran yang akan dilakukan, yaitu single premium (premi tunggal) atau regular premium (premi berkala). Pembayaran dengan metode single premium nasabah cukup membayar satu kali saja.

sakit butuh uang

Sedangkan untuk jenis pembayaran premi dengan regular premium, nasabah diberi pilihan untuk membayar secara berkala dalam periode tertentu. Pembayaran bisa dilakukan secara bulanan, per kuartal (3 bulan), per semester (6 bulan) atau bahkan tahunan.

Perbedaan jenis pembayaran dengan Single Premium dan Regular Premium:

Single Premium (Premi Tunggal)

  • Lebih efisien, dimana Nasabah hanya melakukan pembayaran cukup sekali saja.
  • Pada umumnya jenis pembayaran premi secara tunggal merupakan produk Asuransi yang lebih mengutamakan pada perkembangan Nilai Investasi, dimana alokasi untuk Investasinya akan lebih tinggi dibandingkan produk Asuransi lainnya.
  • Preminya relative lebih tinggi dibandingkan premi yang dibayar secara berkala

Regular Premium (Premi Berkala)

  • Nasabah disarankan untuk membayar Premi secara disiplin sesuai dengan mode pembayaran berkala dan periode pembayaran yang Nasabah sudah tentukan diawal kepesertaan.
  • Pada umumnya jenis pembayaran premi secara berkala memiliki proposisi untuk kebutuhan proteksi, maka dari itu pihak Asuransi memberikan banyak pilihan Asuransi tambahan atau rider yang dapat memenuhi kebutuhan Nasabah dalam memberikan perlindungan yang maksimal.
  • Preminya relative terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kemampuan Nasabah.
  • Uang Pertanggungan yang diberikan relative lebih besar dibandingkan dengan produk Asuransi dengan metode pembayaran tunggal.
Baca juga :  Cara Menutup Rekening Bank Orang yang Meninggal Dunia

Oleh sebab itu, dalam menentukan pembelian produk Asuransi, kita harus terlebih dahulu mengetahui kebutuhan perlindungan Asuransi tersebut, apakah tujuannya untuk memberikan perlindungan Asuransi yang maksimal ataukah untuk memberikan perkembangan Investasi yang optimal. Semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan dari Pemegang Polis.

agen asuransi allianz

Di asuransi Allianz, pada umumnya nasabah dapat memilih untuk membayar premi bulanan, triwulan, semesteran atau tahunan. Namun ada juga beberapa produk asuransi jiwa Allianz yang memberikan alternatif pembayaran single premi.

Jadi nasabah hanya perlu membayar premi 1x dan selanjutnya tidak usah membayar apa apa lagi sedangkan perlindungan otomatis sudah berjalan untuk jangka waktu tertentu. Namun biasanya jumlah single premi itu nominal nya besar sehingga ada nasabah yang tidak sanggup untuk membayar single premi (pembayaran premi 1x saja secara sekaligus) dan lebih memilih membayar premi secara bulanan karena lebih ringan.

Kecuali si calon nasabah memang memiliki uang kas di tangan yang banyak misalnya ratusan juga rupiah yang akan dibayarnya sekaligus. Saya juga menganjurkan nasabah untuk membayar premi secara bulanan karena rata2 penghasilan seseorang itu seperti gaji diterima setiap bulannya. Jadi pembayaran premi asuransi biasanya langsung disisihkan sebagian dari penghasilan bulanan yang diterima.

Namun sekali lagi, itu merupakan pilihan. Jadi mau pilih single premi atau reguler premi, itu semua tergantung dari kenyamanan masing masing nasabah dalam memilih. Bagaimana dengan anda?

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...