Cara Memilih Asuransi Unit Link yang Bagus

Meskipun asuransi unit link merupakan asuransi yang mengkombinasikan manfaat proteksi dengan investasi namun yang namanya asuransi tetap saja titik beratnya akan lebih ditonjolkan di proteksi/perlindungan nya daripada sisi investasi nya.

Jika Anda memiliki sejumlah dana di tangan yang ingin Anda olah untuk mendapatkan keuntungan maka memasukkan nya di perusahaan asuransi dengan cara membeli asuransi unit link  mendapatkan return yang besar bukan merupakan pilihan yang tepat.

Lebih baik Anda gunakan uang tersebut untuk membeli instrumen investasi di luar asuransi yang memang berdiri sendiri misalnya membeli saham, reksadana, obligasi, surat berharga lain, tanah, rumah, investasi di usaha dan lain sebagai nya. Karena di asuransi unit link bukanlah tempat yang tepat untuk mengelola uang Anda untuk menghasilkan return yang tinggi.

sakit butuh uang

Contoh di asuransi unit link Tapro Allianz. Dengan adanya biaya akuisisi di 5 tahun pertama polis, biaya asuransi yang naik setiap tahun yang dibebankan selama umur polis serta biaya administrasi yang juga dibebankan seumur polis, coba jelaskan bagaimana cara nya dana tunai tersebut bisa berkembang semaksimal mungkin.

Di awal awal tahun polis, pasti jeblok alias nilai tunai investasi yang ada di dalam polis pasti tergerus banyak karena dipotong oleh 3 komponen biaya itu. Selanjutnya setelah berjalan di atas 5 tahun, biaya akuisisi sudah tidak dibebankan lagi di polis namun biaya asuransi dan biaya administrasi tetap dibebankan selama umur polis.

Makanya tetap saja return yang akan diperoleh di asuransi pasti tetap kalah dan takkan bisa menyamai jika Anda memutar duit Anda di instrumen investasi lain yang memang berdiri sendiri. Hanya bedanya jika di asuransi unit link tapro Allianz maka Anda akan mendapatkan manfaat proteksi/perlindungan atas risiko hidup yang Anda hadapi dimana jika terjadi hal buruk yang menimpa Anda, perusahaan asuransi Allianz dalam hal ini akan memberikan kompensasi kepada Anda atau kepada keluarga Anda.

Baca juga :  Asuransi Allianz Penting untuk Melindungi Bisnis/Usaha

Misalnya jika Anda meninggal dunia maka keluarga yang ditinggalkan akan menerima uang santunan kematian yang jumlahnya lumayan besar. Mungkin jauh lebih besar daripada total premi berkala yang telah Anda bayarkan setiap bulan. Artinya setelah dijumlahkan semua premi berkala yang Anda bayarkan, jumlahnya masih jauh lebih kecil daripada uang santunan yang Anda terima dari perusahaan asuransi Allianz.

Hal ini tentunya yang sangat membedakan dengan jika Anda membeli instrumen investasi yang berdiri sendiri yang tujuannya memang untuk memaksimalkan imbal hasil investasi dimana tidak tersedia perlindungan/proteksi apa apa jika tiba tiba musibah buruk menimpa Anda.

Paling bijak dalam memilih asuransi adalah sesuai tujuan. Jika Anda punya tujuan perlindungan sekaligus investasi, maka asuransi unit link jawabannya. Asuransi unit link adalah jenis produk asuransi yang mengkombinasikan asuransi serta investasi. Jadi, Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu perlindungan asuransi dan investasi. Namun tetap saja seperti yang telah dijelaskan di awal tadi, jika tujuan Anda ingin return (imbal hasil) investasi yang besar, bukan di asuransi unit link tempatnya.

Namun, sebelum Anda memutuskan bergabung sebagai nasabah asuransi. Ada baiknya Anda membaca beberapa tips berikut untuk memilih asuransi unit link yang perlu diketahui.

1. Lihat Perusahaan asuransi nya
Cari tahu mengenai perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk unit link tersebut. Apakah perusahaan asuransi tersebut sehat dan baik reputasinya? Jika iya, Anda bisa pertimbangkan memilih produknya.

2. Lihat Manfaat dari produk asuransi nya
Apa saja manfaat yang ditawarkan dari produk asuransi tersebut.

3. Pelajari Biaya yang terkandung di dalam produk asuransi tersebut. Pada asuransi unit link juga melekat biaya-biaya. Seperti biaya administrasi, biaya akuisisi dan biaya asuransi. Anda bisa membandingkan antar produk asuransi unit link mengenai biaya biaya ini sehingga Anda bisa tahu mana produk asuransi unit link yang terbaik bagi Anda.

Baca juga :  Fakta Tentang Orang Tua

Dengan mengetahui tips ini, maka kita tidak akan salah pilih dan tidak salah kaprah memilih asuransi unit link. Jika anda ingin mendaftar menjadi peserta asuransi unit link seperti asuransi unit link Allianz Tapro, maka silahkan menghubungi kami.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...