Tanya Jawab Seputar Asuransi Jiwa

Jika anda masih belum paham apa sebenarnya fungsi dan manfaat asuransi jiwa, mungkin tanya jawab di bawah ini dapat memberikan informasi atas ketidak pahaman anda tentang asurans jiwa.

sakit butuh uang
agen asuransi allianz
  • Tanya : Apakah yang dimaksud dengan asuransi jiwa?

    Jawab : Asuransi jiwa adalah program perlindungan dalam bentuk pengalihan resiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Jika dianalogikan, asuransi jiwa sering diandaikan sebagai payung di rumah anda. Sangat dibutuhkan karena berguna pada saat tertentu, tetapi seringkali tidak terpikirkan ketika keadaan aman. Jadi asuransi jiwa sangat dapat diandalkan terutama pada saat situasi yang tidak diinginkan terjadi.

  • Tanya : Mengapa kita perlu memiliki program Asuransi Jiwa?

    Jawab : Asuransi jiwa perlu kita miliki dengan tujuan agar kebutuhan ekonomi tidak terganggu akibat terjadinya resiko terhadap pencari nafkah selama masa- masa produktif, atau untuk persiapan hari tua yang bahagia dan sejahtera.

  • Tanya : Bagaimana bentuk Asuransi Jiwa?

    Jawab : Asuransi jiwa merupakan suatu kontrak perlindungan yang disajikan dalam bentuk tertulis yang disebut polis. Polis berisi kontrak antara perusahaan asuransi jiwa dan pemegang polis dimana perusahaan Asuransi Jiwa mempunyai kewajiban untuk memberikan sejumlah uang yang telah ditentukan kepada yang ditunjuk (biasanya ahli waris) jika terjadi kematian, atau tetap hidupnya tertanggung pada akhir masa kontrak. (Sesuai masa pertanggungan). Sebagai imbalan atas pengalihan resiko tersebut pemegang polis mempunyai kewajiban kepada perusahaan asuransi jiwa, yang disebut dengan pembayaran premi.

  • Tanya : Apakah perbedaan berinvestasi di bank dengan perusahaan asuransi jiwa?

    Jawab : Investasi di bank hanya akan mendapatkan dana awal dan bunganya dengan persentase tertentu. Apabila kita meninggal dunia, tidak ada uang pertanggungan karena tidak unsur proteksi dalam investasi tersebut. Investasi di perusahaan asuransi jiwa akan mendapatkan proteksi jiwa disamping nilai tunai. Apabila kita meninggal, uang pertanggungan akan diberikan penuh meskipun kontrak baru berjalan.

  • Tanya : Apakah yang dimaksud dengan produk Unit link?

    Jawab : Produk asuransi jiwa unit link adalah produk asuransi yang menggabungkan manfaat perlindungan jiwa dengan manfaat investasi.

  • Tanya : Apakah yang dimaksud dengan Rider?

    Jawab : Rider adalah manfaat tambahan yang dapat disertakan pada program asuransi dasar. Manfaat ini dirancang untuk memberikan tambahan proteksi keuangan dengan biaya yang lebih murah.

  • Tanya : Apakah yang dimaksud dengan Premi, Nilai Tunai dan Uang Pertanggungan?

    Jawab : Premi adalah sejumlah pembayaran yang tercantum dalam polis yang disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan kepada perusahaan asuransi.
    Nilai Tunai adalah sejumlah uang yang merupakan nilai tebus polis pada saat tertentu yang dijamin sebagai hak pemegang polis.
    Uang Pertanggungan adalah sejumlah uang yang tercantum dalam polis yang merupakan hak pemegang polis atau penerima manfaat.

  • Tanya : Apa saja yang tercakup dalam polis Asuransi Jiwa?

    Jawab : Polis asuransi jiwa terdiri dari :

    1. Lembar Pertanggungan
    2. Syarat umum polis
    3. Ketentuan khusus
    4. Copy Surat Permintaan Asuransi Jiwa
  • Tanya : Apakah pertanggungan ini menanggung semua resiko?

    Jawab : Tidak, ada beberapa resiko yang dikecualikan dari pertanggungan (exclusions).

  • Tanya : Apakah yang menentukan besarnya premi?

    Jawab : Besar premi ditentukan oleh jenis produk, besar uang pertanggungan, usia, jenis kelamin, merokok/tidak merokok dan risiko/gaya hidup seseorang.

Baca juga :  Bingung Memilih Asuransi yang Tepat untuk Keluarga?
asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...