Asuransi Profesi Dokter Bedah Anak Allianz

Sebagai sebuah perusahaan asuransi yang terkemuka di dunia, Allianz memiliki beragam produk asuransi yang sangat lengkap, mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi rawat inap rumah sakit dengan kartu cashless, asuransi rumah, asuransi mobil, asuransi tempat usaha, asuransi kecelakaan diri, asuransi perjalanan (Travel Insurance) dan bahkan sampai asuransi profesi dokter.

Apa yang dimaksud dengan asuransi profesi dokter? Asuransi profesi dokter adalah asuransi yang melindungi dokter dari keseharian nya menjalani aktivitas nya sebagai seorang dokter. Terkadang ada beberapa spesialisasi profesi dokter yang tingkat risiko nya lebih tinggi daripada yang lain. Sebagai contoh dokter spesialis bedah anak.

Profesi dokter bedah anak

Dokter bedah anak merupakan salah satu profesi yang memiliki peranan penting dalam dunia medis dan dunia kesehatan. Dimana sebetulnya profesi dokter bedah memang memiliki tugas dan cara kerja sendiri sehingga tentu berbeda dengan dokter lainnya.

Terlebih untuk melakukan operasi pembedahan pada anak-anak pastinya membutuhkan perhatian khusus serta cara yang berbeda dengan operasi bedah pada orang dewasa.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu dokter bedah anak sehingga dapat menambah wawasan Anda.

Mengenal Profesi Dokter Bedah Anak

Bagi Anda yang mungkin jarang berkutat dengan dunia kesehatan mungkin jarang mendengar profesi dokter bedah anak. Dimana sebetulnya profesi tersebut adalah sub spesialis dari kedokteran bedah umum. Profesi ini tentu saja berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan berbagai tindakan bedah dalam dunia kedokteran.

Untuk menjadi seorang dokter ahli bedah anak dibutuhkan persyaratan khusus. Dimana seorang dokter harus menempuh pendidikan sarjana kedokteran selama 4 tahun serta telah memiliki pengalaman selama 4 tahun dalam dunia pembedahan. Para dokter ini juga harus berlatih melakukan bedah anak selama 2 tahun. Kemudian para dokter harus mengikuti berbagai tes untuk lulus berbagai sertifikasi sehingga profesinya akan diakui dan memiliki izin resmi.

Bagi Anda yang penasaran dengan profesi yang satu ini sebaiknya perlu mengetahui secara lebih jelas tentang bedah anak. Dalam proses bedah anak sebetulnya juga mencakup diagnosa terhadap pasien, upaya pengobatan serta perawatan bedah. Oleh karena itulah untuk menjalankan bedah anak tersebut dibutuhkan dokter spesialis yang berprofesi sebagai dokter bedah anak.

Dokter yang khusus menangani bedah anak tentu sudah memiliki keahlian khusus dalam bedah anak. Profesi ini nantinya akan membantu memberikan pengobatan yang terbaik bagi para pasien, pemeriksaan serta persiapan pra operasi, dan memantau kondisi pasien pasca operasi bedah dilakukan. Agar tugas dokter bedah ini semakin optimal biasanya dokter harus bekerjasama dengan orang tua pasien yang juga menjadi penanggung jawab perawatan pasien.

Dokter bedah ini kemungkinan juga akan memberikan petunjuk serta rujukan bagi pasien agar melakukan terapi pendukung kesembuhan pasien. Pastinya dalam memberikan rujukan akan dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku sehingga kesehatan dan keselamatan pasien tetap menjadi prioritas utama.

Jenis Keahlian Dalam Bedah Anak

Meskipun tampaknya profesi sebagai dokter bedah anak hanya bertugas melakukan operasi pembedahan pada anak tetapi sebetulnya profesi ini dibagi dalam beberapa jenis keahlian bedah anak. Berikut ini akan dijelaskan jenis keahlian dalam bedah anak yang perlu Anda ketahui.

