previous arrow
next arrow
Slider

Imbal Hasil (Return) Investasi Asuransi Unit Link

Asuransi unit link Allianz  yang bernama asuransi Allianz Tapro sangat populer dan terkenal di Indonesia. Dalam asuransi unit link ada unsur investasi yang mirip dengan reksadana dalam poses pengelolaan dananya. Tetapi meskipun demikian, kami tidak memanfaatkan investasi yang ada di asuransi unit link ini untuk keperluan seperti pendidikan anak ataupun pensiun.

Karena seyogyanya fungsi dari investasi di dalam asuransi unit link ini adalah untuk memback up biaya asuransi yang setiap tahun mengalami kenaikan seiring dengan kenaikan usia dari peserta asuransi.

Kami juga tidak menyarankan Anda untuk memanfaatkan nilai tunai investasi di dalam polis asuransi unit link ini agar Anda bisa dengan sengaja melakukan cuti premi kecuali jika memang terpaksa dan urgent karena sedang kesulitan keuangan.

Apakah selama ini Anda telah mengira bahwa jangka waktu pembayaran untuk asuransi unit link misalnya seperti asuransi Allianz Tapro ini hanya perlu dibayarkan selama 10 tahun saja.

Dan setelah itu polis asuransi unit link nya ini akan gratis selamanya dan masih tetap memberikan proteksi sampai dengan Anda meninggal dunia? Jika anggapan Anda masih seperti itu sampai dengan saat Anda membaca artikel ini, maka sebaiknya Anda segera bertobat dan bertanya kepada agen asuransi Allianz yang kompeten untuk mendapatkan jawaban pasti nya.

Memang sih kedengarannya lebih enak mendengar kata bayar premi hanya 10 tahun dan setelah itu stop bayar selamanya tetapi polis asuransi nya masih tetap aktif dibandingkan dengan mendengar agen asuransi menjelaskan kalau premi dibayarkan selama proteksi mau tetap berjalan. Tapi tentu Anda harus menerima kenyataan kan bahwa tidak ada yang gratis dan tidak mungkin polis asuransi bisa aktif terus tanpa ada pembayaran.

Nah kalau di asuransi unit link seperti asuransi Allianz Tapro ini, memang bisa cuti premi alias berhenti bayar sementara namun polis asuransi tetap aktif. Namun dengan catatan nilai tunai investasi di dalam polis asuransi mencukupi untuk membayar biaya asuransi setelah Anda stop bayar premi (biasanya 5 atau 10 tahun) untuk memastikan polis bisa terus aktif sampai dengan meninggal dunia.

Untuk investasi pendidikan anak dan pensiun kami selalu lebih menyarankan nasabah untuk investasi langsung melalui reksadana atau bisnis atau saham maupun properti

Banyak nasabah pemilik asuransi unit link hanya berfokus pada tabel ilustrasi di proposal asuransi untuk melihat berapa uang yang akan mereka dapatkan. Tapi pada akhirnya banyak yang kecewa karena ternyata tabel dengan aktual tidak sama.

Di asuransi unit link Allianz ada 3 asumsi kemungkinan hasil investasi apabila Anda memilih isntrumen investasi saham (equit) untuk menempatkan investasi nya yaitu 5% (asumsi return rendah), 13% (asuransi return sedang) dan 18% (asuransi return tinggi). Biasanya banyak orang yang hanya  berpatokan pada retun yang maksimal yaitu 18% ini saja.

Sebenarnya ini tidak salah dan masih sangat realistis kalau dibandingkan dengan indeks harga saham gabungan ataupun reksadana lainnya. Tetapi ingat bahwa angka 18% ini hanya asumsi saja dan bukan berarti return nya setiap tahun akan tetap segitu. Sebenarnya mengambil asumsi return yang paling rendah yaitu yang 5% atau return sedang 13% juga boleh.

asuransi bayar biaya rumah sakit sesuai tagihan

Untuk emngetahui berapa return investasi sebenarnya bisa di cek di portal Allianz maupun di fund fact sheet yang diterbitkan secara berkala mengenai kinerja hasil investasi nya. Bagaimana cara baca return investasi nya tersebut? Mari simak contoh di bawah ini.

1-Year Return 27,96%. Artinya 1 tahun terakhir Smartlink Rupiah Equity Fund mendapatkan hasil pertumbuhan investasi 27,96%. Coba bandingkan dengan bunga tabungan atau deposito, sangat jauh sekali selisihnya. Kemudian kalau dibandingkan di ilustrasi target hanya maksimal 18% maka hasil ini telah melampaui target. Artinya investasi di asuransi unit link Anda bertumbuh diatas yang telah diasumsikan di proposal ilustrasi

3-Year Return 11,69%. Artinya 3 tahun terakhir ternyata menghasilkan nilai pertumbuhan 11,69% rata-rata per tahunnya. Masih di bawah target asumsi tinggi 18%. Jadi kalau anda mulai punya asuransi unit link sejak 3 tahun lalu maka selama 3 tahun ini pertumbuhan investasi di asuransi unit link Anda adalah 11,69% per tahunnya.

5-Year Return 14,49%. Artinya 5 tahun terakhir mendapatkan hasil 14,49% rata-rata per tahunnya. Masih di bawah target asumsi tinggi 18% tetapi sudah di atas asumsi sedang di 13%. Not Bad. Jadi kalau anda mulai punya asuransi unit link sejak 5 tahun lalu maka selama 5 tahun ini pertumbuhan investasi di asuransi unit link Anda adalah 14,49% per tahunnya.

Lalu kapan dong bisa mendapatkan angka rata-rata 18% per tahunnya. Harusnya angka 18% ini bisa anda dapatkan setelah memasuki tahun ke-10. Apakah pasti ? Tidak ada yang pasti tetapi ada harapan besar kalau dalam 10 tahun bisa mendapatkan hasil 18% rata-rata per tahun.

Angka angka return di atas hanya asumsi saja agar Anda lebih memahami bagaimana cara kerja investasi di asuransi unit link dan bisa membedakan asumsi return di proposal ilustrasi asuransi unit link dengan return sebenarnya. Setidaknya sekarang  pemahaman terhadap produk asuransi unit link  mulai bertambah kan.

asuransi allianz lengkap
beli asuransi allianz