Sekilas Mengenai Asuransi Unit Link

Asuransi unit link adalah salah satu asuransi yang sering dimiliki oleh banyak orang. Karena jenis asuransi ini bukan hanya memiliki keuntungan untuk mendapatkan proteksi saja. Seseorang yang ikut asuransi unit link bisa mendapatkan nilai tunai investasi yang terdapat di dalam polis yang diambil dari sebagian kecil  uang  premi yang pernah dibayarkan selama polis asuransi ini berjalan.

Walaupun nilai tunai investasi ini jumlahnya tidak terlalu besar dan tidak bisa didapatkan dalam waktu dekat (nilai tunai investasi belum ada jika usia polis masih baru atau masih di bawah 5 tahun). Setidaknya ini kelebihannya dibandingkan dengan asuransi murni yang seluruh premi yang dibayarkan hangus.

Karena itulah asuransi unit-link ini bersifat jangka panjang, Sehingga asuransi ini memang memiliki jangka waktu yang panjang untuk pembayarannya (seumur hidup selama nasabah/peserta asuransi mau dicover terus dengan manfaat perlindungan dari asuransi tersebut).

Perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi unit link terbaik adalah Allianz melalui produk teranyarnya yaitu asuransi Allianz Tapro. Perusahan asuransi asal Jerman ini yang sudah terpercaya ini sebenarnya memiliki banyak jenis produk asuransi seperti asuransi kesehatan murni, asuransi perjalanan, asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi tempat usaha dan lain lain. Asuransi unit link hanya salah satunya saja dari sekian banyak produk asuransi yang ada di Allianz.

Ragam produk asuransi Allianz yang ditawarkan ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan proteksi yang dicari oleh calon peserta masing masing.

sakit butuh uang

Pengelolaan dana investasi yang ada di dalam unit link ini kurang lebih hampir sama dengan yang ada di pasar modal misalnya reksadana. Sehingga jika instrumen investasi (fund) yang dipilih semakin besar resiko nya yang dipilih maka peluang untuk mendapatkan nilai pengembalian (imbal hasil) juga lebih besar juga. Perdah dengar istilah ini kan “No risk No gain”. Fund yang risiko nya paling besar namun imbal hasilnya juga paling besar adalah equity (saham) fund.

Baca juga :  Peran Investasi dalam Asuransi Jiwa Tapro Allianz

Karena prinsip pencairan dana ini adalah melalui nilai unit dan jumlah unit yang dimiliki. Maka, apabila sudah saatnya nasabah ingin mencairkan nilai tunai investasi yang ada di dalam polis, nasabah perlu mengetahui nilai aktiva bersih nya pada saat itu. Apakah sedang tinggi atau rendah. Sehingga nasabah bisa memutuskan untuk mencairkan di hari itu juga atau menunggu nilai aktiva bersih nya kembali naik.

agen asuransi allianz

Maka dari itu, semakin tinggi nilai aktiva bersih yang ada pada saat pencairan akan membuat nilai investasi yang didapatkan semakin besar. Jadi nasabah tidak perlu tergesa gesa dalam melakukan penarikan nilai tunai investasi  agar pengembalian nilai investasi yang didapatkan oleh nasabah bisa jadi lebih maksimal.

Sebenarnya nilai tunai investasi di dalam polis asuransi unit link ini, jika tidak urgent urgent banget, tidak disarankan untuk ditarik. Alasannya karena fungsi dari nilai tunai itu untuk membackup pembayaran biaya asuransi yang setiap tahun meningkat. Fungsi dari nilai tunai investasi di dalam polis asuransi unit link bukan untuk ditarik trus dipakai untuk memebuhi kebutuhan hidup sehari hari.

Namun lebih kepada untuk memback up polis asuransi agar jangan sampai polis nya lapse apabila nasabah ada miss melakukan pembayaran premi asuransi  (jika polis asuransi sudah di atas 2 tahun), tetap menjaga polis asuransi nya aktif jika nasabah cuti premi, dan membantu agar premi asuransi yang dibayarkan cenderung flat/fix terus meskipun biaya asuransi nya naik setiap tahun.

Untuk bisa mengikuti program asuransi Allianz Tapro ini juga ada persyaratannya yaitu untuk menjadi pemegang polis yang akan bertanggung jawab dalam masalah pembayaran premi asuransi minimum harus berusia 18 tahun.

Baca juga :  Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Asuransi

Keunggulan dari asuransi Allianz Tapro ini memang tidak hanya berupa perlindungan jiwa saja tetapi bisa ditambahkan berbagai macam manfaat tambahan (rider) seperti manfaat perlindungan terhadap penyakit kritis, manfaat kesehatan rawat inap rumah sakit, manfaat perlindungan terhadap cacat tetap total, manfaat perlindungan terhadap cacat sebagian atau cacat tetap total/meninggal dunia karena kecelakaan, dan masih banyak lagi.

Asuransi Allianz Tapro juga menawarkan perlindungan jiwa seumur hidup yaitu hingga nasabah/peserta asuransi mencapai usia 100 tahun selama polis asuransi nya masih aktif tentunya.

asuransi allianz lengkap
pesan sekarang

Leave A Comment...