  1. Operasi Prenatal
    Jenis keahlian bedah anak yang satu ini merupakan tindakan operasi bedah yang dilakukan pada janis dalam kandungan atau pada bayi yang belum lahir. Tindakan ini dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kecacatan pada janin tersebut sehingga harus dilakukan upaya penyembuhan semenjak dalam kandungan.
    Sebetulnya tak hanya melalui pemeriksaan USG saja diagnosa bisa dilakukan karena bisa juga dengan menggunakan pemeriksaan kehamilan lainnya yang bisa memperkuat hasil pemeriksaan USG.
    Perlu Anda ketahui bahwa pemeriksaan dalam masa kehamilan memang merupakan bagian dari pemeriksaan rutin pada ibu hamil dan janin. Untuk mendukung tugasnya sesuai dengan keahlian, para dokter bedah anak akan berkejasama dengan ahli radiologi dan operator sonografi.
  2. Operasi Neonatal
    Jenis keahlian bedah anak yang satu ini dilakukan dengan berpusat pada bayi yang lahir secara prematur. Tindakan operasi bedah anak pada bayi prematur dilakukan untuk memperbaiki adanya kelainan pada tubuh bayi terutama kelainan bawaan. Tujuannya agar bayi dapat tumbuh secara normal dan sebagai upaya penyelamatan bayi sehingga akan tetap bertahan.
  3. Operasi Onkologi
    Bidang keahlian bedah anak yang satu ini adalah subpesilaisasi dari kedokteran anak dan dikhususkan pada penanganan penyakit kanker pada anak. Seperti halnya operasi kanker yang dilakukan pada orang dewasa, operasi kanker pada anak dilakukan sebagai upaya pengobatan yang paling utama. Terlebih jika sudah muncul gumpalan atau tumor ganas sebaiknya segera dilakukan tindakan operasi bedah anak sehingga penyakit tersebut belum menyebar pada bagian tubuh anak lainnya.
  4. Spesialisasi Trauma dan Cidera
    Dokter bedah anak juga ada yang menspesialisasikan bidangnya untuk mengatasi trauma dan dicidera para anak. Biasanya trauma dan cidera pada anak terjadi karena kecelakaan atau kekerasan. Oleh karena itu tugas para dokter ini adalah bekerja sama dengan anak-anak yang membutuhkan perawatan darurat serta memiliki rasa trauma atas kejadian yang baru saja dialami.

Waktu yang Tepat Membutuhkan  Dokter Bedah Anak

Profesi dokter bedah anak dapat melakukan tugasnya untuk melakukan operasi yang berisiko rendah maupun tinggi. Pastinya operasi tersebut dilakukan atas dasar pertimbangan yang matang serta berbagai bukti medis yang mengharuskan pasien untuk melakukan operasi.

Perlu Anda ketahui pula meskipun profesi dokter yang satu masih jarang ditemui tetapi ada waktu yang tepat ketika dokter bedah anak dibutuhkan, berikut penjelasannya.

  1. Ketika anak lahir dalam kondisi cacat bawaan atau mengalami trauma.
  2. Dengan adanya operasi bedah diharapkan dapat meningkatkan mobilitas anak. dimana anak tersebut sebelumnya memiliki masalah dengan organ tubuhnya sehingga harus dilakukan tindakan operasi agar organ tersebut dapat kembali berfungsi dengan baik.
  3. Operasi bedah anak merupakan bagian dari perencanaan pengobatan yang menyeluruh. Dengan operasi ini diharapkan dapat mencegah penyakit agar tidak semakin parah dan diharapkan dapat segera sembuh.
  4. Apabila sebelumnya sudah dilakukan tindakan operasi bedak anak tetapi hasilmya belum berhasil, sebaiknya perlu dilakukan operasi korektif. Operasi tersebut dilakukan untuk memperbaiki operasi yang sebelumnya sehingga anak akan membaik kondisinya setelah operasi.
  5. Dokter bedah anak harus melakukan pemantauan kondisi anak sebelum dan sesudah dilakukan operasi bedah.
  6. Ketika anak mengalami komplikasi sesudah dilakukan operasi sebaiknya segera bawa kembali anak pada dokter bedah tersebut sehingga dapat dilakukan pertolongan pertama. Biasanya komplikasi tersebut antara lain munculnya infeksi, pendarahan serta adanya kegagalan organ.
  7. Jika anak membutuhkan tindakan pengobatan berkelanjutan selain operasi bedah misalnya kemoterapi sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter yang menangani bedah anak tersebut.

Melalui penjelasan diatas dapat diketahui bahwa profesi dokter bedah anak memang memiliki tugas khusus dan memiliki bidang keahlian yang berbeda. Apabila buah hati Anda memiliki masalah dengan organ tubuhnya atau memiliki riwayat penyakit tertentu sebaiknya segera konsultasikan pada dokter khusus bedah anak untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Nah sudah tahu kan tugas daripada seorang dokter bedah anak yang sangat kompleks. Jadi jika Anda adalah seorang dokter spesialis bedah anak, Anda wajib untuk memiliki asuransi profesi dokter Allianz.

Namun bukan berarti asurasi profesi dokter Allianz tidak penting ya bagi dokter spesialis yang lain.

Semua orang yang menyandang gelar dokter dan berprofesi dan berpraktek sebagai seorang dokter setiap harinya wajib untuk membekali dirinya dengan asuransi profesi dokter, meskipun hanya seorang dokter umum sekalipun.

Bahkan ada keuntungan yang akan diperoleh oleh seorang dokter umum di saat membeli asuransi profesi dokter Allianz ini karena premi yang dibayarkan per tahunnya akan sangat murah sekali.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz di Jakarta.

Beli-asuransi-allianz-Sekarang

Telepon/SMS/WA : 08119292466 

Pin BB : 5D7EC96D 

Email : info@asuransi-jiwa.org

Leave A Comment